Home » » ZOLA : SAYA BUTUH ORANG YANG BISA KERJA DAN PUNYA KOMITMEN

ZOLA : SAYA BUTUH ORANG YANG BISA KERJA DAN PUNYA KOMITMEN

Written By jambipos-online on Thursday, May 5, 2016 | 12:38 PM

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, S.TP, MA mengungkapkan bahwa dalam Pemerintah Provinsi Jambi, dia membutuhkan orang-orang yang bisa kerja dan punya komitmen. 

Hal itu dikemukakan oleh Zumi Zola kepada para wartawan yang mewawancarainya Usai Rapat dengan Sekda Provinsi Jambi, Para Staf Ahli Gubernur Jambi, Para Asisten, dan Para Kepala SKPD dalam Lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, bertempat di Ruang Poa Kantor Gubernur Jambi, Rabu (4/5/2016) sore.

Zola melakukan rapat dengan agenda Finalisasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi tahun 2016 – 2021.

“Kita melaksanakan rapat koordinasi dengan SKPD karena penyusunan RPJMD kita batas waktunya 6 bulan. Saya ingin Bappeda memberikan laporan perkembangan, sebelum nanti kita ke DPR. Dan, saya minta nanti ada pemaparan dari setiap kepala SKPD tentang renstra (rencana strategis), mereka paham tidak untuk menterjemahkan visi Jambi TUNTAS degan program-rogramnya,” ujar Zola.

“Saya katakan, ini kan ada target, jadi setiap tahun harus ada targetnya. Semua SKPD harus memahami, dan untuk mencapai target, apa yang harus dilakukan. Ada rambu-rambunya, efisiensi anggaran, karena trend kita defisit. Ambil kemungkinan paling jelek, 5 tahun [L1] kedepan defisit terus, artinya apa, kita tidak punya celah untuk menghamburkan, kita harus fokus pada penggunaan anggaran yang lebih efektif, semuanya, tidak ada terkecuali, mau yang kecil, mau yang besar,” tegas Zola.

Zola menyatakan, untuk mengetahui apakah SKPD memahami program kerja, dia memerintahkan agar seluruh kepala SKPD memaparkan program kerjanya kepada dirinya secara langsung. “Untuk mengetahui itu, mereka ada pemaparan, dimulai minggu depan, teknisnya Bappeda yang aka mengatur,” jelas Zola.

“Begitu juga masalah pelayanan kepada masyarakat, rapornya dari Ombudsman masih merah saat ini. Itu juga menjadi penilaian kinerja saya terhadap para SKPD. Minggu depan juga saya rencanakan ada rapat koordinasi dengan Ombudsman. Saya akan persilahkan Kepala Ombudsman Perwakilan Provinsi Jambi untuk menyampaikan apa langkah-langkah kedepan yang harus dilakukan,” lanjut Zola.

“Juga masalah lainnya, kalau ada masalah hukum, ada temuan, harus ditangapi dengan serius. Saya tidak ada abu-abu untuk masalah hukum, hitam putih, lakukan dengan benar sesuai dengan prosedur, kalau sudah melangggar, urusan pribadi, saya akan copot. Jadi, jangan sampai ada agenda-agenda yang tidak benar mengganggu jalannya pemerintahan Provinsi Jambi,” tegas Zola.

Zola mengungkapkan, dasar penilaian dirinya kepada para pejabat Pemerintah Provinsi Jambi adalah kinerja yang baik. “Saya sampaikan kepada semua SKPD, ada peraturan 6 bulan tidak bisa melakukan pergantian, se Indonesia sepeti itulah aturannya. Tetapi selama 6 bulan ini, saya melakukan penilaian. 

Saat ini yang baik ada, yag kurangpun ada juga. Jangan kuatir nati saya pasti akan dicopot, bukan seperti itu, kalau memang kinerjanya baik, tentu akan saya pertahankan, tetapi kalau dari awal sudah berpikiran buat apa saya kerja baik toh akan diganti juga, silahkan, pasti akan diganti. Ini serius sekali, ini sudah tingkat provinsi, kalau ada mental seperti itu, tidak bisa saya ajak dalam pemerintahan ini,” terang Zola.

“Saya butuh orang yang bisa kerja dan punya komitmen. Saya dan Pak Wagub seperti itu. Kembali lagi keputusannya kepada masing-masing. Saya tidak bisa membaca pikiran orang, kalau dia punya agenda pribadi, saya tidak tahu. Yang jelas kinerja yang saya lihat. Sekarang, ada yang sudah bagus, namun ada yang harus ditingkatkan.,” tutur Zola.

Ketika ditanya berapa persentase pejabat yang bisa dipertahankan, Zola menyatakan, saat ini belum saatnya untuk menilai, mungkin nanti ketika sudah hampir tiba waktunya untuk bisa mengevaluasi, bisa mengganti, disitulah baru bisa dinyatakan berapa persen yang bekerja baik atau tidak. 

Pada saat ini, saya masih memberi kesempatan kepada semua kepala SKPD untuk dapat menunjukkan kinerja terbaiknya. Semua kepala dinas ini ada amanahnya masing-masing, tunjukkanlah itikad baiknya, untuk masyarakat. Saya hargai beliau-beliau itu, dan tolong beiau-beliau itu hargai tugas masing-masing,” pungkas Zola. (Mustar Hutapea-Humas Prov Jambi)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos