Home » » IGI Jambi Adakan Seminar Nasional Pendidikan

IGI Jambi Adakan Seminar Nasional Pendidikan

Written By jambipos-online on Wednesday, March 16, 2016 | 12:46 PM



Audensi Pengurus IGI Wilayah Provinsi Jambi ketika meminta kesediaan Walikota Jambi Sy Fasha sebagai duta gerakan bayar balik (GBB) di Rumah Dinas Walikota Jambi baru-baru ini. IST

Jambipos Online, Jambi-Ikatan Guru Indonesia (IGI) Provinsi Jambi melakukan Seminar Nasional Pendidikan dengan menghadirkan nara sumber Prof Hamid Muhammad (Dirjen Dikdasmen Kemdikbud), Satri Dharma (Penggagas Gerakan Literasi Sekolah-Pembina IGI Pusat), Muhammad Ramli Rahim (Ketua Umum IGI), Prof Dr Rayundra Asyhar Msi (Wakil Direktur Pasca Sarjana Unja-Dewan Pakar IGI Provinsi Jambi).

Seminar ini akan dilaksanakan di Ruang Aula Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Selasa 29 Maret 2016. Untuk informasi lebih jelas seminar ini bisa juga menghubungi Panitia Cristoper Simangunsong (HP-0812-21214868), Duma Fridawati Simatupang (HP-0852-68496064), Yul Pendri (085266340362), Syinta Khefrianti (085266614442).

Peserta seminar terbuka untuk guru Umum dan juga anggota IGI. Kontribusi peserta IGI Rp 25.000/orang dan guru Umum Rp 35.000/orang. Fasilitas bagi peserta yakni ATK, Sertifikat, Makan Siang, Snack dan Doorprize.

Selain Seminar literasi juga akan dilakukan pengukuhan duta gerakan bayar balik (GBB), pelantikan IGI wilayah, kota dan kabupaten se Provinsi Jambi.


Sekilas Tentang IGI dan Gerakan Bayar Balik

Ikatan Guru Indonesia adalah organisasi profesi guru yang konsentrasi program kerjanya pada peningkatan kompetensi guru dan siswa dengan salah satu program kerjanya mengadakan seminar, pelatihan karya tulis ilmiah dari karya tulis best practice sampai penulisan tindakan kelas (ptk). Pelatihan pembuatan media pembelajaran.

Visi dan misi Organisasi Ikatan Guru Indonesia adalah Sharing and Growing together Yang artinya berbagi dan bertumbuh bersama dalam meningkatkan kompetensi guru dan pada akhirnya kemajuan pendidikan di Indonesia.

Demikian penjelasan Duma Fridawati Simatupang, Panitia Seminar Nasional Pendidikan yang juga Pengurus IGI Jambi. Sementara Duta Gerakan Bayar Balik (GBB) adalah suatu konsep dalam rangka menggerakkan seluruh elemen bangsa untuk berbuat sesuatu kebaikan dan mengingat masa lalu mereka pada saat mengenyam pendidikan.

Caranya dengan melakukan sesuatu bagi sekolah yang telah membuatnya sukses pada saat ini. Karena tanpa dunia pendidikan mereka belum tentu seperti saat ini. Melakukan sesuatu kebaikan bertujuan untuk masa depan yang lebih baik dan cerah bagi generasi penerus setelah mereka.

Kata Duma Fridawati Simatupang, pada gerakan bayar balik (GBB) tindakan yang dilakukan tidak melulu dalam bentuk uang. Namun seorang memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi sekolahnya dari Tk,SD/MI,SMP/MTS,SMA/MAN/SMK dengan tindakan berupa memberikan buku,pena,menjadi orangtua asuh yang bisa disumbangkan ke juniornya disekolah yang pernah dia sekolah.

“Ini juga salah satu upaya mendorong semua orang agar menjadi pribadi yang sukses seperti duta gerakan bayar balik tersebut(Inspiaring people), dan kembali ke sekolahnya dulu utk memberikan kontribusi yang positif sebagai seorang alumni,” katanya.

Dalam rangka Gerakan Bayar Balik ini IGI mengajak para pimpinan daerah, pimpinan institusi, perusahan negara,dan perusahan besar swasta untuk menjadi motor atau penggerak awalnya.

Sebanyak 25 pimpinan daerah telah dikukuhkan sebagai duta gerakan bayar balik yang dilakukan oleh MenDikBud Anies Bawesdan.

Di Kota Jambi, Walikota Jambi Sy Fasha telah bersedia menjadi salah satu duta gerakan bayar balik. Jika gerakan ini sudah menasional ,maka diyakini tidak ada lagi keluhan tentang bangunan sekolah yang rusak, kekurangan buku, anak yang miskin yang tidak dapat bersekolah. (Asenk Lee Saragih)


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos