Home » , » Melirik Seni Budaya Kearifan Lokal dari Tabir Ulu Merangin

Melirik Seni Budaya Kearifan Lokal dari Tabir Ulu Merangin

Written By jambipos-online on Wednesday, July 27, 2016 | 9:17 AM



Jambipos Online, Merangin-Sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi, daerah yang terletak di sepanjang aliran Sungai Batang Tabir ini mempunyai beberapa kearifan lokal yang sampai sekarang masih terjaga keberadaannya.
 
Salah satu kearifan lokal tersebut adalah PENTAS SENI BUDAYA DAERAH, TABIR ULU MERANGIN, Muara Jernih yaitu sebuah lokasi di Tebing Tinggi yang disepakati oleh masyarakat setempat sebagai tempat untuk diselenggarakan Acara Pentas seni Budaya Daerah Tsb. Di lokasi ini masyarakat Berkunjung Ber ramai ramai untuk Menonton Berbagai Tampilan Tari Daerah Dan Serial Drama Lokal.
 
Yang di Perankan oleh Putra Putri Terbaik Merangin Tabir Ulu Muara Jernih, Sebuah Drama yang mengangkat tentang Pengabdian Seorang Ayah.

Hafis Ketua (KTI)  Muara Jernih saat Di Wawancarai tim Jampos Online Drama Pentas seni ini Adalah Acara Puncak Yang Dapat Kami Suguhkan pada Masyarakat,Semoga Saja Bisa Terhibur Dan Memetik Sebuah Hikmah Dari Serial Drama itu Ujarnya.

Pentas Seni Budaya Daerah ini Di Selenggarakan oleh masyarakat secara berkala biasanya Satu tahun sekali, itupun hanya dibuka untuk beberapa hari saja sebagai ajang Pesta bagi masyarakat Setempat.

Keberadaan Pentas Seni Budaya ini sangat dirasakan oleh masyarakat Tabir Ulu, selain untuk kelangsungan Penutupan Berbagai Acara di hari Lebaran.

"PENTAS SENI BUDAYA DAERAH" Adalah sebuah sumber Pemikiran Terbuka Segenap Pengurus Karang Taruna indonesia(KTI) Muara Jernih Tabir Ulu Merangin.

salah satu Desa yang merasakan betul manfaat dari adanya Pentas seni Budaya Daerah adalah Muara Jernih Merupakan Jantung ibu kota bagi Kecamatan Tabir Ulu.

Dusun Tebing Tinggi Rt 03 Yang Di pimpin Oleh Kepala Dusun RUDI Mis dan Ketua Rayon(KTI) Rudi Hartono Adalah Penanggung Jawab Utama Berlangsung Nya Acara Puncak Pentas Seni Budaya Daerah Lokal Tabir Ulu Wilayah 5 ini, Pentas seni Lokal Budaya ini
Sungguh sebuah karifan lokal yang sepatutnya bisa ditiru oleh daerah lain. 

Paling tidak dengan adanya potensi desa Seperti (Pentas Seni Budaya Daerah) ini, Akan Mendidik Anak Cucu Kita Nantinya Agar Tidak Lupa  Dengan Sebuah Tradisi dan Kearifan Lokal Daerah Yang Ada di Merangin, Jambi ini,Tandasnya. (Bay)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos