Home » » Liburan Sekolah, Berburu Objek Wisata di Kota Jambi

Liburan Sekolah, Berburu Objek Wisata di Kota Jambi

Written By jambipos-online on Thursday, June 2, 2016 | 12:25 PM

Obyek Wisaya Citra Raya Land Milik Swasta di Mendalo Muarojambi. Foto Asenk Lee Saragih

Obyek Wisaya Citra Raya Land Milik Swasta di Mendalo Muarojambi. Foto Asenk Lee Saragih
Jambipos Online, Jambi-Pekan depan ( 7 Juni 2016) liburan sekolah mulai dinikmati kaum pelajar di Kota Jambi menyusul masuknya semester kanaikan kelas dan juga Bulan Suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri Juli 2016. 

Dalam mengisi liburan sekolah itu, tak perlu harus membuang biaya untuk bepergian ke luar kota. Liburan sekolah kali ini yang juga akan seiring dengan pelaksanaan bulan suci Ramadan, membuat obyek wisata yang ada di Kota Jambi jadi pilihan utama mengisi liburan. Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi juga kini bersolek dalam memanjakan pengunjung obyek wisata yang ada di Kota Jambi.

Sore itu, sekelompok anak muda tampak bercengkerama di bawah rindangnya pohon-pohon saat sinar matahari begitu terasa panas. Di bawah pohon-pohon hijau mereka bercanda gurau untuk melewatkan waktu sore itu. Suasa santai dan bersahaja tampak dinikmati sekelompok kawula muda tersebut saat mulai mengisi liburan sekolah.

Demikian sekilas suasana Taman Pedistrian Jomblo yang terletak di Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi. Areal taman yang begitu asri menjadi obyek wisata berkonsep alam, yang kini sangat digandrungi kawula muda Kota Jambi.

Kota Jambi memiliki berbagai objek wisata populer yang dapat Anda jadikan tempat untuk liburan sekolah kali ini. Setidaknya ada lima objek wisata di Kota Jambi yang sayang kalau tak dikunjungi saat liburan sekolah ini.

Jika Anda dapat menemukan Taman Mini Indonesia Indah di Kota Jakarta, di Kota Jambi dapat menemukan Taman Mini Jambi yang lokasinya berada di samping Kebun Binatang Taman Rimba dan juga cukup dekat dengan Bandara Sultan Thaha Jambi.

Hanya berjarak sekitar 300 meter dari Bandara Kota Jambi. Untuk memasuki Taman Mini Jambi ini tidak dikenakan biaya. Di sini terdapat berbagai macam anjungan-anjungan rumah adat yang berasal dari kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi.

Danau Sipin Jambi

Danau Sipin juga menjadi salah satu objek wisata di Kota Jambi. Alamat lokasi dari Danau Sipin ini terletak di Simpang Buluran Kenali, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Lebih tepatnya berada di samping Fakultas Kedokteran Unja (Universitas Jambi). Menikmati suasana sore dan kehidupan nelayan, Danau Sipin menjadi lokasi yang tepat.

Hutan Kota di Jambi

Objek wisaya Hutan Kota Jambi juga salah satu tempat rekreasi keluarga berkonsep alam. Warga Kota Jambi yang menyukai udara segar dan masih sejuk. Hutan Kota Jambi yang terletak di Mayang Kota Jambi bisa dijadikan pilihan sebagai objek wisata berkonsep alam.

Sungai Batanghari

Sungai Batanghari ini merupakan sungai yang terpanjang di Pulau Sumatera dengan panjang kurang lebih sekitar 800 km yang mata airnya berasal dari Gunung Rasan. Sungai Batanghari bisa dinikmati di obyek wisata Tanggo Rajo yang letaknya di depan rumah dinas Gubernur Jambi.

Tanggo Rajo merupakan sebuah kawasan wisata yang terdapat di Pusat Kota Jambi dan lokasinya berada di pinggir Sungai Batanghari dengan suguhan kuliner khas Jambi. Tanggo Rajo Kota Jambi sebuah objek wisata terbaik, khususnya menikmati terbenamnya matahari.

Hutan Pinus Kenali

Satu lagi objek wisata bernuansa alami yang ada di Kota Jambi yakni Hutan Pinus Kenali. Sulardi Diharjo, Kasi Aneka Fauna Hutan dan Perhutanan Sosial (AGH dan PS) Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, mengatakan, Taman Hutan Kenali Km 11 didirikan pada tahun 1961 atas ide dari bapak Ir Rapiuddin Ahlil dan dilanjutkan oleh Bapak Ir Pramu Wassono Cs Beliau.

Pada saat itu menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutan Provinsi Jambi. Area Taman Hutan Kenali seluas +10 Ha yang terletak di batas kota dengan Kabupaten Muarojambi. Pengengeloaan Taman Hutan yang kini dijadikan taman rekreasi dan juga sebagai tempat olah raga, kemping, outbond, pendidikan.

Sebuah taman dengan nuansa alam. Hutan buatan di daerah Kenali Bawah yang dikenal dengan Taman Hutan Kenali menawarkan suasana lain. Dengan luas lahan ± 10 ha, kita dapat menikmati indahnya alam Hutan Pinus yang beralamat di Jl Jambi-Palembang Km 11 Kenali Asam.

Selain pohon pinus, di sini juga terdapat beberapa jenis pohon yang cukup sulit untuk ditemui di daerah lain seperti pohon bulian, pohon gaharu dan pohon tembesu. “Dulu namanya Hutan Kenali yang berubah menjadi taman Hutan Pinus,” katanya.

Taman ini awalnya adalah tempat pembudidayaan tanaman pinus, yang mulai dibangun pada tahun 1964 dan kemudian berkembang menjadi taman. Taman ini sering dikunjungi oleh pelajar dan mahasiswa.

Biasanya mereka berkemah atau hanya ingin liburan. Sembari belajar mengenal pohon yang memang cukup sulit ditemui. Sebagian tanaman yang dibudidayakan di sini merupakan tanaman khas dari Provinsi Jambi, salah satunya adalah pohon bulian.

“Di taman itu dijadikan tempat pelestarian pohon-pohon langka dan tanaman hutan yang langka,” katanya.

Dikunjungi Pejabat Negara

Taman ini juga pernah dikunjungi oleh Gubernur Jambi, Pangdam Sriwijaya dan beberapa menteri. Bahkan Ibu Megawati saat menjabat sebagai Wakil Presiden juga turut serta menanam salah pohon di taman Hutan Pinus ini.

Untuk berjalan mengelilingi taman, kita dapat mengikuti jalan setapak yang memang dibuat untuk memanjakan pengunjung. Namun karena lahan taman ini luas, maka cukup menghabiskan banyak tenaga.

Oleh karena itu, membawa bekal makanan dan minuman adalah penting diperhatikan. Dan kita dapat beristirahat di pondok-pondok kecil yang disediakan oleh pengelola, sambil menikmati sejuknya suasana taman.

“Kalau mau keliling untuk melihat-lihat situasi tidak boleh menggunakan kendaraan, jadi untuk berkeliling memang butuh tenaga ekstra karena areanya cukup luas,” ujarnya.

Fungsi dari tanama hutan kenali adalah sebagai tempat penelitian, tempat pendidikan, tempat konservasi. Sebagai tempat rekreasi dan merupakan tempat pelayanan.

Ada pun jenis tumbuhan yang ada di taman hutan kenali adalah, agatis (shorea janica), asam kandis (tamarindus indica), balam, bambu hijau, bambu kuning, bambu betung, belimbing, bulian, dan masi banyak lagi yang lain.

Intinya jenis tanaman yang ada di sini adalah sebanyak 47 jenis dari pohon langka hingga tanaman hutan lainnya. Selain berwisata, pengunjung biasanya menjadikan taman hutan ini untuk foto prawedding.

Nyaman dan Bersih

Memang cukup menarik, karena Taman Hutan Kenali ini dikelola dengan baik. Kebersihan di taman ini juga sangat diperhatikan. Bagi pengunjung yang ingin berkemah, dilarang menghidupkan api unggun di tempat sembarangan.

Selain itu banyak juga mahasiswa yang melakukan kegiatan organisasi ekstra kampus di tempat ini. Kerena di taman Hutan Pinus menyediakan tempat yang berupa pendopo untuk duduk. Hutan Pinus Kenali juga bisa dijadikan sebagai pilihan keluarga dalam mengisi liburan sekolah.

Restribusi untuk masuk ke Hutan Pinus Rp 5.000 per orang. Hal itu dilakukannya untuk menambah pendapatan ADD.

Taman Hutan Kenali itu adalah taman milik Kota Jambi. Taman Hutan Kenali itu merupakan wewenang Dinas Pariwisata Kota Jambi.
Sementara Walikota Jambi Sy Fasya mengatakan, ragam objek wisata yang ada di Kota Jambi yang bisa dijadikan sebagai ruang hiburan saat liburan sekolah. Dari wisata alam, rekreasi permainan hingga edukasi.

Disebutkan, selain objek wisata yang dikelola Pemerintah Kota Jambi dan Pemerintah Provinsi Jambi, objek wisata yang dikelola swasta juga cukup beragam. Seperti objek wisata Kampoeng Radja di Simpang Rimbo Kota Jambi.

Guna mengisi liburan sekolah tahun ini, pelajar di Kota Jambi tak perlu jauh-jauh berlibur ke luar Kota Jambi. Karena di Kota Jambi juga terdapat ragam objek wisata yang bisa dimanfaatkan menjadi kebersamaan bersama keluarga dan kawan-kawan sekolah hingga komunitas.

Di Kota Jambi, wisata kolam pemancingan juga menjadi salah satu alternatif dalam mengisi liburan sekolah. Kini banyak kolam pemancingan di Kota Jambi menyajikan konsep kolam pemancingan sekaligus objek wisata keluarga. 

Salah satunya Kolam Pemancingan R&R di Paal 6 Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi. Liburan sekolah tahun ini, tak perlu lagi keluarga Kota Jambi, karena objek wisata di Kota Jambi menanti Anda. (Asenk Lee Saragih) 

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos