Zumi Zola Apresiasi Bazar Ramadhan PKK Provinsi Jambi

Written By jambipos-online on Wednesday, June 7, 2017 | 20:31


  
3.000 Orang Lebih Kaum Duafa Diberikan Paket Sembako Gratis 


Jambipos Online, Jambi-Guna membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok pada masa puasa dan jelang Idul Fitri 1438H/2017, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi menggelar Pekan Bazaar Ramadhan.

Bazaar Ramadhan tersebut merupakan upaya PKK dan Pemerintah Provinsi Jambi untuk merespon trend harga-harga yang naik selama bulan Ramadhan, serta untuk memberikan bantuan paket sembako secara gratis kepada kaum duafa.

Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli  S.TP,MA, saat membuka Pekan Bazar Ramadhan Tahun 2017/1438 H yang digelar di  Sanggar Batik  Sri Tanjung TP PKK Provinsi Jambi Telanaipura, Rabu (7/6/2017) mengungkapkan, bahwa tujuan utama diselenggarakannya Bazaar Ramadhan tersebut adalah untuk membantu masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi. 

Dalam pembukaan Pekan Bazaar Ramadhan itu juga dilakukan pemberian paket sembako kepada kaum Duafa di Kota Jambi. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memberikan sedikit keringanan bagi sebagian masyarakat yang membutuhkan. 

“Pada setiap momen bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri sering kali terjadi kenaikan harga komoditi sembako, biasanya harga – harga kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan harga. Untuk itu, di sinilah pemerintah harus hadir dengan cara menyelenggarakan Pekan Bazar murah Tahun 2017,“ ujar Zola.

Disebutkan, pemerintah telah melakukan tindakan taktis guna mengantisipasi dampak kenaikan harga. “Tindakan tersebut adalah dengan penyediaan dan penyaluran bahan kebutuhan pokok masyarakat, salah satu contohnya dengan menggelar bazaar/pasar murah. Acara ini diutamakan untuk membantu memenuhi sebagian kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang relatif murah dan terjangkau  serta dapat mengurangi beban dan membawa manfaat nyata,” katanya.

Zola berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat Provinsi Jambi agar berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan jangan mudah terpancing dengan kabar-kabar yang menyebabkan kepanikan sehingga masyarakat berbelanja tidak terkendali.

Dikatakan, Pemerintah Provinsi Jambi akan terus memantau dan mengamati perkembangan fluktuasi harga bahan pokok. “Kami terus memantau perkembangan harga bahan pokok, kalaupun ada kenaikan harga sedikit dan ada juga yang turun, itu adalah hal yang wajar dalam mekanisme pasar. Untuk itu, melalui operasi pasar kita stabilkan harga,” tegasnya.

Zola juga mengapresiasi kepada ketua TP PKK Provinsi Jambi dan jajarannya dengan adanya bazar tersebut. “Saya mengapresiasi bazar murah yang telah dilaksanakan oleh Ketua TP-PKK Provinsi Jambi dan jajarannya. Semoga dapat diikuti oleh instansi lain yang berada di Provinsi jambi yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat banyak,” katanya.

Ditambahkan, guna meringankan beban masyarakat dalam menghadapi bulan ramadhan dan Idul Fitri, TP PKK Provinsi Jambi membuka bazar murah dan pemberian sembako gratis kepada kaum duafa.  

“Selain itu, besok BKOW Provinsi Jambi juga akan mengadakan acara yang sama dan Pemerintah Provinsi Jambi juga akan membuka 5 hari menjelang Idul Fitri. Kita harapkan pemerintah Kabupaten/Kota juga akan mengikuti, dengan tujuan ikut peduli terhadap saudara kita yang kurang mampu, supaya dapat merasakan nikmatnya bulan puasa dan Idul Fitri, serta agar kita meningkatkan kepedulian kita,” tutur Zola.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Jambi  yang juga Ketua Dewan Pembina Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola menyambut baik penyelenggaraan acara Pekan Bazar Tahun 2017 karena dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga lebih murah dibandingkan dengan harga pasar, serta mampu menjadi salah satu solusi yang meringankan beban ekonomi kalangan masyarakat yang kurang mampu. 
 
"Aneka produk barang yang diperdagangkan dengan harga yang lebih murah dibanding harga pasaran, sehingga terjangkau oleh masyarakat untuk membelinya," ujar Sherrin.

Melalui Bazar yang diselenggarakan, Sherrin berharap akan terbangun kebersamaan antara sesama, dari kalangan yang berada dan hidupnya serba berkecukupan, dengan masyarakat lapisan bawah dan menengah yang serba kekurangan, untuk dapat saling berbagi.

“Selain itu, tujuan kita agar masyarakat mencintai produksi dalam negeri sendiri, agar masyarakat bijak dalam berbelanja. Melalui bazar ini kita tingkatkan kebersamaan kita terhadap saudara kita yang belum beruntung," jelas Sherrin.

Sebelumnya, Ketua Penyelenggara Pekan Bazar Ramadhan 1438 H Hj.Chairunnisa Erwan Malik menyampaikan, dalam Bazaar Ramadhan dengan tema  “Melalui Pekan Ramdhan, Kita Bangun Ukhuwah Islamiyah dan Kebersamaan Menuju Jambi TUNTAS 2021,” tersebut diselengarakan dua segmen, yaitu pembagian paket sembako gratis kepada 3.000 orang lebih kaum duafa dan penjualan paket sembako dengan nilai di bawah harga standar kepada masyarakat yang kurang mampu.

Usai pembukaan Bazaar Ramadhan, Gubernur Zola yang didampingi Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj.Sherrin Tharia Zola, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori Umar, Pj.Sekda Provinsi Jambi, Drs.H.Erwan malik,MM, dan para kepala OPD Provinsi Jambi meninjau Bazar Ramadhan. (JP-Humas)

 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos