Home » , , , , , » Gubernur Jambi H Zumi Zola Hadiri Pesta Pagelaran Seni Budaya Simalungun di Jambi

Gubernur Jambi H Zumi Zola Hadiri Pesta Pagelaran Seni Budaya Simalungun di Jambi

Written By jambipos-online on Monday, October 10, 2016 | 8:02 AM



Tarian Simalungun "Sitalasari" Oleh PGKPS Jambi Saat Penyambutan Gubernur Jambi H Zumi Zola, Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani, Kajati Jambi Erbindo Saragih SH MH Pada Pesta Pagelaran Seni Budaya Simalungun di Jambi di GOS Kotabaru Jambi, Minggu (9/10/2016) malam. Foto Asenk Lee Saragih.


Gubernur Jambi H Zumi Zola, Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani, Kajati Jambi Erbindo Saragih SH MH Bersama Pengurus DPC PMS Jambi Ikut Manortor Pada Pesta Pagelaran Seni Budaya Simalungun di Jambi di GOS Kotabaru Jambi, Minggu (9/10/2016) malam. Foto Asenk Lee Saragih.
 Zola: Semangat Keberagaman Harus Terus Dijaga

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA mengapresiasi Pesta Pagelaran Budaya Seni Simalungun dan Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partuha Maujana Simalungun (PMS) Provinsi Jambi Tahun 2016, bertempat di Gelanggang Olah Seni (GOS) Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (9/10) malam. (Foto Serbi Zumi Zola Hadiri Pagelaran Seni Budaya Simalungun di GOS)

Gubernur Jambi H Zumi Zola dan Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani juga diberikan Seperangkat Pakaian Adat Simalungun (Gotong, Hiou Simalungun) yang disematkan oleh Tokoh Simalungun di Jambi (Panasehat DPC PMS Jambi) St RK Purba beserta Istri P Br Sitepu didampingi Ketua DPP PMS St Marsiaman Saragih SH.

Zola juga menyatakan bahwa semangat keberagaman harus terus dijaga dalam membangun Provinsi Jambi. Sejarah Simalungun di Jambi juga tak lepas dari kiprah Seniman Simalungun (Alm) Taralamsyah Saragih yang ikut mengembangkan Seni Budaya Melayu Jambi. Salah satu warisan karya Taralamsyah Saragih adalah Tari Sekapur Sirih.

Hal itu dikakatakn Zumi Zola dalam Pesta Pagelaran Budaya Seni Simalungun dan Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partuha Maujana Simalungun (PMS) Provinsi Jambi Tahun 2016, bertempat di Gelanggang Olah Seni (GOS) Kota Baru, Kota Jambi, Minggu (9/10) malam.

Kata Zola mengungkapkan, dalam membangun Provinsi Jambi, dia butuh dukungan dari semua kalangan dan lapisan masyarakat Provinsi Jambi. “Dalam melakukan pembangunan ini tidak bisa sendiri, saya butuh dukungan dari semua kalangan dan seluruh etnis yang ada di Provinsi Jambi," ujar Zola.

"Saya berharap, semangat keberagaman terus bisa terjaga dan menjadi contoh karena Tuhan menciptakan perbedaan adalah untuk bersatu, bukan untuk terpecah. Kehadiran masyarakat Simalungun di Provinsi Jambi juga sebagai salah satu komponen dalam membantu pembangunan Provinsi Jambi dalam bingkai “Jambi Tuntas,” kata Zola.

Katanya, ikatan-ikatan atau himpunan suku di Provinsi Jambi ibarat warna-warna yang berpadu menghasilkan kombinasi warna yang sangat indah bak pelangi. Zola juga berharap, Partuha Maujana Simalungun Provinsi Jambi bisa menjadi simpul strategis dalam pencapaian Visi dan Misi Pembangunan Provinsi Jambi. 

“Ini (pelantikan PMS Provinsi Jambi) merupakan satu langkah. Kita menunggu langkah-langkah besar lainnya dari warga Simalungun dalam membangun Provinsi Jambi. Saya pikir Provinsi Jambi dibangun dari semua kontribusi suku-suku yang ada di Provinsi Jambi, sampai detik ini, dan semua suku-suku itu terikat dalam suatu ikatan yang begitu kuat karena suatu tujuan, ingin maju. Berarti semua unsur ada di situ, termasuk unsur budaya. Ini ada kekayaan yang kita miliki," kata Zola.

Menurut Zumi Zola, dirinya sebagai gubernur dan sebagai orang Jambi untuk dapat mendorong masyarat Batak Simalungun pada khususnya, untuk menyampaikan bahwa nilai-nilai adat, nilai-nilai kebudayaan dari generasi ke generasi haruslah terjaga. Walaupun sekarang sudah zaman teknologi maju, globalisasi, tetapi jangan sampai jati diri kita, warna asli kita itu sampai luntur.

“Hari ini, Ketua DPD PMS dan pengurus dilantik, saya berharap salah satu programnya adalah bagaimana menjaga, melestarikan kebudayaan Batak Simalungun. Tentu berbeda dengan Batak lainnya. Tidak apa-apa, perbedaan-perbedaan ini sangat baik. Kami dari Pemerintah Provinsi Jambi akan menyambut apa programnya yang bisa kami bantu. Kami kembalikan dulu kepada ketua dan pengurus apa programnya. Pada intinya adalah melestarikan kebudayaan. Jadi, bukan hanya dicintai oleh masyarakat Batak, tetapi oleh seluruh masyarakat Provinsi Jambi," jelas Zola.

Dikatakan Zola, ayahnya H.Zulkifli Nurdin, mantan Gubernur Jambi dua periode, juga mempunyai kedekatan dengan suku-suku di Provinsi Jambi, termasuk dengan Suku Batak diantaranya Batak Simalungun. 

“Saya menyampaikan salam hormat dari ayahanda, H.Zulkifli Nurdin kepada seluruh warga Batak Simalungun Provinsi Jambi. Saya juga berkeinginan untuk melanjutkan silaturahim yang telah dirajut oleh ayahanda, H.Zulkifli Nurdin," tambah Zola.

Menanggapi diberikannya cinderamata Seperangkat Pakaian Adat Simalungun kepada dirinya, Zumi Zola mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi hal tersebut. 

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi saya. Secara pribadi, saya punya rasa tanggung jawab bagaimana untuk memperhatikan Batak Simalungun di Provinsi Jambi dan saya juga bagian dari masyarakat Simalungun di Jambi,” kata Zola.

Pada kesempatan tersebut, Zola diberikan kehormatan untuk manortor (menari) bersama dengan para tokoh masyarakat Batak Simalungun Provinsi Jambi, yang kemudian disalami oleh warga Simalungun Provinsi Jambi.

Kapolda Jambi, Brigjen Pol Yazid Fanani dan Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, Erbindo Saragih SH MH yang hadir dalam acara tersebut juga ikut manortor (menari) bersama dengan lagu-lagu Simalungun yang didendangkan oleh Artis Simalungun Intan Saragih dan Sabar Tondang dari Nisha Group Pematangsiantar, serta Trio JKR Musik Jambi.

Sebelumnya, Ketua Dewan Presedium Pusat (DPP) Partuha Maujana Simalungun, St Marsiaman Saragih SH menjelaskan, Partuha artinya Pemangku Adat, Maujana artinya Cendikiawan, jadi Partuha Maujana Simalungun berarti Pemangku Adat Cendikiawan Simalungun. (Susunan Pengurus DPD PMS Jambi)

“Partuha Maujana Simalungun didirikan pada tahun 1961 oleh Tokoh Masyarakat Batak Simalungun lintas agama, termasuk aliran kepercayaan. Jadi, Partuha Maujana Simalungun lintas marga dan agama yang dianut Batak Simalungun. Saya berharap agar Partuha Maujana Simalungun Provinsi Jambi bisa bersinergi dengan para pemangku adat di Provinsi Jambi. Supaya warga Simalungun menjadi pendukung kebijakan-kebijakan pemerintah,” ujar Marsiaman Saragih yang juga menjabat Anggota Komisi III DPR RI ini.

Ketua DPD Partuha Maujana Simalungun Jambi yang baru dilantik, St Awal JD Damanik SE MM berharap agar warga Simalungun di Provinsi Jambi yang terdiri dari sekitar 1.600 KK bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan Provinsi Jambi.

Selanjutnya, Awal Juni Damanik didampingi penatua Partuha Maujana Simalungun Jambi memberikan cindera mata kepada Gubernur Jambi, Seperangkat Pakaian Adat Simalungun berupa “Gotong” Penutup Kepala (Semacam Mahkota), Hiou Simalungun yang dililitkan pada badan gubernur, dan kain adat Simalungun yang disandangkan kepada Gubernur Jambi H Zumi Zola. Seperangkat Pakaian Adat Simalungun “Bulang dan Hiou” juga diberikan kepada Istri Gubernur Jambi Sheerin T secara simbolis.

Harapan dari diberikannya Seperangkat Pakaian Adat Simalungun itu, agar Gubernur Jambi diberikan kesehatan, kekuatan, dan kebijaksanaan dalam memimpin Provinsi Jambi. Pemberian Seperangkat Pakaian Adat Simalungun itu juga sebagai Simbol kehoratan. Pemberian Seperangkat Pakaian Adat Simalungun juga diberikan kepada Brigjen Pol. Yazid Fanani.

Kerinduan Simalungun
Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Sumarsen Purba mengapresiasi kehadiran Gubernur Jambi, Kapolda Jambi,   Kajati Jambi, dan unsur Forkopimda Provinsi Jambi lainnya dalam acara tersebut.

Menurutnya, sejak dilantiknya Pengurus DPP PMS Periode 2016-2021 dalam Harungguan Bolon di Medan Rabu, 13 Juli 2016 lalu, Ketua Umum DPP PMS Bapak Marsiaman Saragih (Anggota Komisi III DPR RI) memiliki kerinduan untuk membentuk PDC PMS di Seluruh Kota atau Provinsi di Indonesia.

Guna mewujudkan kerinduan itu, masyarakat Batak Simalungun dari berbagai marga yang ada di Jambi berembuk bersama dan melakukan rapat yang juga difasilitasi Kajati Jambi Erbindo Saragih SH MH.

“Organisasi PMS merupakan organisasi sosial masyarakat Batak Simalungun dalam mempererat tali silaturahmi masyarakat Batak Simalungun di Jambi. Kerukunan masyarakat Batak Simalungun di Jambi tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi dan agama, kini terus berbuat dalam mendukung program Pemerintah Provinsi Jambi menjunu “Jambi Tuntas 2021” ujar Sumarsen Purba.

Keberadaan masyarakat Batak Simalungun tersebar di Sembilan kabupaten dua kota se Provinsi Jambi, mulai dari Kerinci hingga ke Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Barat. Ragam profesi digeluti masyarakat Batak Simalungun di Jambi, seperti bidang perdagangan, usaha, pedagang kakilima, pedagang Pasar, perkebunan, pertanian, PNS, Polisi, TNI, Guru, Dosen dan juga ada pejabat SKPD Tingkat Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi.

Disebutkan, keberadaan organisasi PMS ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Batak Simalungun di Jambi  khususnya dalam mewujudkan hidup rukun berdampingan sesama etnis Batak lainnya, begitu juga dengan etnis lainnya dalam mengisi pembangunan Provinsi Jambi.

Melalui Pembentukan DPC PMS Jambi ini, masyarakat Jambi asal Batak Simalungun diharapkan juga mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan di Provinsi Jambi. Kontribusi itu dapat melalui profesi masing-masing atau buah pikiran dalam mewujudkan visi dan misi Provinsi Jambi, “Jambi Tuntas 2021”.

“Seperti kata bijak mengatakan, “Sesungguhnya Tuhanmu adalah Tuhan ku juga, Tuhanku adalah Tuhanmu Juga. Maka mari sembah dan puji Dia. Perbedaan agama tidak menjadi penghalang dalam mewujudkan kerukunan serta tali silaturahmi masyarakat Batak Simalungun di Jambi,” ujarnya.

Disebutkan, dalam Pembentukan DPC PMS Jambi ini, Panitia Juga melakukan Pesta Hiburan Budaya Simalungun yang mendatangkan Artis Simalungun dari Siantar Intan Saragih dan Sabar Tondang. Juga ada Trio JKR Musik dari Jambi.

Panitia menyebarkan Undangan sedikitnya 500 lemban kepada Seluruh Kumpulan Marga Asal Simalungun. Panitia bekerjasama dalam mempersiapkan kegiatan Budaya dan Adat Simalungun ini dan juga mengucapkan Diatetupa kepada masyarakat Simalungun dan Simpatisan yang ada di Jambi yang saling bahu-membahu guna mewujudkan DPC PMS Jambi.

Dalam Persiapan kegiatan hari ini, Rapat Panitia Lengkap juga dilakukan beberapa kali, seperti dilaksanakan di Aula Kejati Jambi. Rapat panitia lengkap juga sudah menyusun Formatur Kepengurusan DPC PMS Jambi. Mulai dari Ketua Umum hingga perangkat pengurus lainnya. 

Sebagai Visi PMS "Menjadikan PMS Sebagai Lembaga Perjuangan, Pemersatu dan Promotor Kebangkitan Masyarakat Simalungun". Dan Misi PMS mempersatukan masyarakat Simalungun disetiap DPC PMS. PMS juga harus berdiri disetiap Provinsi di Seluruh Indonesia. PMS juga membangun jaringan kerjasama dengan lembaga lain untuk peningkatan program PMS secara keseluruhan. SEMOGA VISI DAN MISI PMS TERSEBUT DAPAT TERWUJUD DEMI KEBAIKAN BERSAMA. 

PMS juga sebagai salah satu representasi wadah masyarakat Batak Simalungun di Jambi, sebagai bagian tak terpisahkan dari warga masyarakat Jambi yang harus mampu bereksintensi dan seraya membangun masyarakat sipil yang egaliter (civil & egalitarian sociaty) yang berunsur saling menghargai, menghormati dan saling mangkaholongi (mengasihi).

“Boras sabur-saburan, iboban ni pinggan pasu. Horas hita ganupan, sai jumpahan pasu-pasu. Ikan patin ikan seluang...Digulai dengan asam jawo..Ikutkan hati dirantau urang...Tanah kelahiran jangan lupo Pulo....,” ujar Sumarsen Purba. (Asenk Lee Saragih)
Foto Bersama Gubernur Jambi H Zumi Zola mengenakan pakaian Adat Simalungun (Gotong, Hiou Simalungun). Foto Asenk Lee Saragih.
 
Penampilan Sabar Tondang dan Intan Saragih.

Penampilan Trio JKR Musik (Goxen Purba CS)

Penampilan Trio JKR Musik (Goxen Purba CS)

Penyambutan Gubernur Jambi H Zumi Zola, Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani, Kajati Jambi Erbindo Saragih SH MH Pada Pesta Pagelaran Seni Budaya Simalungun di Jambi di GOS Kotabaru Jambi, Minggu (9/10/2016) malam. Foto Asenk Lee Saragih.

Penyambutan Gubernur Jambi H Zumi Zola, Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani, Kajati Jambi Erbindo Saragih SH MH Pada Pesta Pagelaran Seni Budaya Simalungun di Jambi di GOS Kotabaru Jambi, Minggu (9/10/2016) malam. Foto Asenk Lee Saragih.

Aslan Saragih (Dirit PTPN 6 Jambi), St Marsiaman Saragih, St RK Purba.
 
MC Hengky Damanik. Sabar Tondang dan Intan Saragih.
St Marsiaman Saragih, Gubernur Jambi H Zumi Zola, Kajati Jambi Erbindo Saragih SH MH Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani, Pada Pesta Pagelaran Seni Budaya Simalungun di Jambi di GOS Kotabaru Jambi, Minggu (9/10/2016) malam. Foto Asenk Lee Saragih.

Ketua Panitia Pelaksana Sumarsen Purba

Ketua DPP PMS St Marsiaman Saragih (Anggota Komisi III DPR RI)

Masyarakat Simalungun Hadir Pada Pesta Pagelaran Seni Budaya Simalungun di Jambi di GOS Kotabaru Jambi, Minggu (9/10/2016) malam. Foto Asenk Lee Saragih.

Ketua DPP PMS St Marsiaman Saragih (Anggota Komisi III DPR RI)

Masyarakat Simalungun Hadir Pada Pesta Pagelaran Seni Budaya Simalungun di Jambi di GOS Kotabaru Jambi, Minggu (9/10/2016) malam. Foto Asenk Lee Saragih.

Masyarakat Simalungun Hadir Pada Pesta Pagelaran Seni Budaya Simalungun di Jambi di GOS Kotabaru Jambi, Minggu (9/10/2016) malam. Foto Asenk Lee Saragih.

Ketua DPP PMS St Marsiaman Saragih Melantik Pengurus DPC PMS Jambi Periode 2016-2021.

Ketua DPP PMS St Marsiaman Saragih Melantik Pengurus DPC PMS Jambi Periode 2016-2021.

Ketua DPP PMS St Marsiaman Saragih Melantik Pengurus DPC PMS Jambi Periode 2016-2021.

Ketua DPC PMS Jambi Periode 2016-2021 St Awal JD Damanik SE MM.

Gubernur Jambi H Zumi Zola diberikan Seperangkat Pakaian Adat Simalungun (Gotong, Hiou Simalungun) yang disematkan oleh Tokoh Simalungun di Jambi (Panasehat DPC PMS Jambi) St RK Purba beserta Istri P Br Sitepu didampingi Ketua DPP PMS St Marsiaman Saragih SH. Foto Asenk Lee Saragih
 
Gubernur Jambi H Zumi Zola Mengenakan Pakaian Adat Simalungun (Gotong, Hiou Simalungun).Foto Asenk Lee Saragih.

Sy Jamansen Saragih Sidauruk SE (Ketua Kumpulan Marga Sidauruk Jambi) Jas Kuning.

Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani juga diberikan Seperangkat Pakaian Adat Simalungun (Gotong, Hiou Simalungun) yang disematkan oleh Tokoh Simalungun di Jambi (Panasehat DPC PMS Jambi) St RK Purba beserta Istri P Br Sitepu didampingi Ketua DPP PMS St Marsiaman Saragih SH.

Gubernur Jambi H Zumi Zola Mengenakan Pakaian Adat Simalungun (Gotong, Hiou Simalungun) Bersama Intan Saragih (Artis Simalungun).Foto Asenk Lee Saragih.

Gubernur Jambi H Zumi Zola Mengenakan Pakaian Adat Simalungun (Gotong, Hiou Simalungun) Ikut Manortor Simalungun. Foto Asenk Lee Saragih.

Gubernur Jambi H Zumi Zola Mengenakan Pakaian Adat Simalungun (Gotong, Hiou Simalungun) Ikut Manortor Simalungun. Foto Asenk Lee Saragih.

Manortor Simalungun. Foto Asenk Lee Saragih.

Gubernur Jambi H Zumi Zola Mengenakan Pakaian Adat Simalungun (Gotong, Hiou Simalungun) Ikut Manortor Simalungun. Foto Asenk Lee Saragih.


Tarian Simalungun "Haroan Bolon" Oleh PGKPS Jambi SaatPesta Pagelaran Seni Budaya Simalungun di Jambi di GOS Kotabaru Jambi, Minggu (9/10/2016) malam. Pendeta GKPS Resort Bungo Pdt Mardison Simanjorang Juga Turut Mengapresiasi Penampilan Muda Mudi Simalungun Kelahiran Perantauan Yang bagus Membawakan Tarian Simalungun.  Foto Asenk Lee Saragih.

Tarian Simalungun "Haroan Bolon" Oleh PGKPS Jambi SaatPesta Pagelaran Seni Budaya Simalungun di Jambi di GOS Kotabaru Jambi, Minggu (9/10/2016) malam. Foto Asenk Lee Saragih.

Tarian Simalungun "Haroan Bolon" Oleh PGKPS Jambi SaatPesta Pagelaran Seni Budaya Simalungun di Jambi di GOS Kotabaru Jambi, Minggu (9/10/2016) malam. Foto Asenk Lee Saragih.

Tarian Simalungun "Haroan Bolon" Oleh PGKPS Jambi SaatPesta Pagelaran Seni Budaya Simalungun di Jambi di GOS Kotabaru Jambi, Minggu (9/10/2016) malam. Pendeta GKPS Resort Bungo Pdt Mardison Simanjorang Juga Turut Mengapresiasi Penampilan Muda Mudi Simalungun Kelahiran Perantauan Yang bagus Membawakan Tarian Simalungun.  Foto Asenk Lee Saragih.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos