Home » , , , , , , , » Gubernur Jambi Himbau Masyarakat Jaga Ketersediaan dan Kualitas Air

Gubernur Jambi Himbau Masyarakat Jaga Ketersediaan dan Kualitas Air

Written By jambipos-online on Wednesday, March 22, 2017 | 20:04



Gubernur Jambi H Zumi Zola menanam pohon saat Peringatan Hari Air Dunia ke XXV Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di Pintu Air Sungai Tembuku, Kasang, Kota Jambi, Rabu (22/3/2017) siang. IST


Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi,H. Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA menghimbau masyarakat Provinsi Jambi untuk turut serta menjaga ketersediaan dan kualitas air, mengingat pentingnya air untuk kehidupan sebagai kebutuhan primer. 

Himbauan tersebut disampaikan oleh Zola dalam Peringatan Hari Air Dunia ke XXV Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di Pintu Air Sungai Tembuku, Kasang, Kota Jambi, Rabu (22/3/2017) siang.

“Setiap tahun kita memperingati Hari Air Dunia, agar kita sadar dan peduli betapa pentingnya air untuk kehidupan,” ungkap Zola.

 “Peringatan Hari Air Dunia memiliki esensi yang ingin disampaikan, bahwa ketersediaan air sangat dibutuhkan, bukan hanya oleh kita tapi untuk anak cucu kita nantinya. Tantangan kedepan yang menjadi sorotan dan perhatian kita adalah bagaimana kita dapat mengelola sumber air dengan baik, terpadu dan berkelanjutan,” ujar Zola.

Lebih lanjut, Zola menyampaikan, masih banyaknya masyarakat yang belum terpenuhi ketersediaan air. “Untuk itu, kita harus membuat komitmen bersama dalam menjaga ketersediaan air tanah dan menjaga kualitas air baik dibagian hulu maupun bagian hilir sungai,” lanjut Zola.

“Saya menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan khususnya membuang sampah di sungai. Kebiasaan masyarakat membuang sampah di sungai memberikan dampak pencemaran air, selain itu kegiatan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI), perambahan hutan liar di hulu sungai dapat menghancurkan kelestarian sumber air,” tutur Zola.

Sebelumnya, Zola mensosialisasikan kepada masyarakat pinggiran sungai untuk tidak membuang sampah ke sungai dan menjaga kebersihan sungai. Dalam sosialisasi tersebut, Zola membagikan baju dan tempat sampah kepada masyarakat. 

Sosialisasi dilaksanakan di daerah Kasang Jambi, yang merupakan tempat Program Peningkatan Kualitas Kawasan Pemukiman (P2KKP) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Selain itu, Zola menanam pohon di dekat pintu air Sungai Tembuku.

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Ir.H.Khalawi Abdul Hamid,M.Sc,MM mengatakan, untuk menjaga air baik dari kualitas maupun dari kuantitas, ada beberapa langkah yaitu membangun bendungan untuk restorasi air baku, dmeningkatkan peran masyarakat dalam menjaga air, dan meningkatkan sarana dan prasarana air limbah dan meningkatkan kelembagaan untuk pengelolaan air yang lebih baik lagi.

“Pencemaran air lebih banyak berasal dari limbah rumah tangga. Peran masyarakat sangat penting dalam menjaga air ini, dengan mulai banyaknya komunitas pecinta sungai belakangan ini, sangat membantu dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah dan limbah ke sungai,” tutur Khalawi.

Sebelumnya, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VI, Ir.Andi Sudirman,MT menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam acara Hari Air Dunia meliputi: pembersihan sepanjang Sungai Tembuku, kampanye peduli air, lomba fotografi, dan penanaman pohon. (Humas)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos