Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Al Haris Gagal Himbau Warganya Sebanyak 35 Ribu Untuk Rekam Data eKTP




Jambipos Online, Merangin-Bupati Merangin Al Haris dinilai gagal menghimbau sebanyak 35 ribu warganya yang belum rekam data E-KTP hingga 26 Januari 2017. Pemerintah yang tak maksimal sosialisasi dan malas jemput bola. Atau kah masyarakat yang terlalu cuek.

Namun yang pasti, hingga saat ini masih sangat bangak warga Merangin belum rekam data eKTP. Bahkan angkanya mencapai 35 ribu orang yang seharusnya sudah wajib KTP.

Mengenai hal ini diakui Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Merangin, Jailani. “Belum rekam data eKTP sekitar 35 ribu orang,” ujarnya.

Ia mengatakan jumlah wajib KTP sebenarnya 231 ribu jiwa. Namun sejauh ini baru sekitar 195 ribu yang sudah lakukan rekam data. Sehingga ia akui masih sangat besar PR pemkab mengenai persoalan ini.
Menurut Jailani, kesadaran masyarakat masih rendah. Banyak yang mengurus KTP hanya karena ada keperluan mendesak saja. Dimana untuk urusannya itu harus ada KTP sehingga terpaksa diurus.

“Ada perlu mendesak urus KTP. Banyak yang seperti itu. Bukan karena kesadaran sendiri,” ujar Jailani lagi. Masalah lainnya adalah tidak adanya blangko untuk mencetak eKTP. Dimana blangko sudah kosong sejak empat bulan lalu. Sehingga ada 17 ribu orang yang sudah merekam data tapi tidak bisa dicetak eKTP-nya.

“Saya salah satunya. Rekam data sudah lama. Hanya dikasih surat keterangan saja. Dak bisa dapatkan KTP fisiknya. Katanya dak ada blangko,” ujar Des, warga Pamenang. (Yah)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar