Home » , , » Walikota Jambi Sy Fasha Buka Pasar Beduk Sebagai Semarak Ramadhan

Walikota Jambi Sy Fasha Buka Pasar Beduk Sebagai Semarak Ramadhan

Written By jambipos-online on Monday, May 29, 2017 | 11:46

Jambipos Online, Jambi-Semarak Bulan Suci Ramadhan disambut dengan suka cita oleh umat Muslim di seluruh dunia. Tidak terkecuali bagi masyarakat Kota Jambi. Masyarakat Tanah Pilih ini pun menyambut bulan yang mulia dan penuh rahmat tersebut dengan berbagai aktivitas dan persiapan. Tidak hanya mempersiapkan mental dan rohani, masyarakat juga menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan menggelar Pasar Bedug. 

Pasar yang hanya ada satu kali dalam setahun tersebut, merupakan tradisi yang telah membudaya dimasyarakat dalam menjalankan ibadah puasa. 

Walikota Jambi H Syarif Fasha Sabtu (27/5/2017) lalu, membuka secara resmi Pasar Bedug Ramadhan Pemkot Jambi yang berada dilokasi Jalan Mr Assa'at Pasar Jambi. 

Seperti tahun sebelumnya, Pemkot Jambi selalu menggelar pasar dadakan selama sebulan penuh. Pasar yang dikenal dengan nama Pasar Bedug itu hanya dibuka setahun sekali, yakni selama Ramadan. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi sudah menyiapkan sedikitnya ratusan lapak pedagang. Pasar Bedug tersebut tidak hanya satu lokasi, tapi ada beberapa titik. Biasanya di lokasi yang strategis dan banyak dikunjungi warga. 

“Pasar Bedug dibuka mulai pukul 15.00 WIB sore hingga menjelang waktu berbuka puasa. Umumnya pasar diisi pedagang makanan dan minuman, dan menu khas Kota Jambi," ujar Walikota Jambi Syarif Fasha saat membuka pasar bedug di Jalan Mr. Asad Pasar Jambi. 

Dikatakan, tujuan diadakannya pasar bedug ini adalah untuk menyemarakkan tradisi yang dijalankan masyarakat disetiap bulan Ramadhan tiba. Selain itu juga untuk mendekatkan dan memudahkan masyarakat dalam membeli makanan untuk keperluan berbuka puasa. 

“Kami kami ingin memudahkan masyarakat dalam mencari menu untuk berbuka puasa,” katanya. Selain itu, tujuan diadakan pasar bedug ini adalah untuk menata para pedagang agar dapat berjualan lebih tertib dan rapi. Sehingga tidak menimbulkan kemacetan dan kesemrawutan di jalan-jalan khususnya jalan protokol. 

Fasha juga mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir tentang kualitas dan bahan yang digunakan dalam membuat menu berbuka puasa yang di jual di pasar bedug. Sebab, semua makanan dan minuman yang dijual di pasar bedug akan di tes secara berkala oleh BPOM, sehingga keamanan dan kesehatannya sudah terjamin. 

“BPOM akan mengecek setiap pasar-pasar bedug yang ada di Kota Jambi secara berkala, jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” katanya. 

Fasha juga berharap agar pasar-pasar bedug yang belum terdata oleh pemerintah agar di data ulang. Hal itu guna memudahkan pemantauan di pasar-pasar bedug tersebut. Pasar Bedug yang berada di lokasi Jalan Mr Ass'at ini terdapat 223 buah lapak lapak. Pasar Bedug yang berada di Jalan Leimena, sebanyak 463 kapling, diperuntukkan untuk para pedagang pakaian dan kelontongan. 

“Kami ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1438 H. Semoga masyarakat Kota Jambi dapat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini dengan khusyu dan khidmat, serta mendapat rahmat dan pahala yang berlimpah. Untuk Kota Jambi juga, semoga rahmat yang tak tehingga diturunkan oleh Allah untuk kota kita tercinta,” katanya. (JP-Humas)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos