Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Perpanjangan Landasan Bandara Jambi Segera Dibangun

Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, S.TP,MA  meninjau lokasi rencana perpanjangan landasan bandara, didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Ir PB Panjaitan MM, Jum’at (1/4/2016).IST
Bandara Jambi. Foto Asenk Lee Saragih.



Bangunan Embung di Bandara Jambi. Foto Asenk Lee Saragih.

Jambipos Online, Jambi-Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu prioritas pembangunan Provinsi Jambi dibawah kepemimpinan Zumi Zola-Fachrori Umar. Pengembangan infrastruktur itu yakni pengembangan Bandara Sultan Thaha Syaidudin Jambi. Walaupun Bandara Jambi ini sudah dikembangkan, salah satunya prioritas yakni perpanjangan landasan pacu bandara, yang existing (saat ini) sepanjang 2.200 meter untuk menjadi 2.600 meter.

Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, S.TP,MA  meninjau lokasi rencana perpanjangan landasan bandara, didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Ir PB Panjaitan MM, Jum’at (1/4/2016).

Peninjauan itu sehubungan dengan upaya perpanjangan landasan pacu bandara, ada sebagian jalan di dekat bandara yang harus ditutup, jika perpanjangan landasan bandara dilaksanakan. Menyikapi hal tersebut, Zola menyatakan bahwa jika jalan tersebut ditutup, harus ada jalan alternatif dan harus ada solusinya.

Zola menyatakan, melihat lokasi untuk perpanjangan landasan dari 2.200 meter akan menjadi 2.600 meter. Ini ada hubungannya dengan besar kapasitas pesawat yang akan masuk ke Jambi, dan ini sudah saya sampaikan kepada Dirut Angkasa Pura waktu di Jakarta, beliau setuju.

“Saya mau lihat kondisinya di lapangan seperti apa. Kalau sudah ada perpanjangan landasan, maka jalan ini, jalan nasional, akan tertutup, tentu jalur lintasannya mesti kita cari tahu, kemana alternatifnya. Saya pikir ini penting dan sudah sampai informasinya ke keementerian terkait, tinggal bagaimana kesiapan kita di Jambi dalam kajian dan perencanaannya,” ujar Zola.

“Dari PU tadi mengatakan sudak oke, tidak ada masalah. Ini ada hubungannya juga dengan embarkasi haji, itu kan penting juga. Kita berharap, pesawat-pesawat yang masuk ke Jambi lebih banyak lagi dan lebih besar lagi kapasitasnya,” lanjut Zola.

“Jalur ini akan ditutup, otomatis jalan ini tidak bisa digunakan lagi, berarti kita harus mutar, mutar itu sampai ada jalan dari Kabupaten Muaro Jambi dan kota yang kena. Tidak ada lahan masyarakat yang kena akibat perpanjangan landasan bandara. Kita coba cari yang paling bagus, solusi yang terbaik, yang lebih sedikit kendala dan prosesnya lebih cepat,” katanya.

PB Panjaitan menambahkan, rencana perpanjangan landasan bandara tersebut akan dipresentasikan tahun 2016 ini ke Kementerian PU terkait, tentang kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi dalam perencanaanya, termasuk usulan untuk pemasangan Instrument Landing System (ILS) Bandara Sultan Thaha.

Zumi Zola didampingi PB Panjaitan juga meninjau jalan alternatif yang sebagian masuk dalam wilayah Kota Jambi dan sebagian lagi masuk wilayah Kabupaten Muaro Jambi, yakni ke arah Simpang Ahok. (Lee)


Berita Lainnya

Posting Komentar

1 Komentar

  1. kenapa tidak 3000 M ya nanggung banget, biar bisa didarati pesawat A380 700
    dan pling penting bisa menjadi embarkasi haji

    BalasHapus

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE