Home » » Paksa Jerman Pulang Kampung, Prancis (2:0) ke Final Berkat Griezmann

Paksa Jerman Pulang Kampung, Prancis (2:0) ke Final Berkat Griezmann

Written By jambipos-online on Friday, July 8, 2016 | 6:52 AM

Jambipos Online,Marseille - Prancis berhasil melaju ke final setelah menyingkirkan Jerman dengan skor 2-0 pada laga semifinal Piala Eropa 2016, Kamis (7/7/2016) atau Jumat dini hari WIB. Antoine Griezmann menjadi pahlawan Les Bleus setelah mencetak dua gol pada menit 45+2' dan menit ke-72.

Kemenangan ini membuat Prancis akan menghadapi Portugal di partai puncak turnamen bergengsi antarnegara Benua Biru tersebut. Laga tersebut nantinya akan digelar di Stade de France pada Minggu (10/7/2016) atau Senin dini hari WIB.

Bermain di Stade Velodrome, Marseille, Der Panzer lebih dulu mendapatkan peluang untuk mencetak gol pada menit ke-13 melalui Thomas Muller. Namun, bola hasil sepakan kaki kanannya masih melebar dari gawang Prancis kawalan Hugo Lloris. Begitu juga dengan peluang dari Emre Can yang berhasil ditangkap Lloris.

Baru pada menit ke-25, Prancis mendapatkan peluang perdananya melalui Dimitri Payet. Akan tetapi, bola hasil sepakan kaki kanannya masih bisa dijinakkan Manuel Neuer.

Pada menit ke-31, Jerman kembali menebar ancaman melalui Joshua Kimmich. Menerima operan Toni Kroos, Kimmich melepaskan sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti yang masih bisa diblok Patrice Evra.

Petaka terjadi untuk Jerman menjelang menit-menit akhir babak pertama. Wasit menunjuk titik putih setelah Bastian Schweinsteiger tak sengaja menyentuh bola dengan tangan.

Griezmann yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan peluang tersebut untuk mencetak gol. Bola hasil sepakan kaki kirinya berhasil merobek sudut kiri bawah gawang Jerman. Skor 1-0 untuk keunggulan Prancis bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua laga, Prancis semakin militan melancarkan serangan ke lini pertahanan Jerman. Dua peluang hadir melalui aksi  Giroud dan Griezmann pada menit ke-47. Bola hasil sepakan Giroud masih diblok oleh bek Jerman. Sedangkan upaya Griezmann melebar di sisi kiri gawang Neuer.

Begitu juga dengan peluang Laurent Koscielny pada menit ke-63. Tandukan pemain Arsenal itu masih melayang di atas gawang Jerman.

Memasuki menit ke-72, Griezmann kembali mencatatkan nama di papan skor. Berawal dari kesalahan Kimmich, bola lalu berhasil dicuri Paul Pogba dan langsung melepaskan operan ke depan gawang Jerman. Bola berhasil ditepis Neuer sebelum akhirnya disambut dengan tendangan kaki kiri Griezmann dan merobek tengah gawang.

Tertinggal dua gol, Jerman lalu nyaris memperkecil ketertinggalan pada menit ke-74 melalui Kimmich. Sayang, bola hasil sepakan kaki kirinya masih mengenai tiang gawang Prancis.

Pada menit ke-82, giliran Benedikt Howedes yang menebar ancaman di depan gawang Prancis. Menerima operan Toni Kroos, Howedes berhasil menanduk bola yang masih terlalu tinggi dari sasaran.

Memasuki menit-menit akhir laga, Jerman mendapatkan dua peluang emas untuk mencetak gol melalui Kimmich dan Gotze. Sayang, bola hasil sepakan Kimmich masih bisa dijinakkan Lloris dan upaya Gotze melebar dari gawang Prancis. Hingga laga usai tak ada lagi gol tercipta. Prancis pun menang 2-0 dan melaju ke final.

Statistik UEFA mencatat, Jerman sebenanya mendominasi jalannya laga dengan memiliki 65 persen penguasaan bola, berbanding 35 persen milik Prancis. Pasukan Joachim Low itu juga melepaskan 17 peluang yang enam di antaranya akurat. Namun, Prancis lebih banyak mendapatkan peluang tepat sasaran yakni tujuh percobaan yang dua di antaranya berbuah gol.

Susunan pemain
Jerman: 1-Manuel Neuer; 21-Joshua Kimmich, 17-Jerome Boateng (2-Shkodran Mustafi 61'), 4-Benedikt Howedes, 3-Jonas Hector; 14-Emre Can (23-Mario Gomez 67'), 7-Bastian Schweinsteiger (20-Leroy Sane 79'); 8-Mesut Ozil, 18-Toni Kroos, 11-Julian Draxler; 13-Thomas Muller
Pelatih: Joachim Low (Jerman)

Prancis: 1-Hugo Lloris; 19-Bacary Sagna, 21-Laurent Koscielny, 22-Samuel Umtiti, 3-Patrice Evra; 15-Paul Pogba, 14-Blaise Matuidi; 18-Moussa Sissoko, 7-Antoine Griezmann (6-Yohan Cabaye 90+2'), 8-Dimitri Payet (5-N'Golo Kante 71'); 9-Olivier Giroud (10-Andre-Pierre Gignac 78')
Pelatih: Didier Deschamps (Prancis)

Wasit: Nicola Rizzoli (Italia)

Sumber: Bola.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos