Ini Pendapat Ivan Wirata Soal Banjir Jambi

Written By jambipos-online on Friday, March 17, 2017 | 11:32



Gubernur Jambi H Zumi Zola (kedua dari kiri) saat melihat kondisi banjir di Seberang Kota Jambi baru-baru ini.IST

Jambipos Online, Jambi- Mantan Kadis PU Provinsi Jambi Ivan Wirata era Gubernur Hasan Basri Agus dan Juga Calon Bupati Muarojambi Pilkada 15 Februari 2017, H Ivan Wirata ST MM MT , lewat media sosial miliknya bicara soal terjadinya banjir di Jambi. Berikut ini tulisan Ivan Wirata soal banjir di Jambi.

Untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir ini, kita harus mengetahui apa saja faktor penyebab banjir, berikut adalah 10 Faktor Alam Penyebab Banjir : Curah Hujan Yang Sangat Tinggi, curah hujan yang tinggi bisa menyebabkan banjir. Contohnya Banjir Bandang.

Terjadi Pendangkalan Sungai, pendangkalan ini disebabkan erosi yang terjadi di hulu sungai sehingga materi erosi menjadi mengendap dan menyebabkan sungai jadi dangkal/tidak dalam. Bila volume air sangat besar maka sungai tidak akan bisa menampungnya dan terjadi lah banjir.

Air Laut Pasang/Gelombang laut Besar, ini menyebabkan air laut menjadi besar dan naik ke daratan hingga bisa menyebabkan tsunami. Angin Topan/Ribut, ini juga bisa menyebabkan banjir karena saat terjadi angin topan/angin ribut biasanya disertai dengan angin kencang dan hujan. Bila angin topan/angin ribut terjadi di laut maka bisa menyebabkan kenaikan air laut dan menyebabkan banjir di daerah pesisir pantai.

Salju Yang Mencair, Salju adalah air yang berubah menjadi es. Disaat salju ini mencair maka akan menyebabkan kenaikan permukaan sungai dan laut.

10 Faktor Alam Penyebab Banjir

Erosi Pada Tanah, Hujan yg terjadi secara terus menerus bisa menyebabkan erosi tanah yang menyebabkan tanah terbawa oleh air dan akhirnya hanya menyisakan batu/bebatuan saja, batu tidak bisa menyimpan air seperti tanahm sehingga saat hujan terjadi lagi, air tidak terserap secara baik ke dalam tanah hingga akhirnya terus mengalir ke sungai dan jadi banjir.

Keadaan Tanaman/tumbuhan, bila suatu daerah jarang sekali ada tanaman atau tumbuhan maka pada saat hujan terjadi, air tidak akan diserap oleh tanaman hingga menyebabkan banjir.

Longsor, longsor yang terjadi di pinggiran sungai bisa menyebabkan banjir. Longsoran tanah yang menutupi sungai dan tidak diketahui oleh warga akan menyebabkan air sunga terbendung dan semakin besar. Disaat longsoran sudah tidak kuat menahan debit air yang besar, maka terjadilah banjir bandang. Pernah terjadi di cisalak, subang.

Daerah Bebatuan, daerah yang kondisi lingkungannya banyak terdiri dari bebatuan dibandingkan tanah. Akan lebih rentan terjadi banjir, karena bebatuan punya kemampuan menyerap air yang buruk. Biasanya yang sering terjadi adalah banjir bandang/banjir kiriman.

Kondisi Daerah Yang Landai atau berada di Dataran Rendah. Daerah seperti ini lebih rawan terjadi banjir daripada daerah yang berada di dataran tinggi. Itu lah penjelasan mengenai materi 10 Faktor Alam Penyebab Banjir ini, semoga bermanfaat. (JP-03)


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos