Home » , » Lelang Jabatan Ala Zumi Zola “Abal-abal”

Lelang Jabatan Ala Zumi Zola “Abal-abal”

Written By jambipos-online on Monday, June 13, 2016 | 10:23 AM


Ilustrasi Lelang Jabatan Sarat KKN?

Jambipos Online, Jambi-Lelang jabatan yang diprakarsai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi yang diamini Gubernur Jambi H Zumi Zola hanya merupakan lelang jabatan “abal-abal”. Hal itu terungkap dari minimnya peminat lelang jabatan yang dilakukan. Lelang jabatan itu hanya dilakukan dan strategi segelintir kelompok yang dekat dengan penguasa.

Lelang jabatan yang sudah dibuka selama dua pekan ini, terindikasi hanya untuk menaikkan nilai tawar yang ujung-ujungnya “setoran” kepada pejabat tertentu. Lelang jabatan yang diamini Gubernur Jambi Zumi Zola dinilai kurang tepat mengingat adanya pemangkasan atau pengurangan DAK untuk Provinsi Jambi tahun ini mencapai Rp 15,4 miliar.

Semestinya kinerja staf Gubernur Jambi harus kreatif dalam menggunakan anggaran yang bisa bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat. Misalnya pembangunan sarana jalan dan infrastruktur lainnya.

Seharusnya Provinsi Jambi memperoleh DAK sekitar Rp 156 miliar tahun ini. Namun akibat pemotongan sekitar 10 persen, Jambi hanya memperoleh DAK sekitar Rp 140,6 miliar. Tentunya ini harus menjadi perhatian Gubernur Jambi H Zumi Zola terkait dengan lelang jabatan yang membuat kinerja pejabat yang jabatannya dilelang terganggu. 

Demikian rangkuman sejumpah pendapat sumber terkait dengan bergulirnya lelang jabatan, yang mengakibatkan pejabat yang posisi jabatannya dilelang “galau” dalam melakukan program. Saat ini juga pembantu Gubernur Jambi H Zumi Zola yang posisi jabatannya dilelang pasrah dengan kondisi tersebut. 

Sejumlah pejabat yang posisinya dilelang mengaku tak simpatik dengan kebijakan yang diprakarsai sekelompok orang yang dekat dengan penguasa tersebut. 

Pejabat itu juga pasrah dan kurang bergairah dalam menjalankan program pada instansi yang dia pimpin. 

Terpisah, pengamat ekonomi dari Universitas Jambi (Unja), Pantun Bukit mengatakan, Pemprov Jambi kini membutuhkan pembantu Gubernur Jambi yang kreatif dan memiliki kinerja yang baik. 

Pantun juga menyarankan kepada Gubernur Jambi H Zumi Zola untuk mempertahankan kepala dinas atau pembantunya yang kinerjanya profesional dan memiliki loyalitas serta memiliki ilmu dibidang jabatan yang dipangku. (JP-03)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos