Home » , » Sungai Batanghari Meluap, Banjir Terjang Empat Kabupaten di Jambi

Sungai Batanghari Meluap, Banjir Terjang Empat Kabupaten di Jambi

Written By jambipos-online on Tuesday, January 26, 2016 | 1:54 PM

http://img1.beritasatu.com/data/media/images/medium/861448439945.jpg
ILUSTRASI BANJIR
Jambipos Online, Jambi-Empat kabupaten dan satu kota di Provinsi Jambi dilanda banjir menyusul meluapnya Sungai Batanghari. Kabupaten yang dilanda banjir tersebut, masing-masing, Kabupaten Merangin, Sarolangun, Bungo, Muarojambi dan Kota Jambi. Banjir akibat luapan sungai di daerah tersebut membuat puluhan desa terisolir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Arief Munandar, menjelaskan, banjir di Kabupaten Merangin menyebabkan ratusan rumah di puluhan desa yang berada di Kecamatan Pamenang dan Tabir terendam.

Kemudian banjir yang melanda Kecamatan Pauh dan Limun, Sarolangun menyebabkan beberapa desa terisolir dan ratusan rumah warga terendam. Banjir yang melanda beberapa desa di Kecamatan Pulau Pandan, Kabupaten Bungo menyebabkan puluhan warga terendam. Sedangkan banjir yang melanda di Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muarojambi menyebabkan ratusan rumah warga terendam dan empat desa terisolir.

"Petugas kami masih berada di lapangan siap – siap melakukan evakuasi warga menyusul meningkatnya luapan Sungai Batanghari dan meluasnya banjir. Kemudian petugas juga masih mendata jumlah rumah warga, gedung sekolah, rumah ibadah, fasilitas pemerintah dan sawah yang terendam banjir," ujar Arief di Jambi, Minggu (24/1).

Sementara itu, beberapa kelurahan di dua kecamatan di Kota Jambi juga terkepung banjir akibat luapan Sungai Batanghari. Permukiman warga yang terkepung banjir di Kota Jambi antara lain, Kelurahan Legok dan Sungaiputri, Kecamatan Telanaipura dan Kelurahan Tahtul Yaman dan Mudung Laut, Kecamatan Danauteluk.

Kepala BPBD Kota Jambi, Ridwan, mengatakan, pihaknya kini melakukan siaga banjir menyusul meluapnya Sungai Batanghari. Kesiagaan tersebut dilakukan mengantisipasi terus meluapnya Sungai Batanghari rata-rata lima centimeter setiap hari.

"Luapan Sungai Batanghari naik minimal lima centimeter setiap hari selama sepekan terakhir. Ketinggian luapan Sungai Batanghari di Kota Jambi, Minggu (24/1) mencapai ketinggian 12,65 meter atau masuk status waspada. Ketinggian luapan sungai yang membelah Kota Jambi itu meningkat 15 centimeter dibandingkan kondisi luapan sungai itu, Selasa (19/1) sekitar 12,50 meter," katanya.

Berdasarkan hasil pemetaan, lanjut M Ridwan, sebanyak 24 kelurahan di empat kecamatan di Kota Jambi rawan banjir. Daerah rawan banjir tersebut persis berada di daerah aliran sungai (DAS) Batanghari.

"Menyikapi terus meluapnya Sungai Batanghari, kami sudah menginstruksikan seluruh camat dan lurah di daerah rawan banjir tersebut bersiap-siap melakukan evakuasi warga. Kemudian kami juga sudah menyiapkan siapkan posko di setiap kelurahan rawan banjir," tambah Ridwan. (Sumber: Radesman Saragih/FER Suara Pembaruan)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos