Home » , » Resmikan Bank NISP, Wagub Harap Dunia Usaha dan Pendanaan Terus Berkembang

Resmikan Bank NISP, Wagub Harap Dunia Usaha dan Pendanaan Terus Berkembang

Written By jambipos-online on Tuesday, May 31, 2016 | 8:06 PM

Bank OCBC NISP Jambi akan Tempati ke Kantor Baru
Kunjungan jajaran pimpinan Bank OCBC NISP Heriwan Gazali, National Network Head Bank OCBC NISP, ke Kantor Harian Pagi Tribun Jambi, Senin (30/5).FOTO
TRIBUNJAMBI/SUANG SITANGGANG

Jambipos Online, Jambi-Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum berharap agar dunia usaha dan pendanaan, baik perbankan maupun non perbankan, terus berkembang. Harapan tersebut disampaikan oleh Wagub dalam Grand Opening Kantor Cabang OCBC NISP Hayam Wuruk, Kota Jambi, Selasa (31/5/2016) siang.

Wagub menyatakan, dirinya mengapresiasi dibukanya kantor cabang Bank OCBC NISP, yang berarti bahwa bank tersebut bertumbuh dan berkembang. Wagub juga menyatakan, dengan dibukanya kantor cabang bank OCBC NISP tersebut, semakin banyak tenaga kerja yang diserap, masyarakat sekitar mendapatkan manfaat, dan semakin banyak pajak utuk negara.

Selain itu, Wagub berharap, seluruh aktor pembangunan di Provinsi Jambi maupun di Indonesia, yakni pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat madani terus bertumbuh dan berkembang, yang pada akhirnya bermuara pada kemajuan Provinsi Jambi dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

“Menumbuhkan ekonomi tentu membutuhkan banyak  kontribusi dari semua pihak. Tiga strategi utama yang kita jalankan untuk membangun kembali ekonomi kita (triple track strategy), pertama, kita ingin terus meningkatkan pertumbuhan melalui investasi dan ekspor. Kedua, kita ingin terus menumbuhkan sektor riil, agar lebih banyak tercipta lapangan kerja melalui industri pertanian dan jasa. Ketiga, yang tidak kalah pentingnya, kita ingin mengurangi kemiskinan secara sistematis dan signifikan melalui revitalisasi pembangunan pertanian dan pembangunan pedesaan,” ujar Wagub. 

“Tentu saja kita berharap dunia usaha mengambil porsi yang penting, disamping masyarakat, pemerintah dan semua pihak juga akan berkontribusi. Dalam kaitan itulah, maka ketika kita sepakat untuk mengembangkan banyak usaha, maka faktor yang menentukan adalah pendanaan dan pembiayaan, yang disebut financing.” jelas Wagub.

Wagub mengemukakan, dalam pendanaan tersebut, peran bank, termasuk Bank OCBC NISP sangat dibutuhkan, yang juga turut menggerakkan perekonomian.

Selanjutnya, didampingi oleh Wakil Walikota Jambi, H.Abdullah Sani, Kepala OJK Jambi, Kepala BI Perwakilan Provinsi Jambi, dan OCBC NISP National Network Head, melakukan pemukulan gong sebagai pertanda pembukaan Kantor Cabang Bank OCBC NISP Hayam Wuruk, Kota Jambi.

Setelah itu, Wagub dan rombongan meninjau berbagai ruangan dalam gedung kantor OCBC NISP Hayam Wuruk tersebut.

Sebelumnya, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi, Darwisman menyatakan, dengan dibukanya cabang baru Bank OCBC NISP, maka terdapat 380 bank umum di Provinsi Jambi, tetapi kalau ditambah dengan BPR, totalnya 412 bank di Provinsi Jambi.

Darwisman mengemukakan, bank berkewajiban memberikan edukasi literasi keuangan  dan pemahaman kepada nasabah.

Darwisman mengatakan, perekonomian dan pembangunan Provinsi Jambi sedang menggeliat dan prospek pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jambi bagus.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Jambi, V. Carlousa, pada intinya mengharapkan agar Bank OCBC NISP (Oversee Chinese Banking Corporation Nilai Inti Sari Penyimpan) dapat melaksanakan seluruh ketentuan perbankan yang sudah ditetapkan oleh BI dan pemerintah, serta dapat mendukung program kerja Bank Indonesia dan pemerintah.

OCBC NISP National Network Head, Heriawan Gozali, dalam laporannya menyampaikan, seluruh jajaran OCBC NISP berharap OCBC NISP Jambi bisa memenuhi kebutuhan pebankan di Provinsi Jambi.

Heriawan Gozali menuturkan, sampai 31 Maret 2016 OCBC NISP di Indonesia memiliki aset Rp119,4 triliun dan 369 kantor, Rasio Kecukupan Modal 18%, dan Rasio Kredit Bermasalah 0,8%, dimana rasio kresit bermasalah tersebut mencerminkan bahwa OCBC NISP memegang prinsip kehati-hatian. Gozali mengatakan, OCBC Singapura mendukung sepenuhnya OCBC Indonesia. (Mustar Hutapea)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos