Home » , , , , , » Gubernur Jambi Minta Polda Jambi Tangkap Provokator Kericuhan Kerinci

Gubernur Jambi Minta Polda Jambi Tangkap Provokator Kericuhan Kerinci

Written By jambipos-online on Tuesday, March 21, 2017 | 13:55



Personel kepolisian berjaga di lokasi bentrokan di Tamiai, Kabupaten Kerinci Senin (20/3 / 2017). IST


Bentrok yang terjadi di depan kantor Camat dan Kantor Pos Desa Tamiai Kecamatan Batang Merangin, Senin (20/3 / 2017). IST
Jambipos Online, Kerinci-Gubernur Jambi H Zumi Zola meminta Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani untuk mengusut tuntas siapa provokator kericuhan yang terjadi antara warga Desa Beriesa Muaro Pulao dengan Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci. Zola juga meminta agar semua pihak menahan diri dan jangan tersulut provokasi dan amarah.

Hal itu mengemuka saat Gubernur Jambi H Zumi Zola bersama Kapolda Jambi, Brigjen Pol Yazid Fanani dan Danrem 042/Gapu Kolonel Inf Refrizal meninjau Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Selasa (21/3/2017) , hari ini [21/3] sekitar pukul 11.00 Wib.

Tiba di Kantor Camat Batang Merangin, di Tamiai, Gubernur Jambi Zumi Zola bersama Kapolda Jambi, Brigjen Pol Yazid Fanani, Danrem 042/Gapu, Kolonel Inf Refrizal, Bupati Kerinci, Adirozal, Kapolres Kerinci, AKBP M Ali Hadinur, Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin, Sekda, Camat Batang Merangin, tokoh masyarakat Tamiai serta perwakilan peladang langsung menggelar rapat tertutup di kantor Camat Batang Merangin.

Sementara itu, ratusan aparat kepolisan bersenjata lengkap, TNI dan masyarakat Tamiai masih berjaga-jaga di sepanjang ruas jalan Tamiai menuju Bangko. Namun untuk lalu lintas masih normal seperti biasa.

Menahan Diri

Diketahui bentrok di Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin antara peladang di Batang Merangin dengan masyarakat Tamiai, di depan kantor Kecamatan Batang Merangin. Penyebabnya diduga karena masalah tanah perkebunan.

Gubernur Jambi, Zumi Zola meminta semua pihak untuk menahan diri. Ia juga meminta Bupati dan Wakil Bupati, Dandim dan Kapolres setempat serta pihak terkiat di Kerinci secepatnya turun ke lapangan, mengamankan situasi. “Diginkan situasi, cepat turun ke lapangan. Saya juga minta semua pihak bisa menahan diri,” ujarnya.

“Jangan sampai situasi lebih menanas dari saat ini. Kalau ada provokatornya yang ditemukan aparat kepolisian, ya harus ditindak tegas,” tegasnya.

Brimob dan Sabhara

Brimob dan Sabhara Polda Jambi.
Kapolda Jambi, Brigjen Pol Yazid Fanani memerintahkan tiga pejabat utama Polda Jambi untuk bertolak ke Kerinci untuk memantau situasi Senin kemarin. Ketiga pejabat utama tersebut yakni Kasat Brimob Kombes Pol IKG Widjatmika, Karo Ops Kombes Pol Taufiq Tri Atmojo, serta Direktur Intelkam Kombes Pol Chairul Yani. 

Selain memantau situasi, Yazid juga meminta ketiga pejabat utama Polda Jambi tersebut untuk membantu penyelesaian masalah yang menyebabkan terjadinya bentrokan. “Kepada masyarakat, juga saya minta untuk menahan diri. Jangan menyelesaikan permasalahan dengan kekerasan,” ujar Yazid.

Kapolda Jambi Yazid mengatakan pihaknya juga mengirimkan personel Brimob dan Sabhara untuk membantu Polres Kerinci melakukan pengamanan di lokasi bentrokan. 

Jalan Kerinci-Bangko Lumpuh

Situasi bentrok yang terjadi di depan Kantor Camat dan Kantor Pos Desa Tamiai Kecamatan Batang Merangin, Senin (20/3/2017) kemarin sempat membuat ruas jalan Kerinci-Bangko lumpuh. Namun Selasa (21/3/2017) jalur lintas Kerinci-Bangko sudah normal.

Lumpuhnya jalan Kerinci menuju Bangko ini disebabkan warga yang bentrok masih berada di pinggiran jalan dan motor yang dibakar warga masih belum dibersihkan. “Kita tidak bisa lewat, puluhan motor terlihat terbakar di jalan,” sebut Ida salah seorang pengguna jalan.

Dikatakan, dia tidak tahu pasti akar dari permasalahan tersebut, namun yang jelas berdasarkan informasi dari warga kericuhan terjadi antara warga Dberiesa Muaro Pulao dengan Tamiai.

Sementara itu, Camat Batang Merangin, Supril Hadi mengatakan, kondisi masih dalam pengawasan dan pengamanan dari pihak Polres Kerinci dan Koramil Batang Merangin. (JP-03)


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos