Home » , , , , » Tanggulangi Banjir, Pengerukan Sungai di Kota Jambi Mendesak

Tanggulangi Banjir, Pengerukan Sungai di Kota Jambi Mendesak

Written By jambipos-online on Wednesday, May 3, 2017 | 10:31

Warga Kelurahan Payolebar dan Lebak Bandung, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi saat hendak merebohkan tembok penghalang air akibat banjir, Selasa (2/5/2017) malam.
Warga Kelurahan Payolebar dan Lebak Bandung, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi saat hendak merebohkan tembok penghalang air akibat banjir, Selasa (2/5/2017) malam.

Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli menenangkan warga Kelurahan Payolebar dan Lebak Bandung, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi saat hendak merebohkan tembok penghalang air akibat banjir, Selasa (2/5/2017) malam.
Jambipos Online, Jambi- Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan, pengerukan sungai-sungai kecil dan drainase di Kota Jambi sangat mendesak untuk mengatasi banjir. Pendangkalan sungai kecil serta penyumbatan drainase akibat material dan sampah menyebabkan beberapa kawasan permukiman warga sering dilanda banjir. 

“Saya minta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi dan Kota Jambi segera melakukan pengerukan sungai dan perbaikan drainase di Kota Jambi. Pengerukan sungai dan perbaikan drainase tersebut menjadi solusi utama mencegah dan menanggulangi banjir di Kota Jambi,” kata Zumi Zola ketika meninjau beberapa sungai kecil dan drainase yang meluap di Kota Jambi. 

Zumi Zola prihatin dengan banjir yang melanda permukiman warga setiap musim hujan. Banjir disebabkan luapan sungai yang mengalami pendangkalan serta drainase yang tersumbat. Adapun pendangkalan sungai dan tidak berfungsinya drainase disebabkan material pasir, batu dan sampah. 

“Sungai yang dangkal dan drainase yang tersumbat membuat air hujan meluap ke permukiman warga. Inilah yang menyebabkan banjir sering terjadi di permukiman, termasuk di Kelurahan Payolebar dan Lebak Bandung, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi. Permukiman warga di dua kelurahan sudah empat kali terendam banjir selama April ini,” katanya. 

Sampah Selain melakukan pengerukan sungai dan perbaikan drainse, lanjut Zumi Zola, warga Kota Jambi juga diimbau agar tidak membuang sampah ke sungai maupun drainase. “Saya meminta kerja samanya semua ketua Rukun Tetangga (RT) untuk mengingatkan warganya agar tidak membuang sampah ke sungai dan saluran air," katanya. 

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Pengairan dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Jambi, Dadang mengatakan, banjir di Kota Jambi saat ini terdapat di lima lokasi. Lokasi tersebut masing-masing Perumahan Kembar Lestari dan Perumahan Arwana, Kelurahan Simpang IV serta Kelurahan Payolebar, Lebak Bandung dan Kelurahan Sungai Asam. 

Pendangkalan sungai juga terjadi di kelurahan tersebut. Untuk mengatasi banjir lanjut Dadang, pihaknya sudah melakukan pengerukan sungai, pelebaran dan pemasangan dinding drainase. 

“Salah satu pengerukan sungai yang kami lakukan, yakni di sungai Kenali Kecil. Sungai yang hulunya berada di Perumahan Bougenville dan hilirnya di Perumahan Kembar Lestari kini sudah mulai normal. Sungai tersebut sudah jarang meluap bila hujan deras," katanya. (JP-SP)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos