Home » , , , » Tradisi Basuh Kaki Ibu Jelang UN Siswa SMPN 1 Jambi

Tradisi Basuh Kaki Ibu Jelang UN Siswa SMPN 1 Jambi

Written By jambipos-online on Monday, May 1, 2017 | 07:13

Jambipos Online, Jambi-Tardisi basuh kaki ibu jelang Ujian Akhir Nasional (UAN) sudah melekat di SMPN 1 Kota Jambi. Sebagai meneruskan tradisi pendahulunya, ratusan pelajar SMPN 1 Kota Jambi menggelar doa bersama dan membasuh kaki orang tua, Sabtu (29/4/2017). 

Dalam kegiatan itu, para siswa berharap agar dapat tenang dan yakin dalam melaksanakan ujian nasional nantinya. Para pelajar dan orang tua yang hadir saat kegiatan itu menangis tersedu-sedu saat doa bersama dan basuh telapak kaki orang tua dilaksanakan. 

Usai membasuh telapak kaki orang tua, para siswa-siswi juga memeluk erat tubuh para orang tua, sambil meminta doa agar nantinya para siswa yang menjalani ujian nasional dapat berjalan lancar. 

Kepala sekolah SMPN 1 Kota Jambi Firdaus menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai kerohanian serta memberikan kekuatan mental para siswa-siswi, dalam menghadapi ujian nasional nantinya yang akan berlangsung serentak di seluruh Indonesia pada 2 Mei 2017. 

“Serta kita berharap agar kedepan para siswa-siswi dapat melaksanakan ujian nasional dengan baik dan dapat lulus dengan nilai yang memuaskan,” terangnya. 

Salah seorang pelajar, Tahnia Hafiza, mengaku terharu akan pelaksanaan doa bersama dan basuh telapak kaki orang tua. Bahwa kegiatan itu juga membantu mereka untuk sambil meminta maaf kepada orang tua dan serta sambil mengharapkan doa orang tua agar nantinya dapat menghadapi ujian dengan baik. 

Selain itu ia juga menyebutkan jika nanti dalam hadapi ujian nasional berbasis komputer itu dirinya yakin dapat melaksanakan ujian dengan baik. “Kami yakin dapat melaksanakan ujian ini dengan baik, dan juga yakin lulus seratus persen,” katanya. (JP-Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos