Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


BI Bentuk Departemen Operasional Tresuri dan Pinjaman

BI Bersama GenBI Razia Uang Lusuh ke Pasar Angso Duo
Jambipos Online, Jambi-Bank Indonesia membentuk Departemen Operasional Tresuri dan Pinjaman (DOTP) untuk melaksanakan penyelesaian transaksi operasi moneter, efektif beroperasi pada 19 September 2016. 

Departemen dimaksud merupakan penggabungan beberapa fungsi yang ada sebelumnya di Bank Indonesia yang meliputi seluruh pengelolaan transaksi Pemerintah yang ditangani Departemen Pengelolaan Pinjaman dan Transaksi Pemerintah (DPTP), fungsi operasional tresuri (fungsi back office Departemen Pengelolaan Devisa dan Departemen Pengelolaan Moneter) dan pengelolaan collateral terkait dengan Pinjaman Likuiditas Jangka Pendek (PLJP) yaitu dalam hal pembukuan dan kelengkapan dokumen (compliance), pencairan, dan pelunasan.

Adapun tugas DOTP antara lain adalah memastikan penyelesaian transaksi operasi moneter Rupiah, melaksanakan setelmen transaksi operasi moneter valas dan pengelolaan cadangan devisa, melaksanakan pengelolaan sistem tresuri, menatausahakan emas dan menyediakan Uang Kertas Asing (UKA), serta melaksanakan pengelolaan utang dan/atau hibah Pemerintah dan Bank Indonesia termasuk melaksanakan fungsi agen penatausahaan global bonds Pemerintah.

Dengan dibentuknya DOTP, Departemen Pengelolaan Pinjaman dan Transaksi Pemerintah tidak lagi beroperasi. Selanjutnya untuk kepentingan korespondensi terkait, dapat ditujukan kepada Departemen Operasional Tresuri dan Pinjaman, Gedung Kebon Sirih Lt.2 Bank Indonesia Jl. MH. Thamrin No. 2 Jakarta 10350. (Rel)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar