Home » , , , » Salut! Juru Parkir ini Kembalikan Uang Rp 10 Juta yang Ditemukan di Jalan

Salut! Juru Parkir ini Kembalikan Uang Rp 10 Juta yang Ditemukan di Jalan

Written By jambipos-online on Wednesday, November 30, 2016 | 12:05

Cerita Atang Sukarman (54).
Jambipos Online, Sukabumi - Di antara orang serakah dan hidup bermewah-mewah, terselip orang sederhana dan jujur. Cerita Atang Sukarman (54) ini jadi buktinya. Juru parkir warga Kampung Ciangsana, Cikembang, Sukabumi, Jawa Barat, ini mengembalikan uang Rp 10 juta yang ditemukannya. Salut!

Senin (28/11) kemarin, Atang bekerja seperti biasa di kompleks ruko Jl Raya Sukabumi-Palabuhanratu, Cikembang. Dia mengatur mobil dan motor yang hendak parkir. Nah di sela itu, dia menemukan sebuah bungkusan 'paper bag' berisi uang sebesar Rp 10 juta.

"Saya habis markirin mobil, pas mau balik ke ruko saya penasaran dengan kantong besar berwarna coklat tergeletak di pinggir jalan. Sekitar 15 menit posisinya tidak berubah. Saya tendangin pakai kaki isinya terasa berat, lalu saya ambil. Pas di parkiran ruko lalu saya buka ternyata isinya uang," tutur pria yang akrab dengan panggilan Mang Atang kepada detikcom, Selasa (29/11/2016).

Di dalam bungkusan, Mang Atang menemukan sebuah slip setoran bertuliskan nama, nomer telepon, jumlah uang, dan alamat yang diduga sebagai pemilik uang. Kabar penemuan kantong berisi uang didengar sejumlah teman Mang Atang.

"Maklum namanya dekat terminal ada teman-teman sopir, tukang ojek, mereka ngisengin agar saya bagikan uang itu. Mereka tahu saya nemu bungkusan uang di pinggir jalan," katanya. Mang Atang bergeming.
Atang menyebut dirinya pernah kehilangan sejumlah dokumen penting. Dia resah dan kalut. "Di situ saya berpikir, kehilangan berkas saja bisa sampai terasa perih. Apalagi ini berisi uang," imbuh dia.

Dengan berjalan kaki, Mang Atang berangkat menuju bank yang lokasinya memang tidak terlalu jauh dari tempatnya bekerja.

"Saya nanya ke satpam bank, kemudian dianterin ke bagian teller. Saat itu ada orang bank yang nanya kenapa uangnya tidak diambil, saya jawab aja kalau ini bukan uang saya," tuturnya.

Pemiliknya datang tak lama setelah Mang Atang mengantarkan uang itu. Dia diketahui bernama Deni.

Satpam bank, Edi Rahmat, membenarkan Mang Atang mengembalikan uang milik nasabah. Dia sempat melihat seorang nasabah mondar-mandir di halaman parkir. Ternyata dia kehilangan uang. Saat uangnya dikembalikan oleh Mang Atang, dia sangat senang.
Lokasi penemuan uang Rp 10 juta
Syahdan Alamsyah/detikcom
Lokasi penemuan uang Rp 10 juta

Satpam Bank: Saat Mang Atang Kembalikan Uang Rp 10 Juta, Nasabah Bengong

Satpam Bank: Saat Mang Atang Kembalikan Uang Rp 10 Juta, Nasabah Bengong

Atang Sukarman dan Keluarga

Bagi Atang Sukarman (54) atau akrab disapa Mang Atang, mengembalikan uang yang ditemukan di jalan bukan hal istimewa. Tapi bagi orang lain, aksi itu sungguh luar biasa. Apalagi jumlahnya uangnya tak main-main: Rp 10 juta!

Mang Atang adalah juru parkir di kompleks ruko Jl Raya Sukabumi-Palabuhanratu, Cikembang. Saat bekerja, Jumat (25/11), dia melihat paper bag berwarna cokelat di pinggir jalan. Posisi paper bag itu tak berubah selama 15 menit. Juga tak ada yang menyentuh.

Karena penasaran, Mang Atang mengambil paper bag itu. Ternyata isinya uang Rp 10 juta, slip setoran ke bank bertuliskan nama, alamat, dan lain-lain. Meski digoda beberapa teman, Mang Atang bergeming. Dia membawa temuannya ke bank yang tak jauh dari tempatnya bekerja.

Oleh satpam, Mang Atang diantar ke bagian teller. Nah tak lama setelah itu, seseorang bernama Deni datang. Data identitas dicocokkan, ternyata klop.

Satpam bank, Edi Rahmat, membenarkan Mang Atang mengembalikan uang milik nasabah. Sebelumnya, dia sempat melihat seorang nasabah mondar-mandir di halaman parkir. Ternyata dia kehilangan uang. Saat uangnya dikembalikan oleh Mang Atang, dia sangat senang.

"Saya sempat melihat pemiliknya mondar-mandir di halaman parkir bank dengan wajah kebingungan. Sempet saya tanya dia mengaku kehilangan uang. Lalu dia saya bawa masuk ke dalam dan saya pertemukan dengan Mang Atang," tutur Edi.

Edi salut dengan kejujuran Mang Atang. Menurut dia, jarang sekali orang-orang seperti pria yang sehari-harinya bekerja sebagai juru parkir itu.

"Pas mengembalikan uang itu banyak nasabah yang bengong. Mungkin orang seperti dia bisa dihitung pakai jari," imbuh dia.

Mang Atang hidup sederhana di rumah kontrakan bersama keluarganya. Istrinya membuka warung kelontong untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Meski hidup serba terbatas, Mang Atang tak gampang tergoda.

Mang Atang Diberi Hadiah Rp 100 Ribu

Atang Sukarman (54) atau akrab disapa Mang Atang tak pernah mengira bakal berurusan dengan uang dalam jumlah besar. Juru parkir ini menemukan uang Rp 10 juta. Kemudian dia mengembalikannya ke pemilik dan menolak diberi hadiah.

"Beberapa kali saya menolak, dia memaksa dan memasukkan selembar uang ke saku celana saya," kata Mang Atang di rumahnya, Kampung Ciangsana, Cikembang, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (29/11/2016). Selembar uang yang dimaksud adalah uang Rp 100 ribu.

Mang Atang merupakan juru parkir di kompleks ruko Jl Raya Sukabumi-Palabuhanratu, Cikembang. Senin (28/11), dia kaget saat melihat paper bag berwarna cokelat di pinggir jalan. Selama 15 menit, posisi paper bag itu tak berubah. Tak ada yang menyentuh.

"Saya tendangin pakai kaki isinya terasa berat, lalu saya ambil. Pas di parkiran ruko lalu saya buka ternyata isinya uang," tutur Mang Atang.

Di dalam bungkusan, ada slip setoran bertuliskan nama, nomor telepon, jumlah uang, dan alamat yang diduga sebagai pemilik uang. Dengan berjalan kaki, Mang Atang berangkat menuju bank yang lokasinya memang tidak terlalu jauh dari tempatnya bekerja.

"Saya nanya ke satpam bank, kemudian dianterin ke bagian teller," tuturnya.

Pemilik yang bernama Deni datang tak lama setelah Mang Atang mengantarkan uang itu. "Dia berterima kasih karena uangnya ketemu," tandas Mang Atang.

Mang Atang sangat paham arti kehilangan karena pernah kehilangan dokumen penting. Rasanya kalut, resah, dan jadi pikiran. Maka itu, pria yang sehari-hari tinggal bersama keluarga di kontrakan tersebut mengembalikan uang yang ditemukannya. Padahal kalau ia mau, uang itu bisa jadi miiknya. 
(Sumber: Detik.com)


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos