Home » , , , , » Zola : Kerinci dan Sungai Penuh Punya Potensi Alam Cassia Co-op yang Luar Biasa

Zola : Kerinci dan Sungai Penuh Punya Potensi Alam Cassia Co-op yang Luar Biasa

Written By jambipos-online on Saturday, April 23, 2016 | 3:23 PM



Jambipos Online, Kerinci-Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli.S.TP. MA melaksanakan Shalat Jum'at berjamaah dengan masyarakat Siulak Mukai di Masjid Jamik Siulak Mukai Kecamatan Siulak Mukai Kabupaten Kerinci, Jum'at (22/04/2016). 

Bertindak sebagai khatib shalat Jum'at Buya Idrus S.Ag. Dalam ceramah singkatnya, disampaikan Manusia derajat kemuliaannya berada diatas makluk lain. Manusia mempunyai akal dan pikiran, maka wajib dipergunakan pada jalan kebaikan.

Usai shalat jum'at bersama Masyarakat Siulak Mukai Gubernur Zola melanjutkan perjalanan menuju rumah pribadi H. Murasman mantan Bupati Kerinci, ditengah perjalanan Zola melihat para petani yang sedang berkerja dan kemudian turun untuk berdialog dengan para petani tersebut dan menanyakan secara langsung persoalan dan kendala yang dihadapi para petani saat ini.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Zola juga memberikan bantuan secara pribadi kepada petani tersebut.

Gubernur Zola kemudian bersilaturrahmi dengan masyarakat Siulak Mukai di Bukit Tengah Kecamatan Siulak Mukai Kabupaten Kerinci.

Dalam sambutan singkatnya Gubernur Zola menyampaikan, ucapan terima kasih atas antusiasme masyarakat Siulak Mukai. Dulu kami datang sebagai calon gubernur, sekarang sudah menjadi Gubernur dan Kerinci akan menjadi perhatian kami,” ujar Zola.

“Tadi saya sengaja menghampiri petani yang sedang bekerja di sawah untuk menanyakan persoalan pertanian secara langsung kepada petani. Dengan ini kita bisa mengetahui persoalan yang tengah dihadapi ditengah masyarakat,” ujar Zola.

Pada kesempatan tersebut tokoh Masyarakat Kerinci H. Murasman menyampaikan, masyarakat Kerinci sangat mensyukuri kedatangan Gubernur Jambi Zumi Zola.

Atas nama masyarakat Kerinci mengharapkan pembangunan Insfrastruktur jalan pada Bukit Tengah di Kerinci mendapat perhatian. Murasman mengatakan masyarakat kerinci akan terus membantu pembangunan sesuai dengan visi dan misi Jambi TUNTAS 2021.

Usai silaturrahmi bersama Masyarakat Siulak Mukai Gubernur Zola melanjutkan perjalanan menuju Desa Koto Dumo Kecamatan Tanah Kampung, Kota Sungai Penuh untuk melihat langsung Pabrik Pengelohan Kayu Kulit Manis menjadi Bubuk (Cassia Co-op).

Gubernur Zola sangat mendukung keberadaan Pabrik Cassia Co-op dan mengharapkan kedepannya, Provinsi Jambi khususnya Kerinci dapat memproduksi barang yang siap jadi.

“Kita semua tahu Provinsi Jambi adalah penghasil Cassiavera terbesar terutama Kabupaten Kerinci dan Merangin. Negara-negara eropa adalah pengkonsumsi Cassiavera terbesar di dunia hampir 80 persen dan hampir sebanyak 60 persen cassiavera Jambi diekspor ke eropa yang artinya pemasok terbanyak,” ujarnya.

“Setelah saya tanyakan kepada pihak pengelola, ternyata yang menjadi kendala saat ini adalah masalah Transportasi, biaya angkut menjadi mahal, karena harus membawa hasil ini ke pelabuhan di Padang, sampai disana menjadi lama dan butuh biaya lagi. Untuk itu kita harus cepat menyelesaikan pelabuhan Ujung Jabung. Agar hasil alam kita ini bisa di ekspor melalui Ujung Jabung secara cepat," jelas Gubernur Zola.

Kedatangan Orang Nomor Satu di Provinsi Jambi beserta rombongan disambut langsung Walikota Sungai Penuh beserta Forkompimda Kota Sungai Penuh dan Kepala SKPD terkait.

Usai peninjauan di pabrik Cassia Co-op, Gubernur Zola berserta rombongan langsung bertolak menuju kota jambi. (Sapra Wintani-Humas Prov Jambi)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos