Home » , » Inovasi Produk Jambi Perlu Ditingkatkan

Inovasi Produk Jambi Perlu Ditingkatkan

Written By jambipos-online on Friday, March 11, 2016 | 10:04 AM

Hj. Sherrin Tharia Zumi Zola 

Jambipos Online, Jambi-Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Hj. Sherrin Tharia Zumi Zola menghimbau Dekranasda se Provinsi Jambi untuk terus mengembangkan inovasi produk. Dengan terus melakukan pengembangan inovasi produk, produk Jambi semakin kompetitif dengan produk daerah-daerah lainnya.

Himbauan tersebut dikemukakan Sherrin dalam Rapat Kerja Dekranas dengan Dekranasda Provinsi Jambi, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (8/3/4) sore.

Dalam rapat tersebut, 13 orang pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) hadir, termasuk Hj.Ratu Munawwaroh Zulkifli, mantan Ketua Dekranasda Provinsi Jambi.

Selain itu, Sherrin menyatakan, Dekranasda juga terus memfasilitasi penerapan dan perlindungan Hak Atas Kekayaan Intelektual perajin. Selanjutnya, Sherrin mengharapkan agar rombongan dari Dekranas bisa memberikan saran dan berbagi pengalaman dengan Dekranasda se Provinsi Jambi, untuk menambah wawasan dan kemampuan Dekranasda se Provinsi Jambi.

Ketua Rombongan Dekranas, Yuna Nasution mengatakan, produk Provinsi Jambi sering menang dalam lomba-lomba yang diadakan Dekranas di tingkat nasional.

Yuna menyarankan agar pengembangan produk dan kria yang dilakukan oleh Dekranasda, disesuaikan dengan selera pasar. 

Kata Yuna, Dekranas akan membantu pemasaran produk dan kria dari daerah-daerah se Indonesia. Namun, Yuna menekankan bahwa yang paling utama dibenahi adalah kualitas produk, yang kemudian diikuti oleh promosi dan packaging (pengepakan/kemasan).

Yuna menganjurkan, unsur kekhasan budaya perlu dimuat dalam produk yang dihasilkan "Kita harus pandai mengekspolor kekhasan budaya dalam produk yang kita kembangkan," ujar Yuna.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda dari 11 kabupaten/kota se Provinsi Jambi memberikan paparan tentang uapaya-upaya pengembangan produk daerah masing-masing. Tarian Jambi, Tari Selampit Delapan ditampilkan dalam acara tersebut. 


Selanjutnya, rombongan dari Dekranas dan Dekranasda meninjau Sanggar Rumah Tenun Jambi, Telanaipura, Kota Jambi. (Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos