Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Nurul Fahmy Terpilih Sebagai Ketua IWO Provinsi Jambi

Nurul Fahmy.Foto Asenk Lee Saragih

Nurul Fahmy.Foto Asenk Lee Saragih
Jambipos Online, Jambi- Nurul Fahmy dari Media Online InilahJambi.com terpilih sebagai Ketua Namanya Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Jambi pada Musyawarah Wilayah (Muswil) IWO Provinsi Jambi Tahun 2017 di ruang pertemuan Tempoa Inn Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, Jumat (19/5/2017) malam.

“Alhamdulillah ...Selamat untuk dindo Nurul Fahmy menerima amanah sebagai Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Jambi dan Adi Setiadi yang dilantik sebagai pengurus GNPK-RI Provinsi Jambi untuk periode 2017 - 2022 ,” tulis Hery Rawas, Jumat (19/5/2017) malam.

Muswil ke-1 IWO Provinsi Jambi Tahun 2017 muncul dua kandidat ketua yakni Nurul Fahmi dari Media Inilahjambi.com dan Muhammad Husein dari Lensajambi.com. Adapun Agenda Muswil Ke1 ini diantaranya, sidang Pleno 1, 2 dan 3 dengan mengedepankan mekanisme sidang yang sesungguhnya. 


Acara yang dimulai pukul 14.00 WIB tersebut, tampak seluruh peserta sidang mengikuti dengan hikmad. Dari pembacaan perancangan tata tertib muswil yang dibacakan pimpinan sidang sementara, sosialisasi mengenai informasi tentang IWO, penetapan pimpinan sidang tetap, pembagian komisi untuk program kerja IWO, hingga penetapan Bakal Calon (Balon) dan Calon Tetap yang akan diajukan sebagai Calon Ketua Formatur dan dipilih langsung oleh peserta sidang.

Suasana Muswil mulai terlihat tegang, ketika Pimpinan sidang tetap membacakan ketentuan Balon, yang mana setiap peserta sidang boleh mengajukan salah satu nama calon, dengan ketentuan balon harus minimal mengantongi 3 suara dari peserta sidang.

Dalam pemilihan balon muncul beberapa nama, diantaranya Nurul Fahmi, Arman Mandaloni, Rakhmad Fadillah, Husen dan Arief Martaguna.

Diantara beberapa nama tersebut, nama Nurul Fahmi dan Arman Mandaloni yang bisa melanjutkan ketahapan berikutnya sebagai calon tetap untuk memperebutkan Ketua Formatur IWO Jambi Periode 2017-2022.

Akhirnya sekitar pukul 20.15 WIB, hasil votting tertutup nama Nurul Fahmi meraih 19 suara mengungguli Arman Mandaloni yang memperoleh 18 suara, selisih 1 suara dari total 37 suara peserta sidang.

Nurul Fahmi selaku Ketua Formatur IWO Terpilih Periode 2017-2022 kepada awak media mengucapkan terimakasih kepada kawan-kawan yang sudah mempercayai dirinya untuk memimpin IWO Jambi lima tahun ke depan.

“Semoga amanah ini akan saya jalankan dengan sebaik mungkin, dan menimbang semua kepentingan profesi wartawan online, terutama soal kebebasan pers serta kesejahteraan”, harap Fahmi.

Kedepan, IWO Jambi yang baru saja dideklarasikan ini bisa menjadi wadah yang baik bagi wartawan online kususnya di Jambi. Dengan mengadakan forum -forum diskusi, pelatihan yang berkaitan dengan kinerja kewartawanan guna meningkatkan wawasan sesama profesi jurnalis dan bekerja sesuai undang-undang pers, tutupnya.
Media Online Semakin Berkibar
 
Seperti diberitakan Jambipos Online sebelumnya, sejumlah penggiat media online di Provinsi Jambi mengadakan pertemuan dan menggagas organisasi wartawan dan media online. Namanya Ikatan Wartawan Online (IWO). 

Organisasi ini sudah terbentuk di Pusat (Jakarta) dan di daerah juga akan dibentuk. Dalam organisasi ini nantinya juga akan dilakukan pelatihan kompetensi wartawan online supaya profesional dan menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalis dan UU No 40-1999 Tentang Pers.

Saat ini di Provinsi Jambi perkembangan media online begitu pesat. Bahkan kini setidaknya sudah ada sekitar 50 media online di Provinsi Jambi. Media online ini juga diharapkan sebagai garda terdepan penyampaian informasi terkini, santun, akurat dan terpercaya terlebih menolak hoax (berita bohong).

Organisasi ini dalam rangka memberdayakan dan menginventarisir seluruh wartawan online di Provinsi Jambi, penggiat media online di Jambi bernaung dalam organisasi yang berinduk ke pusat.

Organisasi Wartawan di Indonesia memiliki bermacam-macam wadah, Lembaga, Organisasi, Ikatan, Persatuan, Aliansi bahkan Perhimpunan, diantaranya adalah Ikatan Wartawan Online (IWO).

Menjawab tantangan itu, IWO Jambi akan segera dibentuk dalam waktu dekat. Sebagaimana dikatakan Nurul Fahmy dari Media Online InilahJambi.com dan Hery FR dari Media Online JambiDaily.com.

Sebagai penerima Mandat dari IWO Pusat, mereka mulai menyiapkan Kepengurusan IWO di Jambi. “Iya, Mandat sudah kita terima pada tanggal 4 Mei 2017 lalu dari IWO Pusat, saat ini kita tengah menyusun kepengurusan dan rencana pelantikan," kata Fahmy didampingi Hery FS beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, sasaran calon keanggotaan sesuai AD/ART IWO untuk menjadi anggota yaitu, Calon anggota adalah Wartawan media ciber Online, dengan rekomendasi pemimpin redaksi media yang bersangkutan dan memiliki legalitas prinsip seperti ID Cards," jelas Fahmy.

Fahmy mengatakan IWO merupakan organisasi profesi jurnalis yang anggotanya harus berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik dan Undang-undang Pers Nomor 40 tahun 1999. Selain itu, niatnya bersedia menerima mandat dari IWO lebih menjawab dinamika yang terjadi ditengah Wartawan Media Online di Jambi.

“Setelah melihat AD/ART IWO, saya optimis, melalui IWO akan berperan dalam peningkatan SDM anggotanya, pembekalan teknis produk jurnalis online, serta perlindungan hukum dan kesejahteraan," jelasnya.

Fahmy kemudian juga menyampaikan perkembangan setelah pihaknya diketahui menerima mandat dari IWO Pusat. "Luar biasa, respon rekan-rekan cukup tinggi, antusias dan siap bergabung. Sampai saat ini saja sudah 70 orang calon sudah menyatakan dirinya siap bergabung, dari presentase 35 Media Online. Untuk itu melalui publikasi ini kita tetap membuka pintu kepada rekan-rekan lainnya untuk bergabung, baik yang di Kota Jambi sendiri maupun Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi." ajak Fahmy.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Suksesi IWO Jambi Armand Mandaloni menyampaikan jadwal pertemuan calon pengurus IWO Jambi. “Bila tidak ada halangan, Jumat (19/5/2017) ini, kita gelar rapat pembentukan pengurus, bersama calon anggota sekaligus penetapan pengurus, selanjutnya diusulkan ke IWO Pusat untuk di SK-kan, mohon doanya, undangan menyusul," jelasnya.

Oleh karenanya pada hari Jumat, (19/5) bertempat di Tempoa Inn, yang beralamat di Jalan Tempoa II No. 20, Cempaka Putih, Jelutung, Kota Jambi, dilaksanakanlah Suksesi IWO Jambi dalam rangka pemilihan Ketua IWO Jambi dan membentuk struktur kepengurusan serta langkah-langkah yang akan dijalankan untuk kedepannya.

Masih menurut Armand, diadakannya kegiatan ini adalah merupakan tindak lanjut dari IWO Pusat yang memberikan surat mandat agar segera dibentuk kepengurusan IWO Jambi.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, dan harapannya semoga IWO ini nantinya dapat menjaga kekeluargaan dan juga bisa menjadi wadah untuk memberdayakan Wartawan Online yang menjadi acuan Informasi," kata Jurnalis Kajanglako.news ini.

Pada pertemuan pertama ini kita akan membentuk Ketua IWO dan Tim Formatur untuk membentuk susunan kepengurusan. “Namun kita ingin IWO Jambi ini dapat berjalan dan bersungguh sungguh. Dan kita ingin ada sesuatu yang dihasilkan ada pertemuan kali ini dan harus ada pertemuan lanjutan kedepannya,” katanya. (JP*)

Editor : Asenk Lee Saragih



 

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar