Home » » Simalungun Gelar Pesta Rondang Bintang di Parapat

Simalungun Gelar Pesta Rondang Bintang di Parapat

Written By jambipos-online on Friday, August 11, 2017 | 10:21

Bupati Simalungun JR Saragih pukul Gong disaksikan Ketua DPRD Simalungun Johalim Purba. Photo Antara.
Jambipos Online, Raya-Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, menyiapkan pagelaran seni budaya Pesta Rondang Bintang (PRB) Ke 32 di Kota Parapat, Danau Toba, 18-22 Agustus 2017. Kegiatan ini sebagai agenda tahunan Pemkab Simalungun dalam rangka mengabadikan seni budaya Simalungun serta mendongkrak kunjungan wisata ke Parapat. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Simalungun Pahala Sinaga kepada wartawan di Pematangraya, Ibukota Kabupaten Simalungun, mengatakan, kegiatan tahunan itu dilaksanakan untuk melestarikan dan memperkenalkan seni budaya, olahraga tradisional dan komoditi unggulan dari 31 kecamatan di Kabupaten Simalungun. 

Pelaksanaan juga untuk memeriahkan perayaan HUT Ke72 Kemerdekaan RI dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba kawasan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. 

Pahala mengatakan panitia sudah melakukan sosialisasi pelaksanaan pesta budaya tersebut, termasuk dengan melibatkan para perantau yang ada di seluruh Indonesia bahkan mancanegara. 

Pemerintah Kabupaten Simalungun juga mengadakan berbagai perlombaan di Pantai Bebas Parapat dalam memeriahkan Kemerdekaan RI tahun 2017 dengan menyiapkan total hadiah Rp200 juta. Ketua DPRD Simalungun Johalim Purba berharap PRB bukan hanya sekadar menjadi agenda budaya rutin, tetapi lebih menjadi sarana untuk melestarikan kesenian dan budaya Simalungun. 

Dia juga berharap sasaran kegiatan PRB itu unsur generasi muda supaya mereka tetap mencintai kesenian dan budaya daerahnya sebagai jati diri. (JP-Rodo)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos