Home » , , » Ivan Wirata: Belajar untuk Selalu Rendah Hati

Ivan Wirata: Belajar untuk Selalu Rendah Hati

Written By jambipos-online on Tuesday, April 25, 2017 | 06:56

Jambipos Online-Setiap manusia selalu ingin mendapatkan perhatian, pengakuan, pujian, dan menunjukkan kepada orang lain bahwa ia bisa menjadi sosok yang paling baik. Tapi bagaimana ya, jika hal itu didapat secara berlebihan? Tentu yang muncul justru rasa sombong, egois, iri hati, dan sejenisnya. 

Hal-hal itulah yang justru akan menumpulkan rasa rendah hati di dalam diri. Lalu, bagaimana caranya agar kita sebagai manusia dapat selalu bersikap rendah hati? Tidak perlu bingung, mari belajar bersama-sama dari poin-poin di bawah ini. 

1.Berbicara sedikit mungkin tentang diri sendiri 

Siapa yang tidak suka menjadi pusat perhatian? Binatang peliharaan pun sering mencuri perhatian majikannya. Tanpa disadari manusia juga sering mencari perhatian dengan mengatakan kata-kata yang sebetulnya kurang penting untuk diucapkan dan berlebihan. 

Banyak orang membuat sensasi agar dijadikan bahan pembicaraan khalayak ramai tentang kelebihan yang ada dalam diri mereka. Sesungguhnya, tidak ada manfaat sama sekali dari semua tindakan tersebut. 

Biarkan orang lain mengetahui segala kehebatan dan keunggulanmu dari orang-orang yang telah melihatnya lebih dulu. Jika kamu ingin merasa dihargai oleh orang lain, maka hal tersebut harus bermula pada dirimu sendiri dengan cara menghargai orang lain terlebih dahulu. 

2. Jangan mencampuri urusan orang lain Hindari rasa ingin tahu yang berlebihan dan jangan sekali-kali mencampuri urusan orang lain jika hal tersebut tidak ada sangkut pautnya denganmu. Terlalu ikut campur dengan masalah orang lain justru akan membawamu pada masalah baru yang lebih rumit. 

3. Toleransi 

Terimalah setiap pertentangan dengan kegembiraan. Jika dalam suatu rapat ada dua puluh orang, maka akan ada dua puluh pendapat juga dalam rapat tersebut. Tapi jangan sekali-kali menjadikan sebuah perbedaan pendapat sebagai cikal bakal lahirnya konflik. 

Untuk belajar menerapkan rasa rendah hati, di perlukan rasa toleransi yang tinggi. Hargai dan terima setiap perbedaan yang ada. Tanamkan sikap siap mengalah dalam perbedaan pendapat walaupun kamu yang benar. 

4. Jangan pusatkan perhatian pada kesalahan orang lain 

Setiap manusia pasti pernah berbuat salah, tapi jangan pernah menyimpan kesalahan orang lain lalu mengungkitnya di kemudian hari. Jika kamu suka menyimpan kesalahan orang lain, itu berarti kamu mengganggap dirimu lebih baik dari orang tersebut. 

Padahal, setiap manusia tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. So, bersikaplah rendah hati. Karena kamu pasti senang jika orang lain memaafkan kesalahanmu. Bersikaplah sopan dan peka sekalipun orang lain memancing amarah kamu. 

5.Jangan mencoba agar dikagumi atau dicintai 

Rendah hati berarti tidak sombong, menyamaratakan dirinya setara dengan orang lain. Tidak timpang tindih dalam menilai suatu keberadaan seseorang. Siapa yang tidak suka karakteristik manusia seperti itu? 

Jangankan manusia, Tuhan pun senang. Jadi jika kamu ingin disenangi banyak orang dan sang Pencipta, belajarlah untuk selalu rendah hati. Tidak usah berkecil hati sekalipun kamu merasa dipandang rendah dan merasa tidak diperhatikan oleh orang-orang di sekitarmu. (H Ivan Wirata ST MM MT)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos