Home » , , , , » Hasil Kunker Luar Negeri, Kota Jambi akan Dapat Kucuran Ratusan Ribu Dolar Amerika

Hasil Kunker Luar Negeri, Kota Jambi akan Dapat Kucuran Ratusan Ribu Dolar Amerika

Written By jambipos-online on Saturday, March 25, 2017 | 18:49



Jambipos Online, Jambi-Memang tidak banyak kepala daerah memiliki kreativitas dan inovasi dalam membangun daerahnya, apalagi yang mendunia. Baru saja mendapat kehormatan menjadi 30 kepala daerah berpengaruh dari 7000 kepala daerah didunia melalui inovasi Bangkit Berdayanya, kini Wali Kota Jambi H Syarif Fasha kembali menorehkan nama baik Kota Jambi di dunia internasional, Jumat (24/3/2017).

Hal itu patut saja, karena kandidat Doktor Ilmu Pemerintahan itu, kembali berhasil membuka mata dunia melalui konsep Entrepreneur Bureaucracynya. Konsep brilian yang telah diletakannya di jajaran Pemerintah Kota Jambi sejak menjabat 3 tahun lalu itu, tampak dari kepiawaian Fasha membuka akses, membangun komunikasi dan kerjasama dengan mencari sumber-sumber pendanaan internasional untuk membangun kota.

Instruksi Pemerintah Pusat agar Provinsi, Kabupaten dan Kota tidak hanya mengandalkan APBD dan APBN turut semakin memacu andrenaline Enterpreneur Bureaucracynya. Wali Kota Jambi itu pun kerap melakukan kunjungan dan membangun kerjasama baik di dalam maupun luar negeri.

Paling anyar, adalah kabar Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha mendapat apresiasi dari United Nations Human Settlements. Programme (UN–HABITAT), yaitu sebuah badan PBB yang berkonsentrasi terhadap penyediaan tempat tinggal, pembangunan permukiman dan perkotaan berkelanjutan.

Sebelumnya UN-HABITAT telah menggelar konferensinya di Indonesia.Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk permukiman dan pembangunan berkelanjutan, atau The Third Session of the Preparatory Committee for Habitat III (Prepcom 3 UN Habitat III), yang diikuti 193 negara anggota itu berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 25 hingga 27 Juli 2016 di Kota Surabaya.

Tim dari UN-HABITAT itu juga telah banyak mengunjungi beberapa daerah di Indonesia, termasuk memantau perkembangan permukiman di Kota Jambi.

Atas lobby Wali Kota Syarif Fasha berikut proposal yang diajukan Pemerintah Kota Jambi kepada badan PBB untuk Rule Penanganan Kawasan Kumuh Terpadu itu,akhirnya dana sebesar 98.950 US Dolar direncanakan akan dikuncurkan untuk menata kawasan terpadu di Kota Jambi.

Demikian disampaikan Kepala Bagian Humas Setda Kota Jambi, Abu Bakar diruang kerjanya, Jumat (23/3/2017). Sementara itu, Kepala Bagian Kerjasama Setda Kota Jambi, Mariyani Yanti, Phd, saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. 

Menurutnya dari sekian banyak proposal, Pemerintah Kota Jambi termasuk yang lulus seleksi. Yanti menambahkan, ada ribuan kawasan yang dinilai secara selektif oleh Badan PBB UN-HABITAT yang akan dijadikan Rules Penataan Kawasan Kumuh yang melibatkan partisipasi masyarakat.

“Pemkot Jambi meng-Apply (menerapkan-red) untuk Public Space (area publik-red) yang diadakan oleh UN-HABITAT, dan Alhamdulillah terseleksi, dan mudah-mudahan ini segera terwujud" ujar Yanti.

Kabag Kerjasama yang alumnus Amerika itu, juga menjelaskan, meskipun dana yang akan digelontorkan tidak terlalu besar tapi kepercayaan badan-badan internasional memberikan bantuan itu telah membuktikan tingkat kepercayaan dunia yang sangat baik. Dan menurut Yanti setelah ini diharapkan juga akan masuk bantuan-bantuan lainnya dari lembaga-lembaga donor internasional untuk Kota Jambi.

"Inilah salah satu kreativitas Bapak Wali Kota Syarif Fasha, dari berbagai kunjungan kerjanya ke luar negeri akhirnya mendapat perhatian besar dari negara-negara donor atau badan internasional lainnya. Apalagi peningkatan kerjasama dan membangun komunikasi dengan mencari sumber-sumber pendanaan luar negeri adalah suatu keniscayaan saat ini, karena memang pemerintah pusat telah menganjurkan daerah-daerah untuk melakukan inovasi dan tidak bergantung kepada APBD maupun APBN saja," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, keaktifan Wali Kota Syarif Fasha dalam berbagai forum internasional banyak mendapat apresiasi. Pada September 2016 lalu, Ia pun terpilih menjadi Representative Council di dua jabatan sekaligus.

General Assembly UCLG ASPAC serta negara-negara di Southeast Asia menunjuk Wali Kota Jamb itu menjadi Representative Council UCLG ASPAC (United Cities and Local Government Asia Pacific), sebuah organisasi internasional yang beranggotakan pemerintah kota, dan asosiasi pemerintah daerah di kawasan Asia Pacific. Selain jabatan itu, Fasha juga dipercayakan menjadi Representative Council tingkat dunia untuk periode 2016 - 2018.

Wali Kota Syarif Fasha itu terpilih saat pertemuan Sub Regional Elections for Representatives for Council and Executive Bureau yang berlangsung di Gunsan Jeollabuk-Do Korea Selatan tahun lalu. (ADV-Humas)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos