Home » , , » Dekranasda Harus Jadi Motor Penggerak Pengrajin

Dekranasda Harus Jadi Motor Penggerak Pengrajin

Written By jambipos-online on Tuesday, April 19, 2016 | 7:10 AM




Jambipos Online, Jambi- Gubernur Jambi Drs.H.Zumi Zola Zulkifli, S.TP.MA menyatakan kalau Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi bisa sebagai motor penggerak pengrajin di Provinsi Jambi. Dkranasda juga diminta agar dapat mendukung pemerintah meningkatkan potensi pengrajin. 

Hal itu dikatakan Zumi Zola pada acara pelantikan dan Musda Dekranasda Provinsi Jambi bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur, Senin (18/4/2016). Hadir pada kesempatan ini Ketua PKK Provinsi sekaligus Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj. Sherrin Tharia Zola, Ketua BKOW Provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori, Ketua Dharma Wanita Provinsi Jambi Hj. Lovia Trisna Ridham. Sekretaris Jenderal Dekranas Nurhayati Lagoda, dan pengurus Dekranas Reti Thamrin.

Kata Zumi Zola, pihaknya mengharapkan agar bersama pemerintah dapat membuat suatu program yang akan mendukung kemajuan kerajinan di Provinsi Jambi. Dijelaskan, pemerintah akan terus mendorong perkembangan dan program yang akan dirancang oleh Dekranasda.

Diharapkan para pengurus yang dilantik ini akan melaksanakan tanggung jawabnya sehingga mampu memajukan Dekranasda selaku mitra pemerintah Provinsi Jambi dengan memberdayakan pengrajin Jambi antara lain menggali, melestarikan, membina dan mengembangkan produk kerajinan berbasis warisan budaya untuk kesejahteraan perajin dalam kemandirian ekonomi.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kerajinan erat kaitannya dengan ekonomi kreatif, yang lahir dari sebuah ide, gagasan serta kreatifitas yang dimiliki seseorang yang akan menghasilkan sebuah karya,” ujarnya. 

Kekayaan kebudayaan dan kerajinan kita dari Kerinci sampai ke Tanjung Jabung Timur sangat membanggakan, dan diharapkan tidak hanya membanggakan saja di Provinsi Jambi tetapi dapat terus ditingkatkan sehingga akan terus membawa kerajinan Jambi di tingkat nasional bahkan sampai ke tingkat internasional.

“Saat ini Presiden Jokowi juga ingin memaksimalkan segala kekayaan budaya dan pariwisata Indonesia, maka kerajinan yang dimiliki di Indonesia akan terus dikembangkan,” ujar Zola.

Zola juga menyatakan bahwa dengan diikutsertakannya beberapa Kepala SKPD terkait sebagai pengurus Dekranasda akan semakin meningkatkan kerjasama dan sinergitas antara pemerintah dan Dekranasda.

“Dengan ini kami siap sebagai patner bekeja bersama, tinggal lagi sekarang maka ada program kerja ke depan yang fleksibel kita akan buat program yang nantinya akan ada target setiap tahunnya kita tidak menutup kemungkinan akan selalu mengadakan pameran baik di tingkat nasional dan internasional. Namun saya berharap Dekranasda mempersiapkan dengan maksimal semua potensi yang ada terutama jika mengikuti pameran agar dapat menampilkan dengan efisien dan efektif, karena jika hanya mengikuti saja dengan tampil apa adanya akan sayang sekali membuang APBD kita,”katanya. (JP-03)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos