Home » , » Proyek ‘Tol Listrik’ 500 KV Muara Enim – New Aurduri Jambi Sudah Diteken Kontrak

Proyek ‘Tol Listrik’ 500 KV Muara Enim – New Aurduri Jambi Sudah Diteken Kontrak

Written By jambipos-online on Thursday, July 13, 2017 | 07:06

ILUSTRASI-SUTET
Jambipos Online, Jambi-PT PLN dan PT Waskita Karya Tbk (WSKT) meneken kontrak pembangunan transmisi 500 kilo volt (KV) Sumatera, Muara Enim-New Aurduri sepanjang 554 kilometer sirkit (kms). Acara yang dimulai pukul 17.50 WIB ini juga dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Rini menyaksikan penandatangan kerja sama antara dua BUMN raksasa tersebut. 

Dalam sambutannya Rini mengapresiasi kerja sama dari kedua BUMN tersebut. Menurutnya kedua perusahaan berplat merah tersebut sudah menjalin kerja sama dengan baik. 

“Ini sebetulnya kontrak kedua ya Pak Choliq (Direktur Utama Waskita Karya), yang didapat Waskita sehubungan dengan pembangunan transmisi di Sumatera. Ini sangat penting mengingat bukan hanya power plant yang dibutuhkan tapi juga jaringannya,” tutur Rini di Gedung Kantor Pusat PLN, Jakarta, seperti dilansir Detik.com. 

Proyek ini juga mencakup pekerjaan konstruksi pembangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV Sumatera, Jalur Muara Enim-New Aurduri (Sumatera Selatan-Jambi), pendanaan, pembebasan lahan dan right of way (ROW), perizinan serta studi Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL). 

Adapun nilai dari proyek ini adalah lebih dari Rp 3 Triliun dengan pelaksanaan pembangunan selama 3 tahun. Nantinya, jaringan utama dari transmisi ini akan menyangga produksi listrik dari pembangkit Iistrik Mulut Tambang di Sumatera Selatan sebesar 3.000 MW. 

“Alhamdulillah saya bangga juga ternyata 500 KV yang pertama pengerjaannya bagus dalam arti dapat diterima PLN. Saya bangga dengan kerjaama PLN dna Waskuita Karya ini,” imbuhnya. Sementara Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, proyek ini merupakan bagian dari pembangunan 46.000 kms jaringan transmisi yang ditandatangani. 

“JaIur transmisi Muara Enim-New Aurduri ini juga sekaligus bagian dari tol listrik 5.364 kms di lintasan Sumatera,” kata Sofyan. (JP-03)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos