Home » , , » Koalisi Besar, Usung Agustian Mahir-Masnah Burso

Koalisi Besar, Usung Agustian Mahir-Masnah Burso

Written By jambipos-online on Tuesday, September 20, 2016 | 2:58 PM


Cakada Muarojambi Agustian Mahir-Masnah Busro

Jambipos Online, Jambi-Koalisi besar Partai Poltik (Parpol) yakni Demokrat, PAN, PDIP diprediksi mengusung Calon Kepala Daerah (Cakada) Agustian Mahir-Masnah Busro. Koalisi besar ini untuk melawan kekuatan Pasangan Ivan Wirata-Dodi Sularso.

Namun  disatu sisi, banyak politisi menilai tiga Partai Politik (Parpol) PAN, PDIP dan Partai Demokrat “letoi” dalam menentukan calon kepala daeran (Cakada) di Pilkada Muarojambi 2017 mendatang. Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muarojambi, Rabu (21/9/2016) secara resmi akan membuka pendaftaran calon kepala daerah yang akan maju di Pilkada 2017 mendatang. 

Sebagai syarat, para bakal calon wajib diusung minimal 7 kursi di parlemen. Namun hingga saat ini, dari 10 partai politik (parpol) pemilik 35 kursi di DPRD Muarojambi, belum semuanya menentukan secara legal arah dukungannya. Masih ada 3 parpol tersisa dengan jumlah kursi PAN 3, Demokrat 8, dan PDIP 4.

Sedangkan 7 parpol lainnya sudah memantapkan dukungannya. Ketujuh parpol itu yakni Golkar 6 kursi, Gerindra 3 kursi, PKS 2 kursi, PPP 2 kursi dan NasDem 1 kursi resmi mengusung pasangan Ivan Wirata-Dodi Sularso. Sedangkan PKB 3 kursi mengusung Al Amin Nur Nasution, serta Hanura 1 kursi melabuhkan dukungannya ke pasangan Agustian Mahir-Suswiyanto.

Partai Demokrat selaku pemilik 8 kursi di DPRD Muarojambi hingga saat ini masih membahas arah dukungan di tingkat DPP. Khusus untuk Muarojambi, pembahasan sangat alot dan melibatkan dua kubu yang berseteru, yakni kubu Ketua DPD Demokrat Provinsi Jambi Hasan Basri Agus (HBA) yang menyodorkan nama Masnah Busro, dan kubu Ketua DPC Demokrat Muarojambi Burhanuddin Mahir yang menyodorkan nama adiknya Agustian Mahir.

Pengurus DPD Demokrat Jambi, Ritas Mairiyanto mengatakan, belum putus (arah dukungan,red) dan masih dibahas di DPP hingga Selasa (20/9/2016).

Kata Ritas, pembahasan masih alot dan belum menemukan kata sepakat. Karena kedua belah pihak sama-sama memperjuangkan kandidat yang akan diusung. "Mudah-mudahan hari ini putus, besok kandidat bisa mendaftar ke KPU. Dan semoga yang terbaik diputuskan untuk Muarojambi," tandasnya.
Disisi lain, PDIP juga tengah merampungkan dukungannya untuk Muarojambi. Sekretaris DPD PDIP Provinsi Jambi, Chumaidi Zaidi, mengatakan diperkirakan dukungan partainya akan rampung Selasa (20/9) sore.

“Mudah-mudahan Selasa sore ini rekomendasinya keluar. Saat ini masih dibahas di DPP. Siapa yang akan diusung nantinya saya belum tahu. Karena pembahasan untuk Muarojambi cukup alot. Belum tahu kita, saat ini masih dibahas. Ada pak ketua DPD yang mengawal di DPP. Selambatnya tengah malam nanti rekomendasi sudah keluar, kan besok (Rabu) kandidat mendaftar ke KPU Muarojambi,” katanya.

Pembahasan Cakada Muarojambi juga alot di DPP PAN. Rekomendasi yang direncanakan keluar Selasa (20/9) siang, ternyata molor. Hal ini disebutkan Ketua Bapillu Pilkada Jambi PAN, Supriyono yang kini tengah berada di Jakarta menjemput rekomendasi dukungan PAN untuk Pilkada Jambi.
“Belum, masih ada pembahasan sebelum SK diserahkan. Mungkin Selasa malam ini selesai semuanya, dan kandidat bisa mendaftar besok," katanya.

Bargaining politik di PD terjadi antara Ketua DPD Demokrat Provinsi Jambi Hasan Basri Agus (HBA) yang menyodorkan nama Masnah Busro, dan kubu Ketua DPC Demokrat Muarojambi Burhanuddin Mahir yang menyodorkan nama adiknya Agustian Mahir.

HBA disebut-sebut mau menyetujui Agustian Mahir jika Burhanuddin Mahir yang kini menjabat Ketua DPC Partai Demokrat Muarojambi tak maju di Musda DPP Partai Demokrat Provinsi Jambi 2017 mendatang.

Prediksi juga bisa jadi Agustis Mahir-Masnah Busro diusung PD dan PAN. Atau BBS-Masnah Busro oleh PAN dan PDIP. Atau Agustian Mahir-BBS oleh PD dan PAN dan PDIP. (JP-03)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos