Home » , » Fasilitas Terbatas, Pemkot Sungaipenuh Kewalahan Atasi Banjir

Fasilitas Terbatas, Pemkot Sungaipenuh Kewalahan Atasi Banjir

Written By jambipos-online on Thursday, March 3, 2016 | 5:20 PM


Ilustrasi banjir bandang
Ilustrasi banjir bandang (Antara/Hari)

Jambipos Online, Sungaipenuh-Pemerintah Kota Sungaipenuh, Provinsi Jambi, kewalahan menanggulangi bencana banjir yang melanda wilayah itu akibat luapan Sungai Batangmerao yang kian meluas, menyusul hujan deras yang terus menerus dalam beberapa hari terakhir.

Wali Kota Sungaipenuh Asafri Jaya Bakri mengatakan kepada SP dan Beritasatu.com, Selasa (15/12) pagi, kendala yang dihadapi antara lain ketersediaan fasilitas dapur umum, obat-obatan dan petugas posko banjir sangat terbatas.

“Untuk mengatasi luapan sungai, kami hanya bisa membendung sungai menggunakan karung berisi pasir bekerja sama dengan masyarakat,” kata Asafri Jaya Bakri.

Ia mengharapkan bantuan pemerintah pusat dan provinsi untuk menanggulangi bencana banjir di daerah ini.

“Bantuan yang kami butuhkan terutama dana pengadaan bahan pangan, dapur umum, obat-obatan, alat berat dan petugas penanggulangan banjir,” katanya.

Sementara itu luapan Sungai Batangmerao juga menyebabkan ratusan rumah di Kabupaten Kerinci terendam banjir. Sedikitnya 166 unit rumah warga di beberapa desa, Kecamatan Pesisir Bukti, Kabupaten Kerinci, hingga Selasa (15/12) masih terendam banjir. Warga yang rumahnya terendam banjir belum mengungsi. Warga bertahan di rumah mereka yang memiliki lantai dua.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci, Evi Rasmianto mengatakan, banjir yang melanda daerah itu menyebabkan aktivitas warga masyarakat terganggu. 

Sekolah – sekolah di daerah bajir juga terpaksa diliburkan dan menunda ujian akibat banjir yang masih merendam gedung sekolah dan jalan raya. Warga juga belum bisa melaksanakan kegiatan pertanian karena akses jalan ke ladang mereka tergenang banjir. (BeritaSatu.com/Radesman Saragih/JEM/Suara Pembaruan)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos