Home » » Sekda : Satpol PP Tingkatkan Kepekaan dan Pengayoman

Sekda : Satpol PP Tingkatkan Kepekaan dan Pengayoman

Written By jambipos-online on Thursday, May 5, 2016 | 6:16 AM

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H. Ridham Priskap

Jambipos Online, Jambi-Rakor Pembentukan Keamanan Lingkungan Masyarakat Satpol PP Se Provinsi Jambi Tahun 2016 yang berlangsung di Aula Kantor Satpol PP Provinsi Jambi langsung dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H. Ridham Priskap,Rabu (4/5/2016).

Penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat menjadi urusan wajib pemerintah yang dilaksanakan satuan polisi pamong praja.
 

Keberadaan Satpol PP ditengah masyarakat terutama melaksanakan peraturan daerah ditekankan Sekda dapat tercapai dengan baik bahkan mengurangi kemampuan mengandalkan kekuatan personil dengan mengedepankan sikap dan perlakuan yang lebih humanis. "Hindarkan hal kontraproduktif serta upayakan pendekatan yang lebih humanis," ungkap Sekda.

Tugas penegakan Perda dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tugas Satpol PP merupakan tugas yang mesti dilaksanakan saat ini mengingat masyarakat yang semakin banyak dan kompleks butuh perlindungan melalui dasar dasar ketertiban umum yang menjangkau semua lapisan masyarakat. "Tingkatkan kepekaan terhadap perubahan dan dinamika masyarakat guna mendeteksi terjadinya gangguan keamanan," tegas Sekda.

Banyak hal yang dapat dilakukan Satpol PP bersama masyarakat, keberadaan Satpol PP yang profesional, menjunjung tinggi hak asasi manusia, jalinan koordinasi dengan aparat terkait serta bangunan komunikasi yang baik dengan segenap komponen masyarakat menjadi penegasan Sekda agar Satpol PP mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang menimbulkan kesan Satpol PP hadir dan diharapkan masyarakat.

"Tingkatkan jiwa dan citra pengabdian dalam pengayoman dan perlindungan masyarakat," ujar Sekda. 
 
Selanjutnya Sekda mengharapkan sinergi Satpol PP dengan aparat Kepolisian, Kejaksaan, TNI dalam upaya koordinasi serta pemangku kepentingan terkait dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan SOP yang ada. "Buat suatu ketentuan yang jadi dasar kita kerja dengan perlindungan hukum," kata Sekda.

Rapat yang mengusung tema dengan pembentukan keamanan lingkungan kita ciptakan kondisi yang tertib nyaman, aman guna mewujudkan Jambi Tuntas 2021 menurut Kasatpol PP Drs. John Eka Powa memiliki tujuan untuk menyamakan persepsi keamanan lingkungan masyarakat tingkat kelurahan dan desa. 
 
Tupoksi penyelenggaraan pengamanan masyarakat yang menjadi tugas Satpol PP melalui rakor tersebut diharapkan mampu menjalin koordinasi, komunikasi sesuai dengan undangan yang hadir Lembaga Adat Melayu, Komisi I DPRD, Bappeda, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Kesbangpol, BPBD, Biro Pemerintahan, Basarnas Daerah, Kasatpol PP se Provinsi Jambi. "Pembinaan,perlindungan masyarakat, menjaga ketertiban umum, patroli aset,patroli keamanan lingkungan," jelas Kasatpol PP Provinsi Jambi. (Raihan-Humasprov Jambi)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos