Home » , , » Festival Paduan Suara Campuran HKBP Jambi Meriah

Festival Paduan Suara Campuran HKBP Jambi Meriah

Written By jambipos-online on Tuesday, August 9, 2016 | 1:30 PM


Juara I dengan jumlah nilai 8.242 diraih  Wijk  Tim Paduan Suara (PS) Pall Merah. Foto-foto Fendi Sinabutar.

 Juara II dengan jumlah nilai 8.101 diraih PS WijkTelanai Pura.

Juara III dengan jumlah nilai 8.093 diraih PS Wijk Villa Makasda. 
Dibuka Oleh Ephorus HKBP Pdt. Willem TP. Simarmata,MA  
         
Jambipos Online, Jambi-Biarlah dalam setiap nafas kami, adalah merupakan kesaksian yang hidup atas karyaMu. Untuk itu ketika saat ini kami mau bersama-sama mengumandangkan lagu pujian melalui Festival Paduan Suara ini,  semuanya kami haturkan hanya untuk, “Bersaksi, Memuji dan Menyatakan Kemuliaan NamaMu.” Sehingga kami boleh bersama-sama bersukacita di dalam namaMu. Demikian Tema Festival Paduan Suara Campuran HKBP Jambi Resort Jambi Tahun 2016.

Tahun 2016 ini merupakan Tahun Keluarga bagi warga jemaat HKBP  (Huria Kristen Batak Protestan) di manapun berada. Dan secara resmi Pimpinan Kantor Pusat HKBP yang berada di Pearaja Tarutung Tapanuli Utara Sumatera Utara mengambil tema, “Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN “ (Yosua 24:15c). Untuk Tahun Keluarga HKBP 2016 ini sabagai iman  adalah kaum bapak dengan tema, “ Menjadi Bapak yang Bersinar, Beriman Kristen: Imam – Nabi –Raja.”

Dibuka Pucuk Pimpinan HKBP

Patut bersyukur dan bersuka cita warga jemaat HKBP Jambi Resort Jambi, bahwa Ibadah Pembukaan (Launching) Tahun Keluarga HKBP Jambi 2016 dipimpin langsung oleh Pucuk Pimpinan HKBP Ompui Ephorus Pdt. Willem TP. Simarmata,MA pada  hari Jum’at 12 Februari 2016 pada pukul 19.10 wib di gereja HKBP Kota Baru Jambi. 

Kiranya  kunjungan pastoral  Pucuk Pimpinan HKBP tersebut ketengah-tengah warga jemaat dapat memberikan motivasi dan semangat di dalam menjalani Program Pelayanan Tahun Keluarga HKBP Jambi 2016.

Untuk memeriahkan Tahun Keluarga tersebut warga jemaat HKBP Jambi telah melakukan berbagai rangkaian perlombaan-perlombaan. Termasuk diantaranya kehadiran kaum Bapak di setiap partangiangan Wijk. 

Hal ini dilakukan adalah untuk memacu kaum Bapak agar tetap hadir di setiap partangiangan.  Untuk mengakrabkan antara anak, ibu dan bapa di dalam keluarga, maka turut juga difestivalkan Paduan Suara Campuran. 

Festival ini diikuti 8 (delapan ) peserta yaitu Paduan Suara Campuran dengan nomor undian: 1. Wijk Kebun Kopi dengan dirigen/conductor P.Pandiangan, 2. Wijk Telanai Pura  dirigen/conductor CP. Silitonga, 

3. Wijk Pall Merah dirigen/conductor Ny. Sitinjak St. M. br. Simanjuntak yang dilatih oleh H.Sibarani, SE/ br. Manullang  yang juga pemilik JKR. Musik, 4. Wijk Mayang dirigen St. A. Pasaribu, 5. Wijk Sungai Sawang dirigen Ny. Sihombing br. Hutauruk, 

6. Wijk Mayang dirigen /conductor Anita Melinda br. Simanjuntak, 7. Wijk,….. dirigen/conductor  M.br. Manurung dan 8. Wijk Talang Bakung dirigen /conductor C.St. SS. Manalu, STh.

Seremoni Kebaktian

Sebelum cara festival dimulai terlebih dahulu diawali dengan seremoni kebaktian. Kebaktian ini dipimpin oleh Pdt. Linda Sibarani, STh yang sehari-hari melayani di Gereja HKBP Jambi Resort Jambi, mengambil naats dari Mazmur 149, 1 – 2. Dalam khotbahnya Pendeta dapat menggugah dan memberikan motivasi maupun semangat kepada para peserta. 

Pdt Linda Sibarani, STh pun mengakui di dalam suatu pertandingan apapun, bahwa rasa fanatisme dan pendukung selalu tinggi dan bahkan rasa kerjasama maupun kebersamaan di antara mereka terpadu untuk mendukung kelompoknya. 

Namun didalam festival ini diharapkan rasa tersebut harus dapat dihilangkan  dan sekaligus dapat menghargai siapapun yang menjadi pemenangnya. Sesuai dengan keputusan tim juri.

Pendeta juga mendorong bahwa dalam kompetisi ini di antara kita adalah satu di dalam tubuh Yesus Kristus, oleh sebab itu kita adalah sama-sama pemenang, dan kita serahkan semuanya penilaian kepada tim juri. 

Pendeta juga mengapresiasi para peserta karena melihat betapa kompaknya dan semangatnya para peserta dengan memakai pakaian yang begitu rapid an seragam. Diakhir khotbahnya Pendeta menyatakan, “ Biarlah nyanyian yang kita persembahkan ini untuk kemuliaan bagi nama Tuhan Yesus Kristus.”

Dan selamat bertanding,… Tuhan memberkati,… para pesertapun mengucapkan dengan semangat,…. Amin!!!. Pendeta pun mengajak semua para peserta untuk berdiri  bersama menyanyikan lagu pujian, “ Hari ini kurasakan bahagia berkumpul bersama saudara,…….. Kau sahabatku, saudaraku  tiada yang dapat memisahkan kita. Mereka pun bernyanyi dengan semangat terkadang tepuk tangan dan pegangan tangan mengangkat ke atas, membuat suasana menjadi akrab penuh dengan suka cita.

Unang Lalap Di Arta Portibi On

Sebelum acara festival dimulai terlebih dahulu ketua panitia Pdt Yobel Sihombing, STh dalam hal ini mewakili ketua  memberikan kata sambutan. 

Untuk mengantisivasi hal-hal yang tidak diinginkan panitia menghadirkan tim juri di luar dari warga jemaat HKBP Jambi yaitu : 1. FX Sumanto jemaat gereja Khatolik, 2. Maria Damanik jemaat gereja Methodist dan 3. Frandy Nababan jemaat gereja HKBP Syalom Aur Duri. 

Sedangkan lagu yang diperlombakan adalah  “Unang Lalap di Arta Portibi on” Cipt : NN yang telah diarrasemen kembali oleh Bram Tambun, SE alumni UGM Jogyakarta jurusan Fakultas Ekonomi Pembangunan, yang sehari-hari bekerja di Dinas Pertambangan Provinsi Jambi dan Hasudungan Tambunan, SPd. 

Alumni Universitas Jambi jurusan bahasa Inggris yang pernah ke Newzeland dalam rangka Palmerston North salah seorang utusan Provinsi Jambi. Pahlawan tanpa jasa ini sehari-hari mengajar di SMK Negeri I Kota Jambi adalah merupakan putra kelahiran Pangaribuan Sigotom Tapanuli Utara. Dengan nada dasar Do = E. Acara di pandu oleh Tony Siahaan.

Suasana semakin meriah tatkalah dewan juri mempersilahkan nomor urut undian 1. untuk segera tampil, mereka pun disambut para pendukung dan jemaat lainnya memberikan semangat dan tepuk tangan, ketika dirigen /conductor memberikan hormat kepada para warga jemaat dan tim juri, suasana hening seketika itu kelihatan dan mulailah mereka mengumandangkan suara emasnya dengan lirik-lirik lagu  yang menarik dan juga enak di dengar.

Menjalin Rasa Kebersamaan

Ketika selesai menyanyikan lagu tersebut para peserta disambut dengan tepuk tangan yang membahana dari para pendukung maupun warga jemaat lainnya yang memadati ruangan gereja HKBP Kota Baru Jambi tersebut. 

Setelah selesai perlombaan para peserta dan pendukungnya serta warga jemaat lainnya istirahat sekaligus mereka makan bersama. Tim juri pun rapat untuk menentukan wijk mana yang keluar sebagai pemenang. 

Dalam kesempatan ini bina vokalia koor Remaja Gereja HKBP Kota Baru Jambi yang juga dilatih  oleh Bram Tambunan,SE dan Hasudungan Tambunan, SPd ini menyumbangkan suara emasnya . 

Ke tiga tim juri ini tampil ke depan untuk mengumumkan para pemenang, suasanapun semakin meriah. Tim juri yang diwakili FX.Sumanto mengapresiasi semua para peserta karena semuanya menampilkan yang terbaik. 

Ketika Tim juri mengumumkan pemenang mulai dari juara harapan III,II,I dan Juara III,II dan I semua peserta dan para pendukung tepuk tangan dengan meriah  dan paling seru ketika mengumumkan juara I tim juri dengan gayanya tersendiri mengucapkan siapa pemenang,……. Para peserta dan pendukung dengan semangatnya sambil berdiri mengangkat tangan ke atas,…. mengucapkan bahwa mereka tampil sebagai pemenang.

Suasana meriah dan tepuk tangan yang membahana dengan spontan wijk Pal Merah  berdiri bersama menyambut kemenangan, ketika tim juri mengucapkan bahwa mereka adalah pemenang juara I dengan mengumpulkan nilai 8.242. 

Seketika itu mereka berlomba-lomba untuk menyalami H.Sibarani,SE sebagai pelatih mereka  dan satu dengan yang lainnya saling salam-salaman dan peluk cium pertanda kemenangan berpihak pada mereka. Kebahagiaan  dan kegembiraan menyatu di antara mereka.

Dalam Festival Paduan Suara Campuran ini, mereka saling sapa, salam dan senyum, kiranya budaya ini selalu menyatu dalam kehidupan mereka. Karena festival ini adalah sesungguhnya untuk menjalin rasa kebersamaan, kekeluargaan dan keakraban  antara wijk yang satu dengan wijk yang lainya. 

Adapun perolehan nilai adalah : Juara I dengan jumlah nilai 8.242 di raih  Wijk  Pall Merah, Juara II dengan jumlah nilai 8.101 diraih WijkTelanai Pura, Juara III dengan jumlah nilai 8.093 diraih Wijk Villa Makasda. 

Dan untuk Juara Harapan I dengan jumlah nilai 7.972 diraih Wijk Mayang, Juara Harapan II dengan jumlah nilai 7.800 diraih Wijk Talang Bakung dan Juara Harapan III dengan jumlah nilai 7.709 diraih Wijk Talang Bakung II. Mereka pun pulang bersama dengan bahagia  dan penuh suka cita dan Tuhan memberkati,…….. Amin!!!.  (Penulis Fendi Sinabutar-Pimred Majalah Holong).
H.Sibarani, SE/ Sorta br Manullang Pelatih Wijk  Tim Paduan Suara (PS) Pall Merah.


 Juara Harapan I dengan jumlah nilai 7.972 diraih Wijk Mayang.
 Juara Harapan II dengan jumlah nilai 7.800 diraih Wijk Talang Bakung.
 Juara Harapan III dengan jumlah nilai 7.709 diraih Wijk Talang Bakung II.
 Tim Paduan Suara (PS) Sipin.

Paduan Suara Remaja Bina Vokalia HKBP Kotabaru Jambi.

Ekspresi Peserta PS Wijk  Pall Merah Saat Mengetahui Tim Mereka Meraih Juara I. Foto-foto Fendi Sinabutar.

Beginilah Ekspresi Peserta PS Wijk  Pall Merah Saat Mengetahui Tim Mereka Meraih Juara I. Foto-foto Fendi Sinabutar.

Para Dewan Juri Foto Bersama Dengan Pendeta dan Panitia.

Juri III Frandy Nababan Jemaat Gereja HKBP Syalom Aur Duri Kota Jambi.

Juri II Maria Damanik Jemaat Gereja Methodist Jambi.

Juri I FX Sumanto Jemaat Gereja Khatolik Jambi.

Tim Paduan Suara (PS)  K3.Foto Fendi Sinabutar.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos