Home » , , » Surat Terbuka Kades Kepada Bupati Al Haris, Bongkar Ulah Pungli Camat

Surat Terbuka Kades Kepada Bupati Al Haris, Bongkar Ulah Pungli Camat

Written By jambipos-online on Tuesday, May 24, 2016 | 10:00 AM

Barlep Yif.IST FB
Jambipos Online, Merangin-Seorang Kepala Desa (Kades) terpilih di Desa Pulau Rengas, Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin bernama Barlep Yif melayangkan surat terbuka kepada Bupati Merangin Al Haris terkait dengan pungutan liar (Pungli) Rp 2,5 Juta kepada para Kades terpilih oleh oknum Camat untuk biaya pelantikan.

Surat terbuka itupun menjadi bahan pembicaraan dan santapan media online dan media cetak di Provinsi Jambi. Pasalnya seorang Kades terpilih berani menuliskan surat terbuka di Media Sosial (FB) tentang praktik pungli yang dilakukan oknum Camat tersebut.

Berikut ini Surat Terbuka Tersebut : 

Yth. Bupati Merangin
Semoga Bapak dalam Lindungan Allah SWT. Dan sukses mewujudkan cita-cita thd Merangin.

Mohon Izin, Sehubungan dengan pelantikan kepala desa, maka saya selaku kades terpilih sampai Senin (23/5/2016) pagi masih saja tetap diminta oleh camat untuk memberi donasi Rp 1,2 juta. Awalnya dipatok Rp. 2,5 juta.

Saya sangat risih dengan hal yang seperti ini. Cukuplah pakaian pelantikan mencapai Rp 2,5 juta yang secara ihklas saya buat secara pribadi.

Jika ini memang amanat peraturan perundang-undangan tolong disampaikan dasarnya kepada kami; akan kami ikuti. Jika tidak, tolong hentikan.

Kepada DPRD Merangin, mohon buka telinganya dan diawasi. Saya fikir tidak ada yang tidak patut ketika saya menulisnya disini, tatkala mengacu kepada konsep check and balance dalam bernegara-rakyat "berhak" tau..

Jika saya salah dalam menulis ini, mohon diberi tau dimana ketidaketisannya/salahnya, norma dan nilai seperti apa yang saya langgar. 

Demikian, mohon maaf beribu maaf. Mks.
****** 
Berikut Ini Tanggapan Surat Terbuka itu di FB Barlep Yif


Lukman Holik
Lukman Holik Negara kita ini pk barlef berdasarkan UUD.jadi jangan heran.he...he...
Rudi Yanto
Rudi Yanto Hehehe...itulah merangin yg kadang2 sprti kumang2,di perlukan pemimpin yg berani melawan arus.
Ngah Awak
Ngah Awak Ikuti..bae lah...pk barlef..masak mantan pejabat merangin jugo...protes...hihihihi
Nanda Jundi
Nanda Jundi Betul tu pak kades, jangan mau membayar 1 rupiah pun apabila tidak ada dasar hukumnya karena suatu pungutan yang tidak memiliki dasar hukum berarti itu adalah pungutan liar (pungli) dan itu dapat dipidana kemudian pelantikan para kades terpilih merupakan tanggung jawab pemda untuk melaksanakannya baik dari segi acara maupun pendanaannya karena itu merupakan amanat UU.
Wirawan Haryanto
Wirawan Haryanto Ha.ha...merangin_merangin...apa karena ada kata angin.....jd semua...pejabat jadi masuk angin.....di tabir lebih ekstrim...kades terpilih harus setor 3,5 jt...bagaimana mau mengabdi....kalau sudah mengeluarkan banyak Uang.....????
Ngah Awak
Ngah Awak Hussss..fb..hati.hati..bacakap wan..
Wirawan Haryanto
Wirawan Haryanto Gak masalah emang.kenyataan
Ngah Awak
Ngah Awak Wawan mintak nomor hp..msih knal nggal dg ku
Wirawan Haryanto
Wirawan Haryanto 082282335118. Nie no.hpnya
Muhammad Wazan
Muhammad Wazan #Wirawan Haryanto, sy cm panitia pilkades, sblum pengajuan anngaran pilkades dulu, pernah di intruksikan oleh cmt agar memasukkan dana pelantikan yg berasal dr APBDes, tp itu blom diajukan,jd sbnarnya bukan biaya pribadi tp ytap dan negara, cuma apa kah ada kas desa nya saat ini? Kl ada ngapain pk dana pribadi? Sy rasa itu hanya untuk antisipasi, jd pk dana pribadi dulu, biaya pilkades aja masih ada yg blom kluar (tempat kami). Ini hanya sekedar masukan buat bpk2 yg terpilih jd kades,jg buat bang Barlep Yif...
Wirawan Haryanto
Wirawan Haryanto Di tabir selatan rata" panitia Pilkades /BPD....u/biaya pilkades..Contoh Ma.Delang dgn mata.pilih.4760 panitia butuh.dana 49 jt...sementara bantuan pemerintah daerah...hanya 6 jt...dana PAD desa 10 jt.....sisanya di tanggung calon...
Muhammad Wazan
Muhammad Wazan Sy rasa itu kebijakan panitianya aja,kmdian calonnya jg mau dgn aturan smcam itu, kl km DPT 1216 cm anggarkan dana 17 jt, realisasi s/d hari ini cm trima 4,6 kab. dan 3 jt dr desa, selebihnya hanya menunggu yg tak pasti
Yernita Bif
Yernita Bif ikuti aturan hukum...jangan terlalu kreatif. klw apbdes acuannya adala permendagri 114 ttg pedoman pembangunan desa....klw memang sepwrti itu surati saja camat n kades, biar koordinasi dg kami Muhammad Wazan....harus cerdas....aikuti turan main dan prosedur
Muhammad Wazan
Muhammad Wazan #Yernita Bif yg harus cerdas gimana tu? Pilkades udah selesai tanpa masalah, sy kan cm komen apa yg disampaikan #wirawan haryanto tentang dana pilkades tempatnya kmaren yg dinilai memberatkan calon, kl mslh permendagri itu kan aturan dan pedoman dr pemerintah, kemudian dijabarkan dlm perbup, kl panitia pilkades yg dininilai melanggar knapa juga mau diikuti? Kl mslh pelantikan itukan lain lagi panitianya, kl dinilai panitia pelantikannya melanggar aturan, yach dikordinasikan ke panitianya, itu baru cerdas...
Mahabbatin You Suuke
Mahabbatin You Suuke Jangan lakukan pembodohan terhdp warga sendiri
Haji Salam
Haji Salam Ha ha ha ibarat bering atau kalahar bahaso kito uhang pamenang.kalau mau lancar pake pelicin. Atau uang kritil2 begitu.atau uang parkir ha ha ha sabar pak kases.lain lubuk lain ikannyo hi hi hi.
Hendri Airmas
Hendri Airmas usulannya tdk pas
Muhammad Riyadi
Muhammad Riyadi "Kulil haq walau kana muran"
Katakan yg benar, sekalipun itu menyakitkan...
Budaya kalau buruk untuk apa diikuti, kapan kita akan menjadi lebih BAIK
Zikwan Limbur Merangin
Zikwan Limbur Merangin Org nk puaso anggap be sdekah bg Barlep wakawakawakawakwaka
Muhammad Guntur
Muhammad Guntur Kalau motong parah plan lamo lah yg d turut lef kalau mukak plan baru lah payah parah lah basuntik galo
Barlep Yif
Barlep Yif Hemmm....he he...
Agus Hartanto
Agus Hartanto Dak hal lah bang barlep dari pada nanti nasib nya sama kayak desa sungai udang di pulau rengas enak bayar lah
Musri Yandi
Musri Yandi Itulah... gawe oknum yang suka ambil muko samo pak Bupati.... selalu ingin acara yang tampak glamour dan "Wah"....belum tentantu Pak Bupati suka acara yang glamour seperti itu....
Hendri Airmas
Hendri Airmas siapo namo pak camatnyo?....
Mat Abdul Haji
Muhammad Guntur
Muhammad Guntur Salah konsep ncooo glamor udah tidak zamannyo lagi kapan perlu pelantikan kades dalam kebun parah itu yg passss
Sony Propesma
Yernita Bif
Yernita Bif setuju....dihadapan rakyat penerimo raskin.....di kuburan atw di masjid
Muhammad Guntur
Muhammad Guntur Mantaaap
Barlep Yif
Barlep Yif He he....sip
Edwis Fahmi
Mat Abdul Haji
Mat Abdul Haji Makkkk...
Muhammad Guntur
Muhammad Guntur Biak kito tau d dasar bahwa kita blum terlalu maju sederhana baelahhh bukan begitu pak barlef mano nak nyambut puaso menciap anak mintak bli pabukon senlah abi untuk pelantikan kadesss
Supra Yitno
Supra Yitno ada indikasi tak benar,masak dari 2,5 juta turun ke 1,5 juta,berarti dak tek UU nya.jiko ado mano biso turun tu.
Sigit Eko Yuwono
Sigit Eko Yuwono Mgkin duit tuh untuk potong kambing makan rame2 dg warga se desa om.. hehe
Muhammad Guntur
Muhammad Guntur Motong kerbau rencananyo bang sikit sekalian untuk bagi bagi k masyarakat budaya kito d merangin setiap minyambut puaso motong kerbau sekalaian makan rame rame kerbau sidah d siapkan 5 ekor oleh kades terpilh
Mahbub Junaidi
Mahbub Junaidi Pak Barlep Yif, lah ribut mcm ko apo mato dan kuping penegak hukum di merangin ni lah buto dan tuli galo....ayo...para penegak hukum di merangin tlg di usut ni masalah pelantikan kades...
Neneng Supriyanto
Neneng Supriyanto Baju nya bagus untuk dipakai sendiri... bukan untuk orang lain kan?...hehe pak barlep guyoon....
Barlep Yif
Barlep Yif Klw baju sayo ikhlas....ndak papo selagi sayo.mampu.....
Irwansyah Piliang
Dewi Maya
Dewi Maya Sip. Pak kades harus banyak stok dana. . Mana yg belum punya dana ngutang dulu pak
Zuhri Ayah Nya Valen
Zuhri Ayah Nya Valen Mano pk.cmat nyo dak nongol2 ni?? Yg panjas tuk menjawab adolah, pak.camat..
Barlep Yif
Barlep Yif Pak camat menyanyangkan sayo nulis ini. He he he.....sebagi org berpendidikan dak boleh nulis seperti ini katonyo.....

Kalau orang berpendidikan seperti dio indikasinyo pungut memungut....wkwkwkwkk
Neneng Supriyanto
Neneng Supriyanto Iuran maksudnya dak pak,, biar acara wah gitu.. positif thingking aja pak.. anggap aja bapak sedekah heheee
Yati Hendri
Yati Hendri Pantaslaa pak cmt nglarang rakyat mlh Barlep Yif wktu mlh kds mrn,dk bisa munggut duit,haahaaa
Wirawan Haryanto
Wirawan Haryanto Itulah menjadi budayo lamo....dulu Sarko....penegak hukumnyo ndak negara.....kini lah menjadi merangin.....cuma angin_anginan...kapan kito nak merdeka....! Punglinyo lah terang_terangan.....masalahnyo kini mau jadi pegawai sajo bayarnyo la beratus juta....
Sar Dianus
Sar Dianus Kando Barlep Yif, merupakan hal yg wajar ketika ab bertnya tntng pungutan itu dan ad dasarny ap tidak. jika tidak ad dsarnya pungli itu bang... yg mengatasnamakan""... kerjo kan yg ado dsarnyo be bang, bukan atas "biasanya".. jika mereka takut at menyayangkan atas tulisan ab, itu berarti ad kslhan yg mereka perbuat. sy yakin, ab bisa lebih bijak lg, krn ab pernah pimpin organisasi yg lebih besar.. semangat yo kando Barlep Yif...
Barlep Yif
Barlep Yif Siap....mks dik Sar Dianus
Zuhri Ayah Nya Valen
Zuhri Ayah Nya Valen Ngapo kok bsa mcam ni yo?.. D kec.lb.masurai 1,5 juta/kdes, kato nyo..
Pernandes BiGal CEh Ay
Pernandes BiGal CEh Ay Teruskan Perjuanganya
Barlep Yif
Barlep Yif Tu kan keluar galo....kejadiannyo.....
Avies CHay
Avies CHay Sesakitpun sebuah kejujuran akan lebih menyakitkan ketika kebohongan terugkap
Kalau saya SIH YES😀😁
Thomaz Onyon
Thomaz Onyon mingkem aja om ... tak ada laut yg tak berombak !!
Barlep Yif
Muchlisin Madras
Muchlisin Madras Hanya dua pilihan "Biasakan yang benar, atau benarkan kebiasaan"
Armina Agustin New
Armina Agustin New Hebat! revolusiener...!
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos