Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Gubernur Jambi Zumi Zola Harap Lomba Pacu Perahu Tradisional Terus Dikembangkan Jadi Even Nasional

Jambipos Online, Sarolangun-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA berharap agar Lomba Pacu Perahu Tradisional dikembangkan jadi even tradisional. Harapan tersebut dikemukakan oleh Zola dalam Pelepasan Lomba Pacu Perahu Tradisional, bertempat di Sungai Batang Tenbesi, depan Rumah Dinas Bupati Sarolangun, Selasa (12/7/2016) siang.

Zola menyatakan, dia mengapresiasi Lomba Pacu Perahu Tradisional di Kabupaten Sarolangun, sebagai kegiatan yang sudah dilakukan secara turun-temurun.

Dikatakan oleh Zola, Lomba Pacu Perahu Tradisional menjadi hiburan bagivmasyarakat.

Zola berharap Lomba Pacu Perahu Tradisional tersebut bisa terus ditingkatkan menjadi agenda pariwisata Provinsi Jambi dan didorong menjadi even nasional.

Selain menjadi hiburan bagi masyarakat, Zola mengemukakan, selain sebagai hiburan bagi masyarakat, even Lomba Pacu Perahu Tradisional yang hampir seluruh pesertanya kawula muda, memberikan kesempatan bagi pemuda untuk berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

Selain itu, Zoka mengajak masyarakat untuk menghadiri MTQ Tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Merangin.

Selanjuttnya, Zola memberian bantuan pribadi Rp10juta untuk Lomba Pacu Perahu tersebut. "Silahkan digunakan untuk menambah kesuksesan acara ini," ujar Zola.

Sebelumnya, Bupati Sarolangun, Drs. H.Cek Endra berharap agar Lomba Pacu Perahu Tradisional tetap dilestarikan.

Cek Endra juga berharap agar Lomba Pacu Perahu ini bisa berlangsung dengan lancar dan tertib, sekaligus menghimbau seluruh peserta untuk menjunjung tinggi sportivitas  dan menjaga ketertiban.

Kepala Dinas Pendidikan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sarolangun selaku Ketua Panitia Lomba Pacu Perahu Tradision, H.Saeful dalam laporannya menyampaikan, Lomba Pacu Perahu ini diselenggarakan dalam rangka Idul Fitri 1437 H, dan dilaksanakan setiap tahun secara turun-temurun.

Saeful mengatakan, peserta even yang diselenggarakan pada tanggal 12 - 13 Juli 2016 ini terdiri dari16 klub, tipe A dan tipe B, tipe A dilombakan tanggal 12 Juli 2016, dan tipe B dilombakan tanggal tanggal 13 Juli 2016.

"Yang diperebutkan adalah Piala Bergilir Bupati Sarolangun, Gubernur Jambi, dan Piala Tetap Bupati Sarolangun. Tahun ini menjadi tahun kedua memperebutkan Piala Gubernur Jambi. Tahun lalu tipe A dan B diraih Klub Gading Batuah," tutur Saeful.

Saeful mengungkapkan, dari peserta Lomba Pacu Perahu Tradisional, 6 orang menjadi atlet PON dan 1 orang menjadi atlet Pelatnas.


Saeful menyampaikan prestasi yang diraih Tim Lomba Pacu Perahu Tradisional Kabupaten Sarolangun, yakni pada tahun 2013 juara 1 Lomba Traditional Boat di Padang, tahun 2014 juara 2, dan tahun 2015 juara 1, Juara 1 International Driven Boat di Tanjung Pinang Tahun 2014 mengalahkan Thailand dan juara 2 pada tahun 2015 dikalahkan oleh Jawa Timur, Juara 1 tahun 2013 dalam rangka HUT Provinsi Jambi, dan tahun 2014 juara juara 1 dalam rangka HUT Kota Jambi.

Saeful mengemukakan, pada ulang tahun Kabupaten Sarolangun pada tahun 2017 direncanakan menyelenggarakan Lomba Pacu Perahu Tradisional yang skalanya nasional.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan Piala Bergilir Gubernur Jambi dan Piala Bergilir Bupati Sarolangun oleh juara tahun lalu yaitu Gading Batuah kepada panitia.

Selanjutnya, didampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun, H.Pahrul Rozi, Zola membuka dan melepas Lompa Pacu Perahu Tradisional, yang ditandai dengan penembakan ke udara. 

Lomba Pacu Perahu Tradisional ini disambut masyarakat dengan antusias, tercermin dari sangat banyaknya masyarakat yang menyaksikan Lomba Pacu Perahu Tradisional tersebut di sepanjang pinggir Sungai Batang Tembesi di sekitar Rumah Dinas Bupati Sarolangun. (Mustar Hutapea)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar