Home » , , , , » PU Provinsi Jambi Anggarkan Rp 50 Miliar Bangun Jalan Evakuasi TNKS Sepanjang 15 Kilo Meter

PU Provinsi Jambi Anggarkan Rp 50 Miliar Bangun Jalan Evakuasi TNKS Sepanjang 15 Kilo Meter

Written By jambipos-online on Friday, April 22, 2016 | 5:40 AM


Pimpinan BPK RI Prof. DR. Rizal Djalil, MM dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional II di Padang, Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli, Kadis PU Provinsi Jambi Ir PB Panjaitan MM berserta rombongan meninjau lokasi jalan evakuasi di Desa Pauh Tinggi Kecamatan Gunung Tujuh, Kamis, (21/04/2016).

Jambipos Online, Jambi-Pemerintah Provinsi Jambi melalui PU Provinsi Jambi telah menganggarkan dana di APBD Provinsi Jambi sebesar Rp 5 Miliar untuk membangun jalan evakuasi melalui Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) sepanjang 15 kilo meter. Jalan evakuasi itu sebagai antisipasi jika nantinya Gunung Kerinci meletus.

Pimpinan BPK RI Prof. DR. Rizal Djalil, MM dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional II di Padang, Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli, Kadis PU Provinsi Jambi Ir PB Panjaitan MM berserta rombongan meninjau lokasi jalan evakuasi di Desa Pauh Tinggi Kecamatan Gunung Tujuh, Kamis, (21/04/2016).

Dalam peninjauan lokasi rencana pembangunan proyek jalan evakuasi itu, Zola mengatakan, bahwa jalan evakuasi sangat diperlukan oleh masyarakat Kerinci guna kapan kejadian yang tidak diinginkan sperti gunung Kerinci meletus.

“Ini perlu jalan untuk menyelamatkan masyarakat sebagai tempat perlindungan tercepat. Jalan evakuasi yang akan di buka melalui TNKS sepanjang 15 kilo meter. Ini kita sudah ada persetujuan, tapi tunggu dulu izin resmi dari Kementerian Kehutanan. Nanti akan turun tim pemantau dari kementerian. Setelah ada izin kita bersama Pemerintah Kabupaten Kerinci berkerja sama agar cepat terealisasi,” kata Zumi Zola.

“Jalan evakuasi telah dianggarkan dana 50 milyar dari dana APBD Provinsi Jambi untuk landkliring dan pembebasan lahan, tinggal menunggu izin dari kementerian lagi,” kata Zola. 

Usai meninjau jalan evakuasi di Desa Pauh Tinggi, Gubernur Jambi Zola yang di dampingi Bupati Adi Rozal kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Batu Hampar Kecamatan Kayu Aro juga meninjau hal yang sama. Dimana jalan evakuasi ini akan menghubungkan atara Desa Batu Hampar dengan Desa Sungai Betung Mudik Kecamatan Gunung Kerinci yang akan membuka jalan 30 kilo meter.

Usai peninjauan di Desa Batu Hampar, Gubernur Jambi berserta rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Siulak Deras Kecamatan Gunung Kerinci untuk melihat secara langsung pelebaran jalan dan pemasangan turap pada dinding bukit yang sering longsor.

Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Kerinci ini, selain meninjau jalan evakuasi, pelebaran jalan serta pemasangan turap, Gubernur beserta rombongan dengan didampingi Bupati Kerinci juga melakukan peninjauan ke Bandara Depati Parbo Kerinci. (Lee)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos