Home » , » Sekda Harapkan Forum Konsultasi RKPD Hasilkan Program Aspiratif

Sekda Harapkan Forum Konsultasi RKPD Hasilkan Program Aspiratif

Written By jambipos-online on Wednesday, April 13, 2016 | 8:24 AM


Jambipos Online, Jambi-Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H Ridham Priskap menyatakan harapannya agar forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan RKPD Provinsi Jambi tahun 2017 dapat menghasilkan program yang aspiratif. 

Hal itu dikatakan Sekda Selasa (12/4/2016) di Ruang Mayang Mangurai Bappeda Provinsi Jambi ini saat membuka acara tersebut. Kepala Bappeda Provinsi Jambi serta 250 peserta dari kepala SKPD, Akademisi, Staf Ahli, perbankan maupun perorangan.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dan ketersediaan infrastruktur daerah serta dalam rangka menumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan menuju Jambi Tuntas 2021.  Sebelumnya Undang-undang Nomor 25 tahun 2014, tentang pelaksanaan nomor 8 Tahun 2008 terkait tahapan tata cara rancangan pembangunan daerah.

“Forum ini sangat strategis karena ini bagian kita menyempurnakan rancangan awal RKPJ 2017. Ini akan menjadi dokumen perencanaan yang memang harus ada dalam rangka kita menyusun rencana kerja 2017,” ujarnya.

Diharapkan menghasilkan pembangunan yang strategis dan dengan pertemuan ini akan menghasilkan program yang berasal dari aspirasi dan masukan dari semua pemangku kepentingan, walaupun nantinya tidak 100 persen dapat diakomodir.

“Karena keterbatasan kita terutama dari segi anggaran" kata Ridham Priskap, Sekda Provinsi Jambi.

Disampaikan Sekda bahwa jangan sampai ada program pembangunan yang tumpang tindih (overlap) dan juga dapat melaksanakan sustainable development (pembangunan berkelanjutan.

“Kita sudah mempublikasikan melalui media cetak dan online, terkait dengan RKPD tahun 2017, kita mencoba bagaimana kita bisa memadukan hasil forum iini dengan pra musrenbang dan ada pokok-pokok pikiran dari DPRD kepada pemerintah dan itu nanti yang akan kita sinergikan,”ungkapnya.

Selanjutnya, Sekda mengingatkan pentingnya data yang akurat dalam perencanaan dan sinkronisasi program pembangunan. "Kondisi apa yang kita harapkan 2021 berangkat dari kondisi existing sekarang, maka kita harus mulai dari data yang akurat. Perencanaan yang bagus harus berangkat dari data yang bagus. Tentu kabupaten/kota lebih paham dengan database yang ada di kabupaten/kota masing-masing," jelas Sekda.

Sekda juga menekankan bahwa visi Jambi TUNTAS 2021 koridornya harus konsisten dimana nantinya betul-betul dapat berkontribusi dan menghasilkan bukan hanya output tetapi juga outcome bagi masyarakat di Provinsi Jambi.

“Untuk mewujudkan Jambi TUNTAS 2021 sinergitas seluruh komponen untuk memaksimalkan potensi yang ada, hilangkan ego sektoral, bekerja dengan team work , dan tim ini adalah tim yang solid, yang terdiri dari ahli kepakaran di bidangnya masing-masing,”katanya. (Sapra Wintani/Humas Prov Jambi)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos