Home » , , , » Walikota Jambi H Syarif Fasha Apresiasi Momentum Cap Go Meh di Jambi

Walikota Jambi H Syarif Fasha Apresiasi Momentum Cap Go Meh di Jambi

Written By jambipos-online on Monday, February 13, 2017 | 08:09





Jambipos Online, Jambi-Walikota Jambi H Syarif Fasha mengapresiasi momentum perayaan cap Go Meh di Kota Jambi yang berjalan dengan damai. Selain dihadiri masyarakat etnis Tionghoa, perayaan Cap Gho Meh juga dihadiri masyarakat dari berbagai kalangan dan etnis lainnya yang antusias menyaksikan jalannya perayaan Cap Gho Me.

Ribuan warga dari etnis Tionghoa Jambi memadati Klenteng Hok Kheng Thong guna menyaksikan perayaan Cap Go Meh 2017 yang diadakan oleh umat Kong Hucu Kota Jambi Sabtu (11/2/2017) malam. Pada perayaan tersebut turut dihadiri oleh Wali Kota Jambi H.Syarif Fasha.

Sejumlah atraksi dan ritual keagamaan pun digelar dalam perayaan Cap Go Meh, mulai atraksi dua tatung (orang yang kerasukan arwah leluhur) dan ritual pandu dewa atau memandu patung dewa dalam ajaran umat Kong.

Pandu dewa sendiri ada beberapa patung dewa yang diarak berkeliling dari satu kelenteng ke Kelenteng lainnya oleh orang yang mempunyai kekuatan supranatural di kawasan pecinan tersebut.

Selain ritual keagamaan, juga digelar berbagai pentas hiburan seperti barongsai dan pesta kembang api yang dinyalakan secara serentak oleh warga setempat.

Walikota Jambi H Syarif Fasha mengungkapkan bahwa sudah ke 5 kalinya hadir pada perayaan Cap Go Meh di Klenteng Hok Kheng Tong. Hal ini dikarenakan sebagai bentuk silaturahmi dan saling menghargai antar umat beragama. Fasha menghimbau kepada masyarakat Kota Jambi untuk selalu menjalin silarurahmi dengan baik,serta saling menghargai dalam melaksanakan ibadah ataupun perayaan hari besar.

“Untuk warga Kota Jambi, ini lah yang namanya kerukunan antar suku, etnis dan umat beragama. Bahwa kita harus saling menghargai dan menghormati. Disini kita membaur menjadi satu dan yang harus kita ingat, inilah Bhineka Tunggal Ika perbedaan itu boleh, perbedaan itu adalah rahmat, jangan sampai perbedaan itu menjadi perpecahan diantara kita,” katanya.

Fasha juga menyampaikankan pentingnya menumbuhkan toleransi antar umat beragama di tengah kehidupan sosial. “Antar umat Beragama, khususnya masyarakat Kota Jambi, kita harus saling menghormati dan menghargai, jaga kerukunan baik dengan tetangga kita, maupun etnis lain, terlebih lagi saat mereka merayakan hari besar agamanya,” ujarnya.

Selaku Pemerintah Kota Jambi, Fasha juga tidak lupa mengucapkan selamat Hari Raya Imlek kepada warga etnis Tionghoa. “Saya atas nama Pemerintahan Kota Jambi mengucapkan selamat hari Raya Imlek. Semoga ditahun 2568 imlek ini, banyak hal baik yang akan kita terima. Saya juga bangga pada perayaan Cap Gho Meh di lapangan Kantor Walikota Jambi yang menyuguhkan keaneka ragaman seni budaya lokal dan Tionghoa,” katanya. (Aenk Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos