Home » » Kerinci dan Merangin Masih Siaga Longsor

Kerinci dan Merangin Masih Siaga Longsor

Written By jambipos-online on Friday, April 8, 2016 | 10:54 AM

PB Panjaitan MM Dampingi Menteri PU Pera saat kunjungan di Jambi, Jumat 30 Okt 2015.
Jambipos Online, Jambi-Pemerintah Kabupaten Kerinci dan Merangin hingga Kamis (7/4/2016) masih memberlakukan status siaga longsor menyusul terjadinya beberapa kali longsor di ruas jalan Kerinci – Merangin. Kendaraan penumpang, barang dan pribadi yang melalui ruas jalan Kerinci – Merangin, khususnya di daerah perbukitan Muaraemat dan Batangmerangin diminta waspada terjadinya kembali longsor susulan di saat curah hujan masih tinggi saat ini.

“Kerinci – Merangin masih tetap siaga longsor menyusul terjadinya longsor di lima titik pada ruas jalan Muaraemat dan Batangmerangin, Kerinci dua hari terakhir. Pengemudi yang hendak melintasi ruas jalan Kerinci – Merangin wilayah perbukitan Muaraemat – Merangin diharapkan memantau dan mencari informasi mengenai longsor sebelum melanjutkan perjalanan agar tidak sampai terjabak longsor,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kerinci, Anshar di Kerinci, Kamis (7/4).

Menurut Anshar, terjebaknya ratusan kendaraan hingga 14 jam pada ruas jalan Muaraemat, Kerinci yang dilanda longsor Selasa – Rabu (5 – 6/4) disebabkan tidak adanya informasi mengenai kondisi longsor yang diperoleh para pengemudi ketika hendak melalui ruas jalan Muaraemat – Batangmerangin. Seandainya para pengemudi mengetahui kondisi longsor pada ruas jalan yang menghubungkan Kerinci – Kota Jambi tersebut, mereka tidak sampai terjebak longsor dalam perjalanan hingga belasan jam.

Selama ini, lanjut Anshar ruas jalan Muaraemat, Kerinci yang berada di daerah perbukitan rawan longsor setiap musim hujan. Daerah rawan longsor pada ruas jalan nasional itu mencapai 15 titik. Akibat hujan deras yang turun di daerah itu Senin – Selasa (4 – 5/4) longsor kembali terjadi pada ruas jalan tersebut.

“Longsor terjadi di lima titik dan membuat arus transportasi sempat lumpuh hingga Rabu pagi. Namun arus transportasi normal kembali Rabu siang setelah materian tanah dan batu yang menimbun jalan dibersihkan. Alat berat masih disiagakan di lokasi longsor mengantisipasi terjadinya longsor susulan,” katanya.

Sementara itu Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Kerinci, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Supatyanto mengingatkan para pengemudi bus penumpang, truk dan kendaraan pribadi Kota Jambi – Kerinci yang melewati ruas jalan Muaraemat meningkatkan kewaspadaan. Para pengemudi diminta mencari informasi mengenai kondisi jalan sebelum melanjutkan perjalanan melalui ruas jalan perbukitan tersebut, khususnya ketika hujan deras.

“Kami sudah menyiapkan beberapa pos di arah Kota Bangko, Merangin dan Kerinci untuk membeerikan informasi kondisi jalan Muaraemat. Pengemudi bisa menanyakan kondisi jalan ke petugas polisi di pos tersebut. Selain itu kami juga terus memantau kondisi longsor pada ruas jalan Kerinci - Merangin di saat curah hujan masih tinggi hingga saat ini,” ujarnya. (Rds/SP)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos