Home » , » Tak Ada Kerusakan di Kerinci Akibat Gempa Mentawai

Tak Ada Kerusakan di Kerinci Akibat Gempa Mentawai

Written By jambipos-online on Thursday, March 3, 2016 | 5:25 PM


Gempa Mentawai
Gempa Mentawai (earthquake.usgs.gov)
Jambipos Online, Kerinci-Gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richter (RS) di kepulauan Mentawai, Sumatera Barat yang terasa di Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci, Rabu (2/3) malam tidak sampai menimbulkan korban manusia dan kerusakan bangunan. Namun gempa di Mentawai tersebut sempat membuat warga Kota Sungaipenuh dan Kerinci panik dan berhamburan menyelamatkan diri ke luar rumah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kerinci, Evi Rasmianto di Kerinci, sekitar 419 km dari Kota Jambi, Kamis (3/3) menjelaskan, berdasarkan pantauan di daerah itu sejak Rabu (2/3) malam hingga Kamis (3/3) pagi tidak ada kerusakan bangunan maupun korban manusia akibat gempa Mentawai yang terasa hingga ke daerah tersebut.

“Getaran gempa Mentawai memang terasa keras di Kerinci. Warga sempat berhamburan ke luar rumah. Namun belum ada menerima laporan mengenai kerusakan bangunan atau korban luka akibat gempa tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kerinci, Yon Haides mengatakan, guncangan gempa Mentawai yang terasa di Sungaipenuh dan Kerinci, Rabu (2/3) malam terasa cukup kuat dan berlangsung hampir satu menit. Getaran gempa yang kuat membuat warga di daerah itu sempat berhamburan ke luar rumah karena trauma gempa Kerinci tahun 1995.

“Akibat getaran gempa yang kuat, kami sempat memperingatkan warga agar segera menyelamatkan diri ke ruang terbuka. Kami juga minta warga waspada terjadinya gempa susulan. Namun sampai Rabu (2/3) pukul 23.00 WIB tidak terjadi getaran gempa yang lebih kuat, sehingga warga kembali ke rumah masing-masing,”katanya.

Sementara itu warga Kota Jambi tidak merasakan adanya getaran gempa Mentawai di kota itu. Warga kota tersebut hanya mengetahui adanya gempa di Mentawai melalui siaran televisi.

“Kami tidak merasakan adanya getaran akibat gempa Mentawai. Mungkin karena Kota Jambi jauh dari Mentawai. Kami tahu gempa di Mentawau Rabu malam melalui siaran televisi,” kata Ruth, warga Paal V, Kota Jambi. (BeritaSatu.com/Radesman Saragih/JAS/
Suara Pembaruan)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos