Home » , , , » Lulusan SMA di Jambi Konvoi Hingga Larut Malam

Lulusan SMA di Jambi Konvoi Hingga Larut Malam

Written By jambipos-online on Wednesday, May 3, 2017 | 10:18

Lulusan SMA di Jambi Konvoi Hingga Larut Malam.
Jambipos Online, Jambi-Lulusan sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat di Kota Jambi banyak yang melakukan tindakan kurang terpuji ketika meluapkan kegembiraan usai pengumuman kelulusan ujian nasional (UN), Selasa (2/5) sore. 

Selain melakukan aksi corat-coret baju seragam, ratusan lulusan SMA dan sederajat di Kota Jambi melakukan konvoi keliling kota hingga larut malam. Para lulusan SMA dan sederajat di kota itu pun sempat kejar-kejaran dengan aparat kepolisian karena aksi konvoi mereka memacetkan arus lalu lintas di jalan-jalan utama. 

Pantauan di Jalan Kolonel M Kukuh, Paal V, Kotabaru, Kota Jambi, Selasa (2/5/2017) malam, mobil patroli polisi menghalau ratusan lulusan SMA Negeri 6 yang konvoi dan memacetkan jalan. Setelah dihalau petugas, ratusan lulusan SMA Negeri 6 tersebut berkumpul di Taman Remaja, Kota Jambi. Mereka melanjutkan aksi konvoi keliling Kota Jambi bergabung dengan lulusan sekolah lain hingga pukul 22.00 WIB. 

Sementara itu pihak SMA Negeri 6 Kota Jambi menahan surat kelulusan beberapa orang siswa lulusan sekolah tersebut Selasa sore. Penahanan surat kelulusan tersebut dilakukan karena beberapa orang siswa lulusan SMA Negeri 6 Kota Jambi melakukan aksi corat-coret baju di lingkungan sekolah menjelang pengumuman.Kemudian mereka juga membawa siswa sekolah lain melakukan aksi corat-coret baju di lingkungan SMA Negeri 6. 

“Kami meminta siswa yang melakukan aksi corat-coret di lingkungan sekolah membawa orangtuanya ke sekolah mengambil surat kelulusan. Surat kelulusan mereka kami tahan sementara karena mereka melakukan perbuatan tidak terpuji di lingkungan sekolah,”kata Kepala Bagian (Kabag) Humas SMA Negeri 6 Kota Jambi, Zul Amri. 

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, M Thabir mengatakan, pihaknya kesulitan mendapatkan persentase kelulusan SMA dan sederajat se-Provinsi Jambi karena penentuan kelulusan dilakukan sekolah masing-masing. Hingga Selasa sore, lanjut M Thabir, belum semua SMA dan sederajat di Jambi melaporkan tingkat kelulusan siswa di sekolah masing-masing. 

“Namun perkiraan kami, sebagian besar SMA dan sederajat di Provinsi Jambi memiliki angka kelulusan siswa 100 persen. Berdasarkan data yang kami peroleh dari beberapa SMA negeri di Kota Jambi, tingkat kelulusan rata-rata 100 persen. Artinya seluruh siswa yang mengikuti UN lulus. Siswa yang tidak lulus hanya yang tidak ikut UN karena berbagai halangan dan alasan,” katanya. 

M Thabir lebih lanjt mengatakan, nilai rata-rata lulusan SMA dan sederajat di Jambi tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Nilai rata-rata lulusan UN Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) turun sekitar 8,21 persen. 

Kemudian nilai rata-rata lulusan UN SMA dan Madrasah Aliyah (MA) untuk program studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) turun 10,20 persen. Sedangkan nilai rata-rata lulusan SMA dan MA program studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) turun sekitar 10,61 persen. (JP-BS)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos