Home » , » Walikota Jambi Fasha Berikan Solusi Teknis Antisipasi Banjir di Kota Jambi

Walikota Jambi Fasha Berikan Solusi Teknis Antisipasi Banjir di Kota Jambi

Written By jambipos-online on Tuesday, July 25, 2017 | 09:18

Jambipos Online, Jambi-Walikota Jambi Syarif Fasha memberikan pemikiran dan soal teknis pencegahan banjir di Kota Jambi pada tahun 2018 mendatang. Fasha memberikan solusi teknis guna mencegah banjir di Kota Jambi tahun 2018. Hal itu terungkap pada Rapat Penanggulangan Banjir bersama instansi terkait, di Ruang Utama Kantor Walikota Jambi, Senin (24/07/2017). 

Rapat itu melibatkan Badan Perencanaan Pembanguman Daerah (Bappeda) Provinsi Jambi, Bappeda Kota Jambi, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi, Dinas PU Kota Jambi, Balai Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VI, REI Jambi. 

Beberapa titik di Kota Jambi belakangan ini sering digenangi banjir ketika hujan deras tiba. Hujan deras mengakibatkan banjir bandang terjadi di Kota Jambi seperti peristiwa jebolnya pagar Lapas Klas II A Jambi beberapa waktu lalu. 

Kata Walikota Jambi H Syarif Fasha, penyebab terjadinya banjir di Kota Jambi disebabkan masih banyak saluran-saluran yang belum bersifat permanen, kemudian dimensi saluran yang ada di Kota Jambi sendiri tidak dipersiapkan untuk 20 atau 30 tahun kedepannya. 

Dalam rapat tersebut pihaknya menyampaikan solusi yang tepat untuk mengatasi banjir. Adapun yang pertama yakni dengan membuat kolam retensi di titik-titik yang sudah disiapkan dan sudah ditentukan oleh Pemkot Jambi. 

“Kedua, yaitu mempermanenkan saluran-saluran yang sifatnya masih belum permanen, dan ketiga memperbesar dimensi saluran sesuai dengan kewenangan masing-masing,” kata Fasha. 

Kata Fasha, pengadaan kolam retensi ini tidak mungkin hanya bisa dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Jambi saja, mengingat dananya yang sangat besar. 

“Maka Pemkot Jambi juga berkoordinasi dengan semua instansi terkait yakni baik dari Pemerintah Provinsi Jambi maupun pusat,” katanya. 

“Mungkin, kalau ada titik-titik yang berdekatan dengan kolam retensi, dan itu merupakan kepemilikan provinsi, tadi sudah kami jelaskan supaya provinsi bisa memberikan lahan untuk dibangun kolam retensi. Tadi kesepakatannya seperti itu,” jelasnya. (JP-Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos