Home » , , » Erwan Malik: Keluarga Berperan Penting dalam Pembentukan Karakter Anak

Erwan Malik: Keluarga Berperan Penting dalam Pembentukan Karakter Anak

Written By jambipos-online on Sunday, July 16, 2017 | 19:30

 
 
Jambipos Online, Bandar Lampung-Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.Erwan Malik,MM menyatakan, peran keluarga sangat penting dalam pembentukan karakter anak, yakni sebagai wadah untuk menempa sikap, watak, dan kepribadian anak. Hal itu dikemukakan oeh Erwan Malik dalam Pembukaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Nasional, bertempat di Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR) Way Halim Lampung, Sabtu (15/7/2017).

Acara puncak peringatan Harganas XXIV dan HKG PKK dengan tema "Dengan Harganas Kita Bangun Karakter Bangsa melalui Keluarga yang Berketahanan,” tersebut  oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia, Puan Maharani.

Usai mengikuti acara pembukaan, Pj.Sekda mengemukakan, pembangunan keluarga menjadi hal yang penting bagi kemajuan bangsa, keluarga merupakan lingkungan pertama yang dikenal oleh anak sejak dilahirkan. "Orang tua terutama ibu adalah tempat belajar pertama bagi anak. Untuk itu, ibu juga harus mempunyai ilmu yang cukup. Dengan mengikuti PKK yang sesuai 10 Program Pokok PKK, kita akan menyadari fungsi keluarga," kata Sekda.

“Salah satu fungsi keluarga adalah untuk pencegahan terhadap pengaruh buruk, seperti pencegahan bahaya narkoba yang semakin mengkuaatirkan generasi penerus bangsa,” katanya.

Menurut Sekda, peringatan Harganas untuk memberikan semangat baru dan mengingatkan kembali tentang fungsi keluarga sebagai pembentukan sikap, watak dan kepribadian serta pendidikan. 

"Keluarga merupakan komponen bangsa terkecil sehingga diharapkan dengan berfungsinya keluarga dengan baik maka akan menjadikan bangsa Indonesia yang sejahtera dan kuat serta mandiri, sehingga sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang telah maju,” ujarnya.

Ketua II TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Chairunnisa Erwan Malik mengemukakan, TP PKK Provinsi Jambi dan Dekranasda ikut berperan dalam Harganas dalam pendamping usaha mikro di daerah. "Disinilah peran kita untuk membantu para pengusaha mikro kecil untuk mempromosikan produk dan hasil kerajinan, tentu kegiatan ini akan memberikan peluang besar bagi mereka untuk memasarkan produk unggulannya," ujar Chairunnisa.

“Ada beberapa pengusaha kerajinan binaan TP PKK Provinsi yang langsung kita bawa, contoh Batik Jambi, kerajinan tangan dan kalung. Even ini diharapkan bisa memberikan peluang besar untuk pengrajin, untuk bisa memasarkan produknya dan terjalin komunikasi dan tukar pengalaman antara pembeli dengan pengrajin, sehingga bisa membangun jaringan lebih besar lagi," jelas Chairunnisa.

Sebelumnya, dalam sambutannya Menko PMK RI, Puan Maharani menyampaikan, Harganas bisa menjadi wadah mengingatkan arti penting fungsi keluarga. “Pembangunan keluarga dimulai dari rumah tangga dulu, sebagai peningkat SDM yang bermutu. Pembangunan bukan peningkatkan insfrastruktur saja melainkan semua bidang terutama pada peningkatan SDM dan kesejahteraan masyarakat agar bisa ikut berkompetisi di Indonesia juga di internasional, peningkatan ini dimulai dari keluarga," terang Puan.

“Peningkatan SDM dimulai dari keluarga, bagaimana cara kita mendidik dan memperlakukan anak-anak kita agar bisa menjadi anak yang berkualitas dan dapat berkompetisi,” jelas Puan.

Selain itu, Puan juga mengatakan, sinergi program pembangunan antara Pemerintah Pusat dan daerah perlu ditingkatkan dan disamakan agar capaian pembangunan bisa terwujud.

Gubernur Lampung, M.Ridho Ficardo menyampaikan, dengan kerja sama antara Pemerintah Pusat dan daerah khususnya Provinsi Lampung dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung melebihi pertumbuhan nasional," ujar Ficardo.

Sementara itu, Ketua umum penyelenggara BKKBN Pusat, Surya Chandra Surapaty menyampaikan, pe pentingnya peran keluarga dalam peningkatan SDM yang berkualitas dimasa mendatang. "Sejalan dengan upaya pemerintah untuk lebih memberdayakan keluarga dari sisi ekonomi, juga terus berupaya meningkatkan SDM yang berkualitas," ujar Surya.

Ketua Umum TP PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, para gubernur, bupati, walikota se Indonesia atau yang mewakili, dari Provinsi Jambi, Bupati Tebo Sukandar, Bupati Bungo Mashuri, Bupati Batanghari Syahirsah, Walikota Sungai Penuh Asafri Jaya Bakri, Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno, Wakil Walikota Jambi Abdulah Sani, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Amir Sakib turut menghadiri acara tersebut.

Pada Kesempatan tersebut diberikan penghargaan Manggala Karya Kencana dari Presiden RI yang diberikan oleh Menko PMK kepada Walikota Sungai Penuh, yang berhasil menggerakan program kependudukan dibidang KB. Penghargaan juga diberikan oleh Kepala BKKBN Pusat kepada Bupati Kerinci Dr.H.Adi Rozal, atas prestasinya dalam menggerakkan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera.

Usai pembukaan oleh Menko PMK, Pj. Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik yang didampingi Wakil Bupati Muarojambi, Bambang Bayu Suseno melakukan peninjauan stand Provinsi Jambi. (JP-Humas)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos