Home » , , » Sidang Pencemaran Nama Baik, Hakim Minta Jaksa Hadirkan HBA

Sidang Pencemaran Nama Baik, Hakim Minta Jaksa Hadirkan HBA

Written By jambipos-online on Tuesday, May 24, 2016 | 5:24 PM

Hakim Perintahkan Jaksa Panggil HBA
Sigit Eko Yuwono, Kabid Penanganan Konflik di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jambi menjadi saksi pertama yang diminta keterangannya.IST Jambiterkini
Tiga saksi korban Sigit Eko Yuwono, Dodi Saptra dan Kaspul Anwar saat diambil sumpah sebagai saksi di PN Jambi, Selasa (24/5/2016).
Jambipos Online, Jambi-Sidang Fadlan Maarif dugaan pencemaran nama baik mantan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) digelar di Pengadilan Negeri Jambi, Selasa (24/5/2016) pagi. Sidang beragendakan pemanggilan saksi–saksi dari pihak Hasan Basri Agus (HBA). 

Sigit Eko Yuwono, Kabid Penanganan Konflik di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jambi menjadi saksi pertama yang diminta keterangannya. Sigit dihadirkan sebagai saksi pelapor terkait broadcast Fadlan Maarif yang mencantumkan nama HBA.

Kepada hakim yang diketuai Tajuddin (Wakil Ketua PN Jambi), Sigit mengaku mendapatkan broadcast tersebut. Selanjutnya, saat ditanya apa yang dilakukan, setelah mendapat broadcast tersebut, ia mengatakan langsung melaporkan ke Media Center HBA-Edi Purwanto.

“Saya sampaikan ke Hasan Mabruri saat itu, sebagai media center HBA,” ungkapnya. Hakim sempat mempertanyakan, mengapa Sigit yang merupakan Kabid di Kesbangpol tidak menjalankan fungsinya sesuai jabatannya.

“Sebagai Kesbangpol, mengapa tidak langsung mengkonfirmasi ke yang bersangkutan?,” jelasnya. “Saya tidak menanyakan ke Fadlan. Saya informasikan ke ajudan HBA,” sebut Sigit.

“Apakah ajudan itu atasan anda?,” tanya hakim lagi. “Hanya informasi saja,” jawab Sigit. Selain Sigit, dua saksi lainnya juga dimintai keterangan terkait kasus ini, yakni Dodi Saptra dan Kaspul Anwar. 

Kasus persidangan Fadlan Maarif vs HBA sudah tahap pemanggilan para saksi, usai meminta keterangan Sigit Eko Yuwono hakim ketua kembali memanggil saksi kedua yakni Kaspul.
 
Dalam keterangannya, Kaspul menyebutkan salah satu nama Sabrianto yang merupakan Kabag Pemberitan Pemprov Jambi, Selasa (24/05/2016) siang.

“Usai saya mengscreen shot broadcast dari HP milik Dodi lantas saya berkomunikasi dengan Sabrianto, setelah itu Sabrianto minta dikirimkan hasil screen shot saya tersebut, setelah itu saya tidak tahu kelanjutannya,”jelasnya. 

Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim Tajudin, kecewa lantaran saksi korban, yakni Hasan Basri Agus (HBA) tidak hadir dalam persidangan kasus hate speach terhadapnya yang dilakukan oleh Fadlan Maarif.
 
Padahal, menurut Hakim, sesuai KUHP, keterangan pertama yang harus didengar adalah keterangan saksi korban, yakni HBA. Untuk itu, majelis Hakim memerintahkan Jaksa untuk menanggil HBA dalam persidangan.

“Pak Jaksa, panggil HBA yang kedua kali sebagai peringatan, jika tidak hadir, panggil paksa,” ungkap Hakim. Namun demikian, untuk efisiensi waktu, Hakim tetap melanjutkan persidangan.(*)
 
 
 
 
Sumber: Jambiterkini.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos