Home » , , » Zola Berharap Anggota Komisi X DPR Bantu Pembangunan Jambi

Zola Berharap Anggota Komisi X DPR Bantu Pembangunan Jambi

Written By jambipos-online on Tuesday, May 3, 2016 | 8:42 PM




Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,SMTP,MA berharap agar Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) membantu pembangunan Provinsi Jambi. Harapan tersebut dikemukakan oleh Zola dalam Pertemuan Komisi X DPR RI dengan jajaran Pemerintah Provinsi Jambi, Perwakilan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, dan Mitra Kerja Komisi X DPR, bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Selasa (3/5/2016) sore.

Bidang kerja Komisi X DPR RI adalah sektor pendidikan, kepariwisataan, kepemudaan dan olahraga, serta perpustakaan. Zola menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi sedang giat-giatnya melakukan pembangunan, untuk meningkatkan daya saing daerah serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, walaupun dengan berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi, yang tentunya tidak lepas dari keterbatasan anggaran.

Untuk itu, Zola mengharapkan dukungan penuh dari Pemerintah Pusat, termasuk dari DPR RI, termasuk didalamnya Komisi X DPR RI.

Zola mengemukakan, kesiapan kualitas sumber daya manusia sangat menentukan dalam pembangunan. "Masih banyak pekerjaan rumah yang harus kami benahi. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Jambi pada tahun 2010 72,74, meningkat menjadi 74,35 pada tahun 2013. Untuk percepatan peningkatan IPM Provinsi Jambi, maka kami harus mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Gender (IPG). Walaupun masih terlihat ketimpangan IPG, peningkatan IPG kami selama 3 tahun telah menampakkan hasil, yaitu pada tahun 2010 angka IPG Provinsi Jambi 63,32, meningkat menjadi 64,45 pada tahun 2012. Begitu juga Indeks Pemberdayaan Gender (IDG), dari 56 tahun 2010 meningkat menjadi 61,52 pada tahun 2012," urai Zola.

Untuk memajukan pendidikan sebagai modal dasar dalam pembangunan, Zola mengatakan bahwa Pemerintah Daerah di Provinsi Jambi terus mengupayakan penyediaan gguru yang berkualitas dan melengkapi sarana dan prasarana belajar. "Saya sampaikan juga bahwa Pemerintah Provinsi Jambi tidak membedakan pemberian layanan pendidikan umum dengan pendidikan yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama, sesuai dengan tingkat kewenangan," ujar Zola.

Zola juga mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi berusaha untuk meningkatkan keterkaitan dunia pendidikan dengan dunia ketenagakerjaan dengan mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Politrknik berbasis kompetensi wilayah, yang disesuaikan dengan potensi yang dimiliki oleh setiap kabupaten/kota, dengan harapan nantinya mampu menciptakan tenaga kerja yang profesional dan mandiri.

Berkaitan dengan pembangunan sektor kepariwisataan, Zola mengatakan, Provinsi Jambi memiliki berbagai potensi wisata, dan pemerintah telah berusaha untuk membangun akses dan infrastruktur untuk lokasi wisata.

Dalam pembangunan sektor olahraga, Zola mengemukakan 3 hal, yaitu: 1.Rencana pembangunan Jambi Sport Center di Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, dan Pemerintah Provinsi Jambi telah menyiapkan lahannya seluas 100 Hekter 2.Pengembangan stadion KONI, dan pengembangan GOR (Kotabaru).

Zola menambahkan, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya untuk mengembangkan perpustakaan agar dapat menunjang dunia pendidikan di Provinsi Jambi.

Selain itu, Zola menyampaikan salah satu masukan dari para kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, berkaitan dengan penerapan Kurikulum Tahun 2013, jumlah jam belajar bidang studi Bahasa Inggris dberkurang, dari 4 jam menjadi 2 jam pelajaran, yang berdampak, baik dalam upaya peningkatan kemampuan berbahasa Inggris bagi para siswa siswi, terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAn (MEA), maupun dampak bagi para guru untuk memenuhi kewajiban jam mengajar, yang selanjutnya berdampak pada sertifikasi guru.

Ketua Tim Kunjungan Komisi X DPR RI, H.Sutan Adil Hendra menyatakan, kunjungan kerja Tim Komisi X DPR RI adalah dalam rangka melakukan tugas fungsi dewan, yaitu fungsi pengawasan, legislasi, dan anggaran, serta untuk menerima masukan untuk peningkatan program pembangunan dalam sektor pendidikan, kepariwisataan, kepemudaan dan olahraga, serta perpustakaan.

Anggota DPR RI daerah pemilihan Provinsi Jambi ini mengungkapkan, bahwa Komisi X DPR RI akan berusaha untuk memperjuangkan kepentingan Provinsi Jambi.

Sutan Adil Hendra menyatakan bahwa dalam kunjungan kerja Komisi X DPR RI ini, mereka juga mengikutsertakan perwakilan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) dan perwakilan dari Kementerian Kepemudaan dan Olehraga.

Dikatakan oleh Sutan Adil Hendra, Komisi X juga akan berusaha untuk meningkatkan akreditasi berbagai program studi Universitas Jambi dan perguruan tinggi lainnya di Provinsi Jambi.

Selain itu, Sutan Adil Hendra menyatakan bahwa pada Rabu (4/5), rombongan Komisi X DPR RI akan meninjau SD Negeri 68 Kota Jambi yang harus diperbaiki.

Pada kesempatan tersebut, para anggota Tim Komisi X beserta perwakilan dari kementerian memberikan berbagai masukan kepada Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi.

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, H.Rahmat Derita Harahap; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, H.Edi Erison; Kepala Dinas Pemuda dan Olehraga Provinsi Jambi, H.Satria Budhi; dan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, H.Asvan Deswan memberikan paparan singkat mengenai program kerja dan berbagai kendala yang dihadapi. (Mustar Hutapea-Humas Prov Jambi)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos