Home » , , » Larangan Pesta Memakai Ruas Jalan di Tanjabar

Larangan Pesta Memakai Ruas Jalan di Tanjabar

Written By jambipos-online on Monday, March 13, 2017 | 20:17


Balai adat Kabupaten Tanjabbar di Jalan Frof  Dr Sri Soedewi maschun Kualatungkal

Jambipos Online, Kualatungkal-Program Bupati Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) H Safrial untuk menertibkan ruas jalan raya dari acara pesta perkawinan mendapat dukungan penuh dari Dewan perwakilan daerah setempat.

Seperti di sampaikan ketua Komisi I DPRD Tanjabbar, Syafrizal lubis bahwa dirinya mendukung penuh program pemerintah daerah untuk menertibkan jalan raya dari acara pesta seperti pengantenan.

“Kita sangat mendukung program Bupati selagi itu menyangkut kebaikan dan keamanan di daerah Tanjabbar. Bahkan kapan perlu buat satu gedung khusus untuk acara resepsi perkawinan atau balai adat di perbaguskan lagi” ungkapnya.

Dukungan juga disampakan Ketua Komisi II, H Ambo Angka bahwa dirinya sangat menyetujui program bupati Tanjabbar. 

“Selagi itu bagus tetap kita dukung. Tapi itu kan di khususkan untuk jalan raya atau jalan protocol. Kalau di daerah perdesaan yang sepi pengendara atau masyarakat yang mengadakan acara memiliki lokasi yang jauh dari jalan raya tidak mengganggu kendaraan yang melintas itu tidak masalah, seperti dilorong atau gang buntu,” jelas Ambok.

Sementara itu, Dewan lainya H M Padli juga member dukungan, namun dia menyarankan agar menetapkan penjaga khusus untuk rumah adat.

“Kita sarankan pemkab menetapkan penjaga seperti Satpol PP atau Satpam yang standbye di rumah adat, sehingga tidak ada kesan tempat itu tidak bermanfaat,” saran politisi PKB itu.

Ditanya solusi jika terdapat jadwal yang sama, H Padli mengatakan bahwa masyarakat yang punya hajat bisa beoordinasi lebih awal kepada pengurus atau penjaga agar tidak terjadi bertumburan jadwal.

“Kalau masalah jadwal memang kadang dalam kota ada dua acara pengatenan dalam satu hari. Tapi kalau balai adat sudah resmi dijadikan sebagai tempat respsi perkawinan kan masyarakat bisa berkordinasi jauh ebih awal jadwalnya dengan pengurus, jadi jadwal bisa diatur antara pengurus dan yang punya hajat,” jelasnya.

Sebelumnya Bupati H Safrial MS berencana akan membangun taman khusus untuk pesta perkawinan di halaman gedung balai adat Kabupaten Tanjabbar sehingga bagi masyarakat yang tinggal dipinggir jalan raya berpesta tidak menganggu aktifitas pengedara.

“Agar nanti tidak ada lagi masyarakat yang mengadakan acara pesta pengantenan menggunakan ruas jalan raya karena bisa menganggu aktifitas lalulintas. Untuk itu akan kita arahkan kebalai adat,” ujar bupati belum lama ini. (JP-Ken)

Foto: Balai adat Kabupaten Tanjabbar di Jalan Frof  Dr Sri Soedewi maschun Kualatungkal

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos