Home » , , » Jambi Bangun Monumen Perjuangan di Bandara Sultan Thaha

Jambi Bangun Monumen Perjuangan di Bandara Sultan Thaha

Written By jambipos-online on Monday, August 28, 2017 | 08:21

Gubernur Jambi, Zumi Zola (enam dari kiri) bersama pejabat, pengusaha dan tokoh masyarakat Jambi seusai meresmikan patung pejuang kemerdekaan dan pahlawan nasional, Sultan Thaha Syaifuddin di pintu masuk Bandara Sultan Thaha Syaifuddin, Jambi Selatan, Kota Jambi, Minggu (27/8/2017).
Jambipos Online, Jambi-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menjadikan kawasan Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Kota Jambi, Provinsi Jambi sebagai salah satu sarana edukasi penanaman nilai-nilai kejuangan dan semangat patriotisme. Upaya itu dilakukan dengan menghadirkan patung pejuang dan pahlawan nasional, Sultan Thaha Syaifuddin di Bandara STS Jambi. 

“Kehadiran patung STS Jambi di bandara ini bukan sekadar pajangan. Patung STS ini menjadi satu menumen perjuangan yang senantiasa bisa menjadi sarana edukasi tentang penanaman nilai-nilai kejuangan dan jiwa patriotisme masyarakat kita. Kehadiran monumen Sultan Thaha Syaifuddin di pintu gerbang keluar masuk Jambi ini juga bisa mengangkat nama pahlawan nasional asal Jambi di tingkat nasional dan intenasional,” kata Gubernur Jambi, Zumi Zola pada peresmian patung pahlawan nasional STS di Bandara STS Jambi, Minggu (27/8/2017). 

Menurut Zumi Zola, Pemprov Jambi terus mengangkat dan mengabadikan nama pejuang kemerdekaan dan pahlawan nasional STS Jambi sebagai salah satu upaya membangkitkan semangat juang, persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat Jambi. Kehadiran patung STS di Bandara STS Jambi tersebut diharapkan dapat menggugah kembali jiwa patriotisme segenap warga masyarakat Jambi. 

“Upaya kami mengangkat dan mengabadikan nilai-nilai kejuangan pahlawan nasional Sultan Thaha Syaifuddin juga telah dilakukan melalui pementasan kisah perjuangan pejuang kemerdekaan dari Jambi itu pada puncak peringatan HUT ke-72 RI di lapangan kantor Gubernur Jambi, Kamis (17/8). 

Agar nilai-nilai kejuangan tersebut tetap dikenang masyarakat Jambi, patung STS kini dihadirkan di kawasan bandara ini,” ujarnya. 

Dijelaskan, patung STS yang dibangun di kawasan bandara tersebut menjadi ikon Jambi di gerbang masuk Kota Jambi. Pembangunan patung pahlawan nasional STS di pintu masuk bandara tersebut sangat penting untuk memperkenalkan Jambi di tingkat nasional dan internasional. 

Selain itu, lanjut Zumi Zola, kehadiran patung pahlawan nasional di kawasan bandara tersebut penting untuk menggugah jiwa patriotisme generasi muda sekaligus sebagai edukasi bagi masyarakat mengenai nilai-nilai juang pahlawan nasional STS yang lahir di Bumi Sepucuk Jambi Sebilan Lurah. 

"Kita patut bersyukur berkat kehadiran patung pahlawan nasional STS di kawasan bandara ini. Kehadiran patung pahlawan nasional ini menjadi sarana edukasi mengenai pahlawan nasional dan memupuk jiwa patriotisme kita,”ujarnya. Selama ini, lanjut Zumi Zola, masyarakat Jambi banyak yang sudah tahu bahwa Sultan Thaha Syaifuddin sebagai pahlawan nasional dan menjadi kebanggan masyarakat Provinsi Jambi. Namun masyarakat banyak yang hanya tahu nama, rupa atau wajahnya belum tahu. 

"Selama ini kita sudah tahu nama Sultan Thaha, tetapi belum banyak yang tahu bentuk wajahnya. Karena itu patung Sultan Thaha dihadirkan di kawasan bandara ini. Saat ini ada dua patung Sultan Thaha di Jambi. Satu di lapangan kantor Gubernur Jambi dan satu lagi Kabupaten Tebo. Jadi kini ada tiga patung Sultan Thaha di hadapan publik,”katanya. (JP-SP)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos