Home » , » Menanti Gebrakan Zumi Zola Melobi Dana Pusat untuk Operasional Eskavator Kecamatan

Menanti Gebrakan Zumi Zola Melobi Dana Pusat untuk Operasional Eskavator Kecamatan

Written By jambipos-online on Tuesday, April 12, 2016 | 8:24 AM

Perbaikan Jalan di Depan GOR Kotabaru Jambi. Foto Asenk Lee Saragih.
Jambipos Online, Jakarta-Kini masyarakat Provinsi Jambi menanti gebrakan Gubernur Jambi Zumi Zola untuk melobi Pemerintah Pusat dalam mendapatkan dana biasa operasional Eskavator Kecamatan sejalan dengan program Zumi Zola “Satu Kecamatan Satu Eskavator”.

Program “Satu Kecamatan Satu Eskavator” itu sebagai program Pemprov Jambi dibawah kepemimpinan Gubernur Jambi Zumi Zola untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di daerah Provinsi Jambi. 

“Eskavator tersebut nantinya akan digunakan oleh warga untuk membuka dan mengolah lahan mereka. Cara ini untuk menekan cara tradisional yakni dengan membakar. Supaya masyarakat yang terbiasa membuka lahan dengan cara membakar, tidak membakar lahan lagi,” ujar Zola, Senin 11 April 2016, usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta. 

Zola mengungkapkan, banyak masyarakat membuka lahan dengan cara membakar karena lebih murah dan lebih cepat. Dengan dilarangnya masyarakat membuka lahan dengan cara membakar, solusinya adalah satu eskavator satu kecamatan.

“Cuma permasalahannya sekarang, provinsi menyediakan alatnya, mesinnya, biaya operasionalnya darimana? Saya bilang, kalau memungkinkan dari Dana Desa kita yang sangat besar itu. Tadi menurut Pak Wapres tidak masalah, tetapi memang harus disesuaikan dengan aturannya, saat ini belum bisa, sekarang sedang dikaji. Mudah-mudahan nanti bisa,” jelas Zola.

Zola menyatakan bahwa dalam rapat upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan dengan Menko Perekonomian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Menteri Keuangan, Menteri Desa, Kepala Bappenas, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang, dia sudah bicarakan tentang program Satu Kecamatan Satu Eskavator, sebagai salah satu upaya untuk mencegah dan mengurangi kebakaran hutan dan lahan. (Lee)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos