Home » , » Kerusakan Drainase di Kota Jambi Memprihatinkan

Kerusakan Drainase di Kota Jambi Memprihatinkan

Written By jambipos-online on Thursday, March 3, 2016 | 5:23 PM


Turab Roboh di  RT21 Kel Paal Lima Kotabaru Jambi.
Jambipos Online, Kota Jambi-Kalangan DPRD Kota Jambi memprihatinkan banyaknya drainase atau saluran air yang rusak berat dan tak berfungsi di kota itu. Kerusakan drainase tersebut membuat banyak permukiman warga yang sering dilanda banjir setiap hujan lebat turun. 

Kerusakan drainase yang sudah terjadi bertahun-tahun tersebut hingga kini belum diperbaiki. Akibatnya warga Kota Jambi semakin resah karena banjir selalu merendam permukiman mereka setiap hujan lebat.

“Kerusakan drainase di beberapa wilayah di Kota Jambi kini memang sangat memprihatinkan. Banyak drainase yang tidak berfungsi karena tersumbat material tanah dan sampah. Kemudian sebagian ruas jalan tidak memiliki drainase, sehingga luapan air hujan sering menyebabkan banjir. Kami sudah melihat langsung banyaknya drainase yang rusak berat di Kota Jambi sepekan ini,” kata, Ketua Komisi III (Bidang Pembangunan) DPRD Kota Jambi, Mustamar kepada wartawan di Kota Jambi, Rabu (2/3).

Menurut Mustamar, sesuai hasil beberapa kali peninjauan yang dilakukan Komisi III DPRD Kota Jambi ke beberapa ruas jalan dan permukiman di Kota Jambi ketika hujan deras turun, banyak ruas jalan dan permukiman di kota itu dilanda banjir. Banjir yang menggenangi ruas jalan dan permukiman akibat drainase rusak antara lain terdapat di Kelurahan Simpang IV Sipin, Kecamatan Telanaipura, Jalan Pattimura, Kotabaru dan Palmerah Lama, Jambi Selatan.

“Kami meminta Dinas Pekerjaan Umum Kota Jambi segera memperbaiki kerusakan drainase yang cukup berat. Kerusakan draniase tersebut semakin sering dikeluhkan warga. Masalahnya kerusakan drainase menyebabkan permukiman warga sering banjir,” katanya.

Sementara itu dari pantauan di Kota Jambi, drainase yang rusak terdapat di Jalan Pangeran Hidayat, Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kotabaru, Kebun Kopi, Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Jelutung, Palmerah Lama, Kecamatan Jambi Selatan.

Secara terpisah, Kepala Dinas PU Kota Jambi, Khairuddin Fikri mengatakan, sejak akhir tahun lalu hingga awal tahun ini sudah mulai memperbaiki drainase yang rusak. Perbaikan yang sudah dilakukan antara lain di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Pasar, Kelurahaan Paal V, Kecamatan Kotabaru dan di beberapa wilayah lain di kota itu.

“Kami sudah menganggarkan dana perbaikan drainase sebesar Rp 400 juta tahun ini. Kami juga sudah mengusulkan bantuan perbaikan drainase di Kota Jambi senilai Rp 45 miliar kepada Kementerian PU,” tambahnya.(Radesman Saragih-SP)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos