Home » , , » Sukses Pelaksanaan Festival Lagu Batak yang Digagas IPK Provinsi Jambi

Sukses Pelaksanaan Festival Lagu Batak yang Digagas IPK Provinsi Jambi

Written By jambipos-online on Monday, November 21, 2016 | 19:32



Peserta Lomba Solo Lagu Batak Se Jambi 16-17 Nop 2016-Foto Iman Kurnia.


Jambipos Online, Jambi-Pelaksanaan Festival Lagu Batak (Solo dan Trio) di Kota Jambi yang digagas Pengurus Ikatan Pemuda Karya (IPK) Provinsi Jambi tahun ini berjalan sukses. Pelaksanaan Audisi dan Final dilaksanakan di Gedung BKOW Dharma Wanita Jambi, 16, 17 Nopember 2016. Antusias peserta tampak pada Festival tersebut.

IPK Provinsi Jmabi membuat gebrakan seni budaya Batak yakni dengan menyelenggarakan Festival Lagu Batak (Solo dan Trio) di Kota Jambi. Pendaftaran dibuka mulai sejak 15 September 2016 hingga 28 Oktober 2016. 

Audisi peserta dilakukan di Gedung BKOW Dharma Wanita Jambi sejak pendaftaran berlangsung. Sementara Grand Final juga dilaksanakan di Gedung BKOW Dharma Wanita Jambi tidak seperti direncanakan sebelumnya di Ratu Convention Centre (RCC) Kota Jambi.

Ketua IPK Provinsi Jambi, Donny Pasaribu SP kepada Jambipos Online, mengatakan, kegiatan seni budaya Batak ini merupakan bagian dari tujuan organisasi IPK yang lahirnya di Sumatera Utara. “Kita IPK di Jambi juga ikut bertanggungjawab soal pelestarian seni budaya Batak dan juga seni budaya Nusantara lainnya,” katanya.


Fasya Apresiasi

Sementara berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Jambi dalam memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya aneka ragam budaya di Kota Jambi. Termasuk dalam hal ini seni budaya Batak. 

Hal tersebut tampak saat Walikota Jambi H. Syarif Fasha, menutup secara resmi lomba lagu Batak se-Provinsi Jambi yang diselenggarakan oleh Ikatan Pemuda Karya (IPK) Provinsi Jambi, Kamis (17/11/2016).

Dalam sambutannya, Walikota Syarif Fasha mengapresiasi panitia yang telah melaksanakan festival lagu tersebut dengan baik. Ia juga memuji kekompakan peserta dan penyelenggara yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Karya (IPK).

“Saya menyambut baik event seperti ini, karena memang Kota Jambi ini kaya dengan seni dan budaya, termasuk seni budaya Batak. Keanekaragaman seni budaya adalah aset Kota Jambi. Ia juga berharap semua elemen masyarakat dapat menguatkan perannya dalam mendukung program pemerintah Kota Jambi,” ujarnya.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada peserta dan penyelenggara yang telah mampu melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan menarik, hal itu paling tidak terlihat dari besarnya animo masyaralat yang mengikuti festival ini," tambah Fasha.

Dalam acara itu Walikota Fasha juga sempat didaulat untuk membawakan salah satu lagu Batak. Dengan percaya diri Fasha pun tampil bersemangat dengan menyanyikan sekaligus 2 lagu Batak yaitu dengan judul Anak Medan dan Situmorang.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pemuda Karya (IPK) Provinsi Jambi Donny Pasaribu, mengucapkan terima kasihnya atas partisipasi Walikota Jambi dalam mendukung kegiatan itu. 

Donny juga berharap kegiatan tersebut selain dapat menjadi ajang pencarian bakat dan pelestarian seni budaya Batak sebagai bagian dari budaya nusantara, juga sebagai wujud kontribusi positif IPK dalam turut membangun Kota Jambi. Malam grand final lomba lagu Batak se-Provinsi Jambi yang diikuti ratusan peserta dengan total hadiah jutaan itu berlangsung meriah.  
 

Disebutkan, hadiah untuk Vocal Solo Juara Harapan II Rp 500.000, Juara Harapan I Rp 1.000.000, Juara III Rp 2.000.000, Juata II Rp 3.000.000, Juara I Rp 4.000.000. Sedangkan hadiah untuk Vokal Trio Juara Juara Harapan II Rp 750.000, Juara Harapan I Rp 1.500.000, Juara III Rp 3.000.000, Juata II Rp 4.000.000, Juara I Rp 5.000.000. 

Seperti diberitakan Jambipos Online sebelumnya, biaya pendaftaran peserta vocal solo dikenakan biaya Rp 100.000 dan biaya pendaftaran untuk peserta Vocal Trio Rp 200.000. Pendaftaran  dilakukan lewat Email: donny_pasaribu@yahoo.com, Pin BB 5A1CB2DC, WA-0896-1851-0053 (Icha). Pembayaran pendaftaran ke Rekening BCA 119.13083.07 An Donny Pasaribu. Peserta mengirimkan Nama, Scan KTP, Alamat, Foto Full Body, Judul Lagu Wajib dan Pilihan. 

Disebutkan, lagu wajib pilihan untuk vocal solo yakni 1. Marrokkap Dung Matua (Edy Silitonga), 2.Pikkiri (Emelia Contessa), 3. Anak Naburju (Broery), 4. Gabe Mabiar (Faber Manalu). Sementara lagu pilihan yakni 1.Aut Ni Nadao, 2.Songon Bulan, 3.Jujung Goar Hi Amang, 4.Di Topi Tao Toba, 5. Inang, 6. Lupa Do Ho. Tambahan Lagu Untuk Grand Final “O Tano Batak”. Untuk musik Vocal Solo menggunakan keybord yang disediakan Panitia.

Sedangkan Lagu Wajib Vocal Trio yakni 1.Didia Rokkpi I (Judika), 2. Dang Boi Bulan Makkatai (Amsisi Trio), 3. Tangis Do Au (Amsisi Trio), 4.Dos Do Nakkokna (Trio Ambisi), 5. Holong (Ir PB Panjaitan MM Fiet Trio Ambisi, Rita Butarbutar, Victor Hutabarat).
Sementara Lagu Pilihan Bebas  Vocal Trio yakni 1. Dongani Ma Au (Nainggolan Sister), 2.Hapogoson Ni Damang Dainang (Trio Idola Feat Rita Butarbutar), 3. Supir Panjang (Amsisi Trio), 4. Poda (Trio Ambisa), 5. Di Rohami Dang Dirohaki (Simenstar Trio). Tambahan untuk Grand Final Aut Boi Ma Nian (Amigos). Untuk musik peserta Vocal Trio disediakan sendiri oleh peserta alat musik akustik atau Non Elektrik.

Menurut Donny Pasaribu, Juri pada Festival ini adalah beberapa Artis Batak Nasional dan seorang Produser Rekaman di Jakarta. Untuk info selengkapnya lihat pada Benner Promo. (Asenk Lee Saragih)

Peserta Lomba Solo Lagu Batak Se Jambi 16-17 Nop 2016-Foto Iman Kurnia.








Peserta Lomba Solo Lagu Batak Se Jambi 16-17 Nop 2016-Foto Iman Kurnia.

Dewan Juri

Ketua IPK Provinsi Jambi, Donny Pasaribu SP (kanan).




Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos