Home » , , » Zumi Zola Ingatkan Pejabat Jangan Kecolongan Soal Karhutla

Zumi Zola Ingatkan Pejabat Jangan Kecolongan Soal Karhutla

Written By jambipos-online on Monday, February 29, 2016 | 8:41 PM


Kabut Asap di Kota Jambi Akibat Kebakaran Lahan dan Hutan di Jambi Oktober 2015. Foto Asenk Lee Saragih.

Jambipos Online, Jakarta-Gubernur Jambi H Zumi Zola  S.TP MA menegaskan bahwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi harus diantisipasi agar jangan sampai terjadi kecolongan. Jiga ada kebakaran agar segera bisa diselesaikan, jangan sampai berdampak pada adanya kabuat asap karhutla. 

Penegasan itu disampailan Zumi Zola dalam Launching Lokakarya dan Pelatihan (Lokalatih) Nasional Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan dengan Penegakan Hukum Multidoor, bertempat di Auditorium Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (29/2) siang.

Zola menjelaskan bahwa dia memang merencanakan untuk memanggil perusahaan-perusahaan perkebunan di Provinsi Jambi pada tanggal 10 Maret 2016. “Kita akan lakukan rapat kerja, koordinasi dengan Forkopimda dan juga perusahaan-perusahaan perkebunan khususnya, bupati/walikota, supaya kita dapat mengantisipasi, jangan sampai kita kecolongan seperti tahun lalu,” ujarnya. 

“Ternyata ini sejalan dengan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga. Tadi ada beberapa catatan, semangat kita sama, bagaimana untuk melakukan preventif. Karena kalau pendekatan kita kejadian dulu baru dipadamkan, itu biasanya tidak bisa ke-handle. Bayangkan ada 130 ribu hektar yang harus di-handle se Provinsi Jambi, itu tidak bisa kita kerjakan sendiri,” ujar Zola.

Zumi Zola juga sangat senang, karena sudah ada dukungan dari Pemerintah Pusat dan lembaga penegak hukum, bagaimana punishment (hukuman) kepada yang melanggar, baik itu hukuman secara denda dan juga ada kurungannya. 

“Sebetulnya, ini juga untuk mengantisipasi kejadian kebakaran lahan dan hutan. Nanti akan kami sosialisasikan pada tanggal 10 Maret ini kepada semua korporasi yang ada di Jambi. Mudah-mudahan nanti ada penegasan dari Pak Kapolda, Pak Danrem, meneruskan program-program yang sudah disampaikan dari Polri. Kejaksaan juga akan turun tangan. Jadi, kita berharap hasilnya bisa maksimal,” ungkap Zola. (Asenk Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos